Sedang Merakit PC? Cek Swalayan Komputer Sekarang Juga!

Sedang Merakit PC? Cek Swalayan Komputer Sekarang Juga!

 

Sedang Merakit PC? Cek Swalayan Komputer Sekarang Juga!

Bagi para penggemar permainan komputer, merakit PC gaming sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk memperoleh performa yang optimal. Namun, bagi pemula, proses ini mungkin terlihat menakutkan. Oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas cara merakit PC gaming dengan jelas dan mudah dipahami bagi siapa saja yang baru mulai belajar tentang teknologi komputer. 

Belanja aksesoris dan komponen pc di distributor komputer termurah.

Apa itu PC Gaming?

PC gaming adalah gaya permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi. PC gamers biasanya menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi dari standar untuk mendapatkan pengalaman permainan yang lebih baik. Karena itu, biaya untuk merakit PC gaming cenderung lebih mahal dibandingkan dengan membeli konsol game seperti PlayStation atau Xbox.

PC gaming biasanya menawarkan kontrol yang lebih fleksibel daripada konsol game. Anda dapat memilih jenis pengontrol yang diinginkan, seperti mouse dan keyboard, joystick, atau bahkan controller PlayStation. Ini juga menawarkan fleksibilitas lebih tinggi dalam hal penyimpanan data dan pembaruan game.

Komponen-komponen dalam sebuah PC Gaming

Sebuah komputer