Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menghilangkan Emosi dengan Mudah

Bagaimana Cara Menghilangkan EmosiEmosi kerap kali mempengaruhi keseluruhan aspek hidup seseorang, karena emosi bisa mempengaruhi suasana hati dan juga pikiran. Ungkapan “emosian” sering disebutkan untuk orang yang sedang dalam keadaan marah. Selain itu rasa sedih, kesal, dan kecewa juga merupakan salah satu emosi yang terungkap setiap harinya.

cara menghilangkan emosi


Kadang kala seseorang bisa terlalu larut dan berlama lama dalam satu emosi seperti halnya marah atau bersedih. Jika tidak dikendalikan, maka emosi bisa memicu berbagai masalah kesehatan bagi tubuh. Selain itu juga dapat merusak kehidupan sosial dan bermasyarakat.

Emosi yang berlebihan dapat mendatangkan masalah kesehatan seperti masalah jantung, maag, mempengaruhi hormon adrenalin dan hormon kortisol, membuat seseorang menjadi stres, mempengaruhi tekanan darah, serta banyak gangguan kesehatan. Yang mana bila emosi tidak bisa segera diatasi maka akan bisa berdampak lebih buruk lagi.

Penyakit-penyakit yang dapat terjadi bila emosi tidak bisa dikontrol oleh seseorang yakni seperti stroke penyakit jantung gangguan pernapasan hingga depresi.

Jangan Lakukan Ini, untuk Melampiaskan Emosi

Sebagian besar orang, salah menanggapi emosinya sendiri. Bagi orang-orang ini melakukan hal negatif dapat mengobati perasaan mereka yang sedang terluka.

Ada beberapa cara yang salah untuk menghilangkan emosi, yakni dengan merokok, meminum minuman keras hingga mabuk, melampiaskan amarah dengan merusak barang-barang sekitar, hingga menggunakan narkoba.

Dari segi medis itu tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan, selain itu juga makin memperburuk kondisi kejiwaan seseorang. Karenanya, ketika emosi melanda perasaan anda maka hindari hal-hal negatif disekitar lingkunganmu.

Cara Menghilangkan Emosi

Emosi yang berlebihan tentunya bisa membuat kehidupan menjadi tidak teratur dan berantakan. Kebanyakan orang sulit untuk mengatur emosi mereka. Oleh karena itu, kami sudah rangkum 10 cara menghilangkan emosi dengan mudah. Ada pun cara- cara tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Tenangkan Diri Sebelum Bertindak

Hal yang menjadikan emosi bisa menjadi sangat berbahaya adalah karena kebanyakan orang tidak mau berpikir sejenak atau menghentikan dirinya ketika mengalami emosional. Keputusan dan tindakan salah sering dilakukan oleh orang yang sedang emosional.

Oleh karena itu, usahakan diri anda tetap tenang ketika sedih atau marah. Jangan sampai sesuatu yang anda lakukan ketika emosi menjadi hal yang disesali di masa depan.

2. Hibur Diri dengan Motivasi

Bukan hanya sekedar menghibur diri dengan hal lucu atau sesuatu yang anda sukai, memotivasi diri juga sangat diperlukan untuk mengatasi emosi. Motivasi tidak selamanya datang dengan sendirinya atau didapat dari orang lain. Kadang kala kamu juga harus mencari motivasi agar perasaanmu menjadi stabil.

3. Perhatikan Apa Masalahnya

Meskipun sudah melewati berbagai masalah selama hidup, masih banyak orang yang sering gagal memahami masalah yang sedang dia alami. Sehingga kebanyakan orang yang berlebihan dalam emosional akan tenggelam dalam emosinya.

Lakukan pemikiran sesaat dengan tenang, pikirkan kembali apa yang sedang anda hadapi agar bisa menemukan solusi yang tepat untuk menyelsaikan masalah tersebut.

4. Sesuaikan Lingkungan Anda

Lingkungan bisa menjadi salah satu faktor eksternal yang menyebabkan emosional berlebih pada seseorang. Suasana sekitar yang tidak rapi atau berantakan bisa jadi pemicu emosi seseorang terutama ketika marah.

Ketika sedang emosi, usahakan pindah ke tempat yang lebih sunyi, bersih, dan rapi agar suasana hati menjadi lebih tenang. Selain itu, anda bisa merapikan tempat anda berada saat itu.

5. Atur Napas Perlahan

Salah satu cara terbaik untuk mengatur emosional adalah dengan melakukan pengaturan napas. Tarik napas sedalam dalamnya melalui hidung, lalu hembuskan melalui mulut. Lakukan hal tersebut beberapa kali hingga emosi anda mereda. Jika belum, silahkan basuh muka anda dengan air bersih kemudian lakukan atur napas kembali.

6. Terima Emosi

Terkadang menerima diri sendiri dan semua sifat bawaannya sangat perlu dilakukan untuk mengendalikan emosi secara keseluruhan. Terima emosi anda dengan ikhlas lalu lupakan emosi itu supaya tidak terlalu mendalam dan merusak suasana hati dan pikiran.

7. Ekspresikan Emosi yang Dirasakan

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengekspresikan emosi itu sendiri. Coba tuangkan perasaan dan emosimu kedalam bentuk lisan seperti puisi dan lagu. Selain itu, bisa juga dituangkan dalam bentuk visual seperti lukisan atau gambar.

Hal itu dilakukan untuk melepaskan gambaran negatif yang ada dipikiran lalu mengubah emosi menjadi netral. Selain itu kita juga dapat melihat wujud dari emosi itu sendiri.

8. Lakukan Meditasi

Meditasi bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan seperti pada serial televisi. Adakalanya setiap orang perlu melakukan meditasi dalam satu waktu untuk menyegarkan pikiran dan menarik pikiran positif ke dalam dirinya.

Pada kasus emosi berlebihan, coba lakukan meditasi selama beberpa menit hingga emosi mereda. Cari tempat yang tenang dan asri sehingga otak akan lebih mudah mendapatkan oksigen jernih.

9. Cari Bantuan

Jika melakukan secara mandiri belum juga bisa meredakan emosi anda. Cobalah untuk meminta bantuan dari orang-orang sekitar dimulai dari keluarga hingga teman kerja.

Orang lain punya cara tersendiri untuk membantu menenangkan perasaan anda. Ceritakan apa yang menjadi kendala anda pada seseorang. Mungkin orang tersebut bisa membantu dengan memberi solusi yang bisa anda terapkan.

10. Kerjakan Hobi

Terakhir, kamu perlu mengerjakan hobi yang berhubungan dengan hal positif. Itu bisa menghilangkan emosi anda dan juga dapat meningkatkan keseriusan otak alam memikirkan hal positif.

Sekali lagi perlu ditegaskan bahwa harus mengerjakan emosi yang positif, jika yang dikerjakan merupakan hobi negatif maka itu akan memperburuk keadaan.

Penutup

Itulah cara menghilangkan emosi paling mudah untuk dilakukan. Emosi sering muncul dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun pada beberapa keadaan, emosi bisa menjadi tidak terkendali dan menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan juga orang lain.

Cara-cara yang sudah dibahas di atas dapat berhasil jika memang ada kemauan dari diri sendiri. Emosi tidak bisa dihilangkan karena itu bagian dari jati diri seseorang, namun emosi bisa dikendalikan agar memberikan dampak positif dalam kehidupan kita.

Jika punya informasi tambahan yang tidak ada dalam artikel ini, silahkan berikan saran pada penulis.

 

 

Posting Komentar untuk "10 Cara Menghilangkan Emosi dengan Mudah"