Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

  


Siapa sih yang gak tau istilah Influencer? Yups Influencer yaitu seseorang yang mampu menarik pengaruh di masyarakat. Misalnya selebriti, YouTuber, dan yang lainnya. Makanya tak heran jika Influencer itu memiliki jutaan follower di media sosial. Dari pengaruh ini, yang dijadikan kekuatan Influencer. 

Seorang Influencer juga bisa menjadi pusat perhatian dalam skala kecil maupun besar. Oleh karena itu beberapa pembisnis tertarik untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk adanya pengaruh income yang besar. Nah, inilah yang di namakan istilah Influencer marketing. 

Influencer marketing yaitu cara pemasaran dimana pebisnis melakukan kerjasama dengan Influencer untuk meningkatkan brand dan penjualan dengan target yang sudah di tentukan. Selain itu, Influencer terbagi menjadi beberapa kategori yaitu berdasarkan banyaknya  follower ( Influencer Mikro, Influencer Makro, Premium) dan media (Selebgram, YouTuber, blogger).

Bagaimana sudah mulai tertarik untuk menggunakan Influencer sebagai strategi marketing di bisnis mu? Supaya tidak salah pilih Influencer, yuk simak cara pilih Influencer yang tepat untuk bisnis.

Cara Pilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis 

Ada beberapa cara untuk memilih Influencer yang bisa di jadikan bahan pertimbangan dalam pemasaran produk bisnismu. Simak yuk

1. Pahami bisnis mau di jalankan.

Sebelum mencari sampai ke memilih Influencer yang tepat untuk bisnis kamu, yang pertama di lakukan memahami bisnis kamu dan target pemasaran. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menjalankan bisnis dan tepat sasaran untuk memasarkan produk melalui Influencer.

2. Sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

 Jika kamu sudah memahami produk yang di pasarkan, selanjutnya harus tau target pasar, guna mengetahui konsumen sehingga bisa ke langkah promosi yang tepat sasaran. Misalnya kamu menjual produk kecantikan, target konsumen kamu berarti di atas 18 tahun. Nah kamu bisa melakukan riset siapa Influencer yang sering posting produk kecantikan.

3. Sesuai dengan pencapaian promosi produk. 

Jika produk yang akan kamu promosikan berpenghasilan yang besar, maka jangan ragu menggunakan Influencer premium. Supaya produk yang di pasarkan lebih laris. Sedangkan promosi produk dengan skala kecil, kamu bisa menggunakan Influencer nano, karena lebih hemat budget dan sesuai dari hasil penjualan yang akan di dapatkan.

4. Memiliki reputasi baik. 

Influencer yang memiliki reputasi baik akan lebih menjamin personal branding. Dengan begitu produk yang di pasarkan akan mendapatkan pengaruh positif bahkan bisnis kamu. Karena Influencer yang mempromosikan produk dari bisnis kamu dan hasilnya juga sangat berpengaruh.


5. Mempunyai Engagement Tinggi

Hubungan antara public figure dengan pengikut perlu di pertimbangkan oleh kamu. Sebab, hal ini bisa di jadikan sebagai tolak ukur untuk mempromosikan produk supaya konsumen tertarik dengan produk. Kamu bisa memilih Influencer Mikro yang mempunyai Engagement tinggi untuk mempromosikan barang atau jasa yang kamu tawarkan. Untuk melihat engagement Influencer kamu bisa melihatnya dari aspe per post , per impression dan lainnya.

6. Intensitas Update Konten yang Bagus dan Berkualitas

Kamu tidak boleh melupakan intensitas publik figure dalam memposting. Misalnya seberapa banyak Influencer dalam melakukan posting Instagram perhari. Jika Influencer sering update posting kemungkinan produk kamu akan cepat hilang, tidak berada di atas galeri. Jadi membuat pengikutnya harus mescroll untuk menemukan produkmu. Begitupun sebaliknya, jika Influencer melakukan posting di beberapa medsos maka akan meningkatkan jumlah calon konsumen yang melihat produk mu. Kamu juga perlu memantau medsos lebih rajin, supaya tau yang sedang trending dan publik figur yang sedang viral.

7. Mempersiapkan Perjanjian dan Kerjasama yang Baik

Jika kamu ingin mempromosikan produk melalui Influencer sebaiknya melakukan perjanjian yang jelas dengan Influencernya. Kamu harus menyebutkan hal terperinci mulai hak dan kewajiban dari masing-masing pihak. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman antar pihak. Kamu bisa memberikan panduan singkat pada Influencer dalam melakukan promosi. Suapaya promosi dapat berjalan dengan lancar dan jelas saat membuat konten


Jadi, Influencer yaitu seseorang yang mampu menarik pengaruh di masyarakat. Misalnya selebriti, YouTuber, dan yang lainnya. Makanya tak heran jika Influencer itu memiliki jutaan follower di media sosial. Dari pengaruh ini, yang dijadikan kekuatan Influencer.

Semoga Informasi tentang cara memilih Influencer yang tepat untuk bisnis, bisa membantu kamu dalam mengembangkan bisnis yang sukses. Semoga sukses.

Posting Komentar untuk "Cara Pilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis "