Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Email Baru

Cara Mudah Membuat Email Baru - Hai pembaca setia pada postingan kali ini saya lagi iseng nih buat artikel pertama saya yang saya beri label ilmu internet nah pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat email di gmail terbaru 2022.
Gmail in your hand
Gmail in your hand

oke karena ini postingan pertama saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu email dan apa fungsi email untuk kehidupan sehari hari kita sebagai manusia.

Apa itu email?

email adalah sebuah surel yang bisa kamu gunakan untuk menerima pesan atau mengirim pesan kepada orang lain tapi dengan berkembangnya jaman fungsi email kini gi tingkatkan di antaranya untuk memverivikasi identitas atau sebuah data pada halaman web atau lainya.

nah di kehidupan nyata email juga bisa kamu gunakan untuk mengirimkan surat lamaran kerja atau Cv kepada perusahaan.

Fungsi Email

Karena diatas sudah saya jelaskan berkembangnya teknologi kini membuat pemakaian email sangat berkembang pesat dalam 10 tahun terakhir ini loh, kebanyakan orang berfikir ingin memiliki lebih dari 1 email karena kebutuhan yang mereka miliki berbeda beda oleh karena itu pembuatan email dari tahun ke tahun sangat meningkat tapi tenang aja para penyedia situs pembuatan email seperti google,yahoo dan lainya udah mempersiapkan ruang yang sangat besar untuk menampung kebutuhan kamu jadi kamu engga perlu kuatir kehabisan stock karena pembuatan email itu gratis ya sobat.

fungsi email di era modern sekarang ini tidak hanya mengirim pesan atau menerima pesan saja loh ternyata jika kamu ingin membuat sebuah akun media sosial seperti facebook,twitter bahkan jika kamu ingin mendaftarkan diri menjadi seorang youtuber hal pertama yang harus kamu miliki adalah sebuah alamat email untuk mendaftar.

selain itu juga fungsi email sekarang semakin meningkat kamu juga bisa menyimpan save data game online yang kamu mainkan secara gratis pada email jadi kamu engga perlu membeli perangkat lain utnuk menyimpan save data game yang kamu mainkan, contohnya di sini seperti clash of clans, pokemon go, clash royale, mobile legend dan game online lainnya yang ada di playstore kini hampir 80% menggunakan akses login menggunakan gmail yang di keluarkan oleh google.

nah selain itu kamu juga bisa menyimpan uang kamu loh di dalam akun paypal yang bisa kamu daftarkan secara gratis, kegunannya kamu bisa menerima uang ataupun mengirim uang tapi terlebih dahulu kamu perlu memverivikasi data yang valid dan verivikasi email kamu di paypal agar proses transaksinya berjalan dengan lancar.

email juga bisa kamu gunakan untuk membackup kontak yang ada pada android atau smartphone kamu loh jadi kalo kamu kehilangan kartu tenang aja kamu bisa backup kontak kamu ke email yang kamu gunakan tapi sebelum kehilangan kartu sim sebaiknya kamu melakukan backup terlebih dahulu agar kontak yang sudah kamu tambahkan tidak hilang begitu saja ya sobat.

wah ternyata banyak banget ya fungsi email jadi kamu engga perlu repot repot beli ini itu karena dengan adanya email dapat menambahkan kemudahan di kehidupan kamu, jadi kamu tinggal akses aja email kamu tapi sebelum bisa mengakses email sebaiknya kamu buat email dulu ya karena jika belum punya email percuma aja dong heheh,,, oke langsung aja aku kasih tau gimana sih caranya membuat email dengan benar dan akan aku tambahin sedikit tips dan trick agar akun email kamu rentang dari akses orang yang tidak bertanggung jawab loh 

1.Pertama buka tab baru atau buka browser kamu dan ketikan GMAIL.COM

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka alamat gmail.com atau kamu bisa klik pada tulisan gmail.com setelah kamu klik tulisan tersebut kita akan masuk ke langkah sleanjutnya ya jadi pastikan koneksi kamu stabil agar proses pembuatan email berjalan dengan lancar.
membuat email baru
membuat email baru

Setelah kamu membuka situs gmail.com maka anda akan di tampilkan halaman sebagai berikut langkah selanjutnya kamu pilih option > create an account (membuat email baru).

2.Pastikan kamu mengisi Formulir yang di sediakan dengan Benar

mengapa kamu harus mengisi formulir yang di sediakan dengan benar ? ini dia alasannya 
mengisi forumulir dengan benar menggunakan identitas diri sendiri akan menjadikan email yang anda buat menjadi email profesional karena email dengan nama diri sendiri dengan data yang benar dengan identitas diri anda akan memberikan kesan bahwa anda orang yang jujur dan sangat profesional karena nama pada email dapat menceriminkan siapa diri anda pada seseorang di internet.

jika anda memiliki nama email yang alay dan berbeda maka akan berdampak buruk jika anda mengirim pesan ke dosen,guru atau orang tua bahkan jika anda melamar kerja dan anda menggunakan email yang alay dan tidak menggunakan nama anda akan menjadi point negatif bagi diri anda, maka jika pengen buat email sebaiknya kamu harus memakai nama sendiri untuk keperluan pribadi

namun beda lagi jika untuk keperluan sosial media atau akun penting lainya di internet, misalnya saya membuat akun gmail "Kinanti fauzia" hal ini saya lakukan karena saya tidak ingin anda mengetahui nama asli saya, nah jika kamu ingin menggunakan cara ini sih gak apa apa ya tapi jika untuk keperluan yang sifatnya profesional sebaiknya kamu gunakan nama email sesuai dengan nama anda.

