Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu kendala tekanan pikiran pascatrauma( PTSD)?

Apa itu kendala tekanan pikiran pascatrauma( PTSD)? Post- traumatic stress disorder( PTSD) merupakan kendala kesehatan mental yang dirasakan sebagian orang sehabis mereka hadapi ataupun memandang peristiwa traumatis. Peristiwa traumatis bisa mengecam jiwa, semacam pertempuran, bencana alam, musibah mobil, ataupun kekerasan intim. Tetapi terkadang peristiwa tersebut tidak senantiasa beresiko. Misalnya, kematian orang yang dicintai secara seketika serta tidak terduga pula bisa menimbulkan PTSD.



Merupakan wajar buat merasa khawatir sepanjang serta sehabis suasana traumatis. Ketakutan merangsang respons" lawan- atau- lari". Ini merupakan metode badan Kamu menolong melindungi diri dari mungkin bahaya. Ini menimbulkan pergantian dalam badan Kamu semacam pelepasan hormon tertentu serta kenaikan kewaspadaan, tekanan darah, detak jantung, serta respirasi.


Pada waktunya, mayoritas orang pulih dari ini secara natural. Namun orang- orang dengan PTSD tidak merasa lebih baik. Mereka merasa tekanan pikiran serta ketakutan lama sehabis trauma berakhir. Dalam sebagian permasalahan, indikasi PTSD bisa jadi mulai di setelah itu hari. Mereka bisa jadi pula tiba serta berangkat bersamaan waktu.


Apa yang menimbulkan kendala tekanan pikiran pasca- trauma( PTSD)?


Para periset tidak ketahui kenapa sebagian orang hadapi PTSD serta yang yang lain tidak. Genetika, neurobiologi, aspek resiko, serta aspek individu bisa mempengaruhi apakah Kamu terserang PTSD sehabis peristiwa traumatis.


Siapa yang berisiko hadapi kendala tekanan pikiran pascatrauma( PTSD)?


Kamu bisa meningkatkan PTSD pada umur berapa juga. Banyak aspek resiko berfungsi dalam apakah Kamu hendak meningkatkan PTSD. Mereka tercantum:


seks Kamu; perempuan lebih bisa jadi meningkatkan PTSD


  • Mempunyai trauma di masa kecil

  • Merasa ngeri, tidak berdaya, ataupun ketakutan yang ekstrem

  • Hadapi peristiwa traumatis yang berlangsung lama

  • Mempunyai sedikit ataupun tidak terdapat sokongan sosial sehabis acara

  • Menanggulangi tekanan pikiran ekstra sehabis kegiatan, semacam kehabisan orang yang dicintai, rasa sakit serta luka, ataupun kehabisan pekerjaan ataupun rumah

  • Mempunyai riwayat penyakit mental ataupun pemakaian zat


Apa saja indikasi kendala tekanan pikiran pascatrauma( PTSD)?


Terdapat 4 tipe indikasi PTSD, namun bisa jadi tidak sama buat seluruh orang. Tiap orang hadapi indikasi dengan triknya sendiri. Jenis- jenisnya merupakan:


Hadapi kembali indikasi, di mana suatu menegaskan Kamu pada trauma serta Kamu merasakan ketakutan itu lagi. Contohnya termasuk


  • Kilas balik, yang membuat Kamu merasa semacam hendak lewat peristiwa itu lagi

  • mimpi buruk

  • Benak yang menakutkan


Indikasi penghindaran, di mana Kamu berupaya menjauhi suasana ataupun orang yang merangsang ingatan tentang peristiwa traumatis. Ini bisa menimbulkan Anda


Hindari tempat, peristiwa, ataupun barang yang menegaskan hendak pengalaman traumatis. Misalnya, bila Kamu hadapi musibah mobil, Kamu bisa jadi menyudahi mengemudi.


Menjauhi benak ataupun perasaan yang berhubungan dengan peristiwa traumatis. Misalnya, Kamu bisa jadi berupaya buat senantiasa sangat padat jadwal supaya tidak memikirkan apa yang terjalin.


Indikasi gairah serta reaktivitas, yang bisa menimbulkan Kamu risau ataupun waspada terhadap bahaya. Mereka termasuk


  • Gampang terkejut

  • Merasa tegang ataupun" tegang"

  • Sulit tidur

  • Mempunyai ledakan kemarahan


Indikasi kognisi serta atmosfer hati, yang ialah pergantian negatif dalam kepercayaan serta perasaan. Mereka termasuk


  • Kesusahan mengingat hal- hal berarti tentang peristiwa traumatis


  • Benak negatif tentang diri sendiri ataupun dunia


  • Merasa bersalah serta bersalah


  • Tidak lagi tertarik pada hal- hal yang Kamu nikmati


  • Kesusahan berkonsentrasi


Indikasi umumnya mulai lekas sehabis peristiwa traumatis. Namun terkadang mereka bisa jadi tidak timbul hingga berbulan- bulan ataupun bertahun- tahun setelah itu. Mereka pula bisa jadi tiba serta berangkat sepanjang bertahun- tahun.


Bila indikasi Kamu bertahan lebih dari 4 pekan, menimbulkan Kamu sangat tertekan, ataupun mengusik pekerjaan ataupun kehidupan rumah Kamu, Kamu bisa jadi mengidap PTSD.


Gimana kendala tekanan pikiran pasca- trauma( PTSD) di nyatakan?


Penyedia layanan kesehatan yang berpengalaman menolong orang dengan penyakit mental bisa mendiagnosis PTSD. Penyedia hendak melaksanakan pengecekan kesehatan mental serta bisa jadi pula melaksanakan pengecekan raga. Buat memperoleh penaksiran PTSD, Kamu wajib mempunyai seluruh indikasi ini paling tidak sepanjang satu bulan:


  • Paling tidak satu indikasi yang dirasakan kembali


  • Paling tidak satu indikasi penghindaran


  • Paling tidak 2 indikasi gairah serta reaktivitas


  • Paling tidak 2 indikasi kognisi serta atmosfer hati


Apa penyembuhan buat kendala tekanan pikiran pasca- trauma( PTSD)?


Perawatan utama buat PTSD merupakan pengobatan bicara, obat- obatan, ataupun keduanya. PTSD pengaruhi orang secara berbeda, jadi penyembuhan yang sukses buat satu orang bisa jadi tidak sukses buat orang lain. Bila Kamu mengidap PTSD, Kamu butuh bekerja dengan handal kesehatan mental buat menciptakan penyembuhan terbaik buat indikasi Kamu.:


Pengobatan bicara, ataupun psikoterapi, yang bisa mengajari Kamu tentang indikasi Kamu. Kamu hendak belajar gimana mengenali apa yang merangsang mereka serta gimana mengelolanya. Terdapat bermacam tipe pengobatan bicara buat PTSD.


Obat- obatan bisa menolong dengan indikasi PTSD. Antidepresan bisa menolong mengatur indikasi semacam kesedihan, kekhawatiran, kemarahan, serta perasaan mati rasa di dalam. Obat- obatan lain bisa menolong menanggulangi permasalahan tidur serta mimpi kurang baik. 



Posting Komentar untuk "Apa itu kendala tekanan pikiran pascatrauma( PTSD)?"