Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menjaga Keamanan Android Agar Perangkat Anda Tetap Aman

10 Cara Menjaga Keamanan Android Agar Perangkat Anda Tetap Aman - Anda dapat melakukan beberapa cara agar perangkat android anda bisa tetap aman dan terhindar dari serangan yang tidak anda inginkan, anda bisa menggunakan aplikasi keamanan bawaan dari hp android anda atau dapat menginstal beberapa aplikasi yang bisa membuat smartphone android kamu menjadi lebih aman karena kamu telah meningkatkan keamanan pada hp android mu tersebut, Pada postingan kali ini saya sudah menyiapkan cara paling efektif agar hp android kamu bisa lebih aman dan terhindari dari ancaman pengguna tidak bertanggung jawab.

Cara menjaga keamanan pada hp android ini sudah saya buktikan sendiri karena dengan adanya cara ini kamu bisa menghindari hal hal yang tidak kamu inginkan terjadi seperti halnya "Pencurian data, akses di luar kehendak kamu, pembajakan hp android yang di lakukan teman kamu dan lainnya yang dapat merugikan diri kamu" oleh karena itu pentingnya menjaga keamanan pada hp adnroid harus tetap di jaga ya sobat.




Oke langsung aja ke topik pembahasan Ilmu internet yang sudah saya siapkan special untuk kamu karena topik ini perdana tentang Android kali ini saya akan membahas nya secara lebih detail agar kamu bisa lebih puas membacanya, langsung aja di simak ya sobat.

10 Cara Menjaga Keamanan Android 

 Cara berikut udah saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan searching dari beberapa sumber dari internet nah saya akan membahas tentang cara menjaga keamanan hp android agar kamu lebih pintar menggunakan android.
menjaga keamanan hp android
menjaga keamanan hp android 

Jangan Lupa Untuk Update Android Kamu Ke Versi Terbaru

Pentingnya selalu update hp android milik kamu ke versi terbaru selain mendapatkan fitur fitur yang di keluarkan oleh pengembang kamu juga dapat mendapatkan tingkat keamanan yang lebih baik lagi.
selain itu kamu juga bisa mendapatkan beberapa perbaikan antara lain perbaikan bug,patch keamanan dan beberapa perbaikan lainya pada perangkat android yang kamu miliki, Selain itu dengan adanya pembaruan pada perangkat lunak android milik kamu dapat memberikan kesan baru pada hp android yang kamu miliki karena sistem pada hp tersebut sudah di update mnejadi yang paling baru wahhh jadi kaya punya hp android baru dong, untuk mendapatkan pembaruan secara otomatis kamu bisa buka pengaturan> lallu cari tentang ponsel/telpon> pembaruan perangkat lunak. biasanya di sana ada notifikasi jika ada update terbaru nah untuk rekomendari hp android yang selalu update kamu bisa menggunakan smartphone xiaomi.

Selallu Update Aplikasi Smartphone Kamu

Pentingnya untuk selalu meningkatkan versi aplikasi yang sudah di instal pada hp android kamu selain untuk mendapatkan pembaruan dari aplikasi tersebut  ternyata fungsi lainya ya itu dapat meningkatkan kinerja aplikasi tersebut. pastikan kamu selalu mengupdate aplikasi yang sudah terinstal pada smarphone kamu ya agar data yang di simpan menjadi lebih baru dan dapat membuang file sampah yang tidak di gunakan lagi oleh karena itu kamu harus selalu mengupdate aplikasi yang ada pada smartphone kamu. untuk mendapatkan pembaruan kamu bisa seting otomatis pada play store untuk mendownload semua aplikasi yang kamu miliki atau kamu bisa download secara manual untuk mendapatkan pembaruan yang sudah di sediakan oleh masing masing aplikasi yang kamu instal.

Gunakan Password yang Kuat dan Selalu di Update

Hal ini merupakan hal paling sederhana saat kamu menggunakan smartphone kamu karena pastinya orang orang yang menggunakan smartphone akan menggunakan password yang cukup kuat untuk menjaga kemanan hp android mereka masing masing karena mereka engga mau untuk kehilangan data ataupun hp androidnya di akses oleh orang lain.

Untuk kamu yang menggunakan password pola pada hp android kamu pastikan pola yang di buat tidak mudah di tebak sedangkan untuk kamu yang menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka pastikan buat password yang aga rumit agar orang lain tidak mudah mengetahui password kamu.

Pastikan password yang kamu buat selalu di update setidaknya 2 bulan sekali agar keamanan pada hp android kamu bisa selalu terjaga, pentingnya update password meminimalisir kemungkinan orang yang mengetahui password kamu karena jika kamu sering update pastinya jika ada orang lain yang tahu kamu bisa mencegah hal tersebut dari awal.

