Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Error (Keyboard Error Maupun Tertukar)


Cara Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Error (Keyboard Error Maupun Tertukar) - Pada saat itu aku ingin mengetik tugas di laptop ASUS namun Kayboard huruf dan yang lainnya tidak bisa mengetik. Padahal semalam sudah digunakan untuk mengetik dengan lancar. Setelah mencari tahu di beberapa sumber ternyata pada kayboard laptop erorr karena fungsi Numlock On.


Kemudian aku cek secara keselurhan tombol di keyboard, dengan cara mengetik satu persatu di notepad sehingga bisa mengetahui apakah hanya huruf tertukar dengan angka atau memang ada masalah pada hardware yang ditandai dengan tidak berfungsinya salah satu tombol. Sebelumnya aku akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Keyboard?

Keyboard merupakan perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Selain sebagai alat untuk men-inputkan data keyboard juga mempunyai berbagai fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Pada umumnya port keyboard komputer terbagi atas 2 tipe PS2 dan USB, namun seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.

Nah sudah tau kan? Jadi kayboard yang bermasalah dialami oleh saya yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.

Cara mengatasi keyword Laptop Error

Untuk mengatasi tombol huruf keyboard laptop error maupun tertukar saat mengetik huruf jadi berubah menjadi angka. Cara ini hanya bisa digunakan apabila keyboard laptop Anda masih normal atau tidak rusak hardwarenya, berikut ini cara yang bisa Anda gunakan:
  • Tekan tombol Fn+F11 secara bersamaan, jangn lupa di tes lagi apakah sudah normal atau belum
  • Apabila cara yang di atas tidak berhasil, maka cari tombol Numlock di laptop Anda, biasanya ada tulisan NumLk tekan bersamaan dengan Fn
  • Apabila tidak berhasil Anda juga bisa mencoba tekan Fn+F11+Shift bersamaan dan tahan beberapa detik kemudian lepaskan

Tidak terlalu sulit untuk mengatasi keyboard tertukar huruf menjadi angaka dan sebaliknya. Selamat mencoba ya guys, semoga bermanfaat. Apabila Anda mengalami masalah yang seperti ini jangan panik terlebih dahulu atau buru-buru di bawa ke tukang service, namun coba atasi dulu sendiri dengan cara di atas.
Cara yang aku paparkan hanya berlaku untuk laptop dengan kayword masih normal bukan rusak hardware.  So, Anda sudah mencoba langkah di atas namun belum normal juga, alangkah baiknya cek terlebih dahulu kondisi hardware Anda rusak.

Berbagai masalah yang muncul di Keyboard PC maupun laptop:Huruf di Keyboard sellaku kapital (Besar)

Apabila Anda menemukan masalah yang seperti ini, karena menakan Caps lock kemudian tak bisa atau mengalami kesulitan menonaktifkan sehingga tulisnnya sellalu besar, beriktu ini adalah solusinya yang bisa Anda gunakan.

1. Bukalah Control Panel
2. Pilihlah regional and Language
3. Selanjutnya pilihlah tab Keyboard and Language, kemudian tekan tombol Change Keyboard.

4. Klik Advenced Key Settings lalu pilih tombol Change Key Sequence
5. Selanjutnya plih Not Assigned – Ok – Apply

Hal ini supaya fitur Stucky Keys tak berfungsi meskipun on, biasanya  Sticky Keys akan ON pada saat Anda menekan tombol Shift berkali-kali

Memperbaiki Keyboard Error

Nah itu dia cara memperbaiki keyboard yang error jika kamu memiliki masalah di keyboard kamu bisa coba cara ini semoga cara ini dapat bermanfaat ya sobat. hal ini pernah saya alami sendiri loh karena sebel banget keyboard saya error maka saya pake cara ini untuk memperbaikinya dan sekarang udah bener udah enak di pake untuk nulis artikel ini loh.
Setelah melakukan langkahnya dan berhasil jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya.  Mohon maaf apabila tak bisa memebrikan solusi terbaik. Sebab ada berbagai keumgkina yang menyebabkan keyboard pc atau laptop menjadi ngaco, salah satunya Windows atau ada aplikasi lain yang mengganggu dan terakhir biasanya hardwarenya yang sudah rusak.



Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Error (Keyboard Error Maupun Tertukar)"