nah jika kamu menggunakan nama samaran seperti saya sebaiknya kamu hati hati ya walaupun internet ini luas jika anda melakukan hal negatif sih siap siap aja ada yang laporin dan diri sendiri yang naggung jadi tolong gunakan email untuk keperluan yang sifatnya bermanfaat atau menguntungkan orang lain, jangan untuk memanfaatkan orang lain !.

nah mungkin itu dia sedikit pesan yang saya sampaikan untuk anda agar anda menjadi pengguna email yang bijak di internet, okeh aku akan kasih gambar detailnya di simak ya:

Mengisi formulir pendaftaran email baru
Mengisi formulir pendaftaran email baru
berikut ini penjelasan dari gambar di atas:

Pada kolom nama : kolom 1 anda isikan dengan nama depan anda dan kolom 2 anda isikan dengan nama belakang anda. misalnya di kolom pertama saya mengisikan "kinanti" dan pada kolom kedua saya mengisikan nama belakang "fauzia", atau anda bisa menggantinya dengan nama belakang ke tiga misalnya "putri".
pastikan agar anda mengisi nama sesuai dengan identitas yang ada untuk keperluan profesional lainya seperti kirim tugas atau melamar kerja.

Pada kolom username : Bagian ini pastikan kamu membuat pilihan yang bagus agar orang lain dapat dengan mudah mendengar apa yang kamu katakan, karena dengan pilihan nama email yang bagus dan simple banyak di sukai oleh orang lain loh, bayangkan aja jika teman kamu punya alamat email "uvuvwevwevweonyetenyevweugwemubwemosas@gmail.com" apakah anda bisa mendengarnya jika dia mengucapkan sekali dengan suara yang cukup cepat?

nah pada bagian username pastikan di bikin simple aja kaya"kinancantik@gmail.com" tujuannya agar yang mendengar atau yang ingin mengirim email ke kamu tidak ribet untuk menuliskan email kamu.

Pada kolom buat password : Pastikan anda telah menyiapkan password 8 angka yang telah di kombinasikan jika anda mempunya lebih dari 8 angka sih gpp ya asal anda inget aja, karena jika anda lupa dengan password anda ya mau gimana lagi resiko terparahnya adalah anda akan kehilangan akses masuk ke gmail yang anda buat.

jadi solusi terbaiknya pastikan anda membuat password dengan 8 characters yang telah di kombinasikan dan pastikan anda telah menghafalnya atau anda juga bisa memasukan hari penting anda seperti misalnya saya memasukan password "Kinanticantikbanget123z" Huruf depan di awali dengan huruf kapital dan di akhiri dengan angka. hal tersebut saya gunakan agar akun saya tetap aman dan terjaga dari serangan orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Pada kolom Birthday dan Gender: Nah akan saya singkat keduanya agar lebih simple karena postingan kali ini udah terlalu panjang dan saya juga udah cukup lelah menulis dari tadi, pada bagian birthday pastikan umurkamu lebih dari 12 tahun atau lebih karena jika anda di bawah umur biasanya anda tidak akan bisa mengakses beberapa hal yang tidak dizinkan oleh google, kalo saya pribadi dari saya berumur 15 tahun lallu saya menggunakan email dengan mengisikan data dan saya memasang umur 19 tahun hal tersebut saya lakukan agar saya bisa mengakses beberapa hal yang seharusnya tidak bisa di akses di youtube.

nah untuk gender pastikan kamu memilih gender yang sesuai dengan identitas kamu ya jadi kalo bisa isi data tersebut sesuai dengan identitat yang ada.

Pada kolom mobile phone dan curent email: Pada bagian ini biasanya anda bisa langsung melewatinya tanpa mengisi data tersebut namun pada bagian mobile phone di berlakukan khusus, jadi jika kamu telah memiliki email yang sangat banyak pada perangkat yang kamu gunakan biasanya akan ada verivikasi lewat sms yang harus anda lalui terlebih dahulu untuk masuk ke tahap selanjutnya.

pada curent email biasanya engga perlu di isi jika anda punya email dan anda ingin mengisinya silahkan di isi gpp anda tinggal memasukan email yang udah ada di kolom tersebut.

setelah itu anda pilih negara dan selanjutnya klik next maka email yang anda buat sudah jadi dan data pada email tersebut sudah sesuai dengan apa yang anda isikan pada formulir tadi, gampang kan :)

Jangan lupa untuk pencet i agree
Jangan lupa untuk pencet i agree
Setelah anda klik next akan muncul kotak sebagai berikut nah anda tinggal pencet aja tuh i agree artinya saya setuju dan ingin melanjutkan pembuatan email ini.

nah setelah di klik agree maka anda akan di bawa ke tampilan dashboard email yang udah anda bikin tadi berikut ini adalah tampilannya.

Email sudah jadi siap di gunakan untuk keperluan pribadi atau lainnya
Email sudah jadi siap di gunakan untuk keperluan pribadi atau lainnya
nah email udah ajdi siap di gunakan untuk keperluan mengirim pesan, menjadi seorang youtuber, mendownload game di playstore bahkan bisa di gunakan untuk menjadi seorang blogger seperti saya :)

Itu dia cara membuat email yang sudah saya bahas dengan lengkap dan detail jika kamu punya pertanyan lainnya kamu bisa langsung berkomentar di kolom yang sudah kita siapkan di antaranya disqus, blogger coments atau facebook coment kamu bisa memilih salah satunya.

Teroma kasih sudah berkunjung jangan pernah bosen untuk mengunjungi smarteknologi untuk artikel dan tutorial bermanfaat lainya yang bisa kamu coba di rumah.




Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Email Baru"