Jangan lupakan password yang telah kamu buat karena jika kamu melupakan hal tersebut ini adalah resiko kamu sendiri oleh karena itu pastikan kamu mengingat password yang telah kamu buat ya sobat.
gunakan password yang kuat
gunakan password yang kuat

Gunakan Aplikasi Keamanan Android Yang Handal

Pastikan selain kamu menggunakan keamanan dari sistem bawaan android milik kamu selain itu kamu menginstal aplikasi keamanan lain yang  bisa membuat hp android kamu lebih aman atas segala serangan apapun, pastikan kamu menginstal aplikasi anti malware dan juga aplikasi yang bisa mengunci segala akses ke file pribadi agar file tersebut tidak dengan mudah di akses oleh teman atau orang lain secara mudah.
gunakan aplikasi keamanan yang handal
gunakan aplikasi keamanan yang handal 

Hindari Link atau Tautan yang Berbahaya

Janganlah menjadi orang bodoh yang bisa di tipu begitu saja, pastikan kamu lebih pintar mengakses segala jenis links atau lampiran yang ada pada internet karena banyak orang jahat yang bisa merugikan kamu dengan mengirimkan hal hal yang dapat membuat akses ke hp android kamu, oleh karena itu jangan sampai terbodohi oleh mereka yang jahat agar kamu tidak di rugikan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.
hindari tautan berbahaya pada android kamu
hindari tautan berbahaya pada android kamu

Hindari Wi-Fi Gratis


Pastikan kamu berhati hati untuk menggunakan Wi-Fi gratis yang ada di tempat umum karena dengan adanya koneksi dari Wi-fi gratis ini memungkinkan banyaknya ancaman keamanan dan juga mungkin aja file privasi kamu bisa di akses begitu saja, jadi kamu sarankan agar kamu tidak menggunakan internet gratis karena lebih terbuka dan dapat membahayakan akses ke file privasi yang kamu miliki.

Supaya keamanan android tetap terjaga, pastikan kamu menggunakan jaringan yang terenkripsi dari kata sandi karena dengan wifi yang menggunakan kata sandi ternyata lebih baik dari segi keamanannya.
hindari wifi gratis
hindari wifi gratis

Jangan Pernah Menonaktifkan Izin Aplikasi Pada Hp Anroid Kamu

Jika kamu suka sekali mendownload file dari luar playstore sebaiknya kamu berhenti melakukan hal tersebut ternyata hal tersebut sangat berbahaya untuk kemanaan hp android kamu, Aplikasi di luar playstore bisa jadi mengandung virus berbahaya yang sengaja di masukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab nah biasanya jika kamu melakukan hal ini secara terus menerus kamu akan mendapatkan dampak "Lag, Bootlop" Karena aplikasi yang kamu instal mengandung virus jadi tak heran kamu akan mengalami hal tersebut.

Download Dari Sumber yang Terpercaya


Hampir seluruh hp android tidak menyarankan kamu untuk download dari sumber yang tidak terpercaya seperti halnya website yang bertebaran di internet ternyata hal tersebut sangat berbahaya untuk kemanan pada hp android kamu loh sobat, Pastikan selalu gunakan aplikasi playstore untuk mendownload segala aplikasi agar kamu terhindari dari bahaya yang mengancam tingkat keamanan pada hp android kamu.
sumber tidak terpercaya
sumber tidak terpercaya

Perhatikan Akses Pengguna Lain

Nah untuk kamu yang berbagi perangkat bersama teman atau keluarga kamu pastikan kamu selalu memperhatikan apa yang ia lakukan walaupun status mereka adalah keluarga kamu bisa jadi mereka dapat membahayakan hp android yang kamu miliki bisa aja mereka menginstal aplikasi berbahaya yang tanpa sadar atau kamu tidak ketahui jadi kalo ada yang pinjem hp android kamu sebaiknya kamu perhatikan atau berikan batasan apa saja yang ia tidak boleh lakukan.
batasi akses pengguna lain
batasi akses pengguna lain

Backup Data Penting di Android Kamu

Jika kamu memiliki sesuatu yang menurut kamu penting di hp android kamu sebaiknya kamu memberikan backup agar file tersebut bisa di akses kembali misalnya kamu bisa pindahkan ke komputer atau kamu bisa menggunakan cloud  backup seperi email atau google drive agar bias kamu download kembali jika suatu saat file tesebut rusak atau hilang.
backup data android kamu ke perangkat lain
backup data android kamu ke perangkat lain

Tips Menjaga Keamanan Hp Android

Untuk menjaga keamanan android yang kamu miliki dari berbagai macam ancaman yang ada kamu bisa menggunakan beberapa apliksi keamanan yang ada di playstore, selain itu kamu bia lebih memperketat keamanan pada hp androd dengan menggunakan sistem pola atau keamanan bawaan yang sudah tersedia di hp android kamu, nah itu dia beberapa tips yang udah kami simpulkan tentang menjaga keamanan pada hp android yang kamu miliki semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kamu para pengguna android.



Posting Komentar untuk "10 Cara Menjaga Keamanan Android Agar Perangkat Anda Tetap Aman"