Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi

Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi pasti tidaklah mudah, penjualan yang turun akibat dampak pandemi sangat terasa untuk bisnis skala UMKM. 

Namun masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan  dan mendapat keuntungan dari bisnis di masa pandemi.

Pandemi bukanlah akhir untuk bisnis Anda, era digital seharusnya bisa mempermudah bisnis kita bisa tetap berjalan.

Smarteknologi sudah merangkum apa saja yang harus kamu lakukan selama pandemi, agar bisnis yang sedang kamu kelola bisa berjalan dan mendapat keuntungan.

1. Beralih Online

6 Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi

Buat kamu yang masih menjalankan bisnis offline, sebaiknya mulai coba beralih ke bisnis online dengan cara mendaftar pada market place seperti shoppe, Tokopedia, go food dan lainnya.

Banyak pembeli yang lebih memilih online ketika bertransaksi di tengah pandem, jadi gak ada salahnya untuk di coba ya gengks.

2. Aktif di Media Sosial

6 Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi


Media sosial ternyata punya peran penting untuk bangun brand produk, bagaimana caranya?

Para pelaku UMKM seharusnya aktif dimedia sosial untuk mengenalkan produknya kepada siapa saja yang berinteraksi pada postingannya.

Dengan media sosial kamu bisa membuat video produk, proses pembuatan produk & packaging, konten tentang produk lainnya yang menarik untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Jika kamu sudah memiliki brand yang cukup besar, maka tidak perlu menggunakan iklan atau endorse yang berlebihan untuk mendapatkan calon konsumen baru.

3. Ikuti Seminar Tentang Bisnis 

6 Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi


Selain membuat brand Anda semakin terkenal, mempelajari bisnis dari seminar online gratisan gak ada salahnya untuk di coba. 

Menambah ilmu tentang bisnis di tengah pandemi, apa yang harus kamu lakukan mungkin akan terjawab disana.

Untuk mencari seminar online tentang bisnis kamu bisa cari di google, twitter, Facebook atau Instagram.  Kamu juga perlu cara menambah followers ig tanpa aplikasi untuk meningkatkan kredibilitas toko online.

4. Buat Strategi Baru

6 Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi


Setelah kamu mempelajari bisnis di tengah pandemi, aktif di sosial media dan beralih ke online, maka selanjutnya perlu strategi baru untuk meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan toko yang kamu miliki di market place.

Membuat diskon setiap hari, share produk di media sosial dan wa,  menerapkan fitur free ongkir mungkin bisa jadi strategi pemasaran yang cukup baik untuk mendapat rating/ulsan pertama dari calon konsumen Anda.

Setelah mendapat ulasan yang baik, maka kamu perlu mempertahankan kualitas produk dan pelayanan yang diberikan. Pastikan calon konsumen tidak kecewa karena pengiriman lama atau kualitas produk yang berubah, mungkin saja mereka akan beli lagi di tokomu ketika puas dengan pelayanan yang diberikan.

5. Siapkan Dana Darurat

6 Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi


Selain itu kamu juga perlu menyiapkan dana darurat untuk kepentingan iklan atau belanja produk agar bisnis kamu bisa terus jalan di masa pandemi.

Penjualan di marketplace tidak tentu, terutama jika toko yang Anda buat masih belum memiliki reputasi yang baik. Mungkin akan ada pembeli dalam jumlah banyak atau Anda harus membuat kampanye iklan untuk meningkatkan jangkauan produk yang dijual.

6. Pelajari SEO Market Place

6 Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi


Ketika kamu beralih ke online, maka pelajarilah SEO(search engine optimization) cara ini akan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan jangkauan dari produk yang kamu tampilkan.

Sedikit tips SEO berjualan yang pernah saya lakukan di Shoppe dan Tokopedia, perthatikan judul dan deskripsi produk Anda mengandung kata kunci yang sesuai dari produk yang di jual, gunakanlah foto terbaik yang bisa memancing pembeli.

Dengan menerapkan cara ini penjualan kamu akan melesat tajam, jangkauan yang akan melihat produkmu akan jauh lebih banyak. Jika masih tidak percaya coba bandingkan cara ini tanpa teknik SEO, namun cara ini butuh kesabaran agar produk kamu bisa naik dengan sendirinya.

Akhir Kata

Nah itu dia 6 cara bisnis bertahan di tengah pandemi, mempelajari hal baru sangatlah penting untuk pelaku bisnis UMKM. Mungkin saja kedepannya kamu tidak perlu membuka toko offline lagi dan sudah cukup karena jualan online yang laris manis.

Memperhatikan tingkat pelayanan dan kepuasan konsumen juga sangat penting, cobalah berikan yang terbaik agar konsumen tersebut bisa balik lagi.

Jangan lupa baca artikel lainnya di smarteknologi, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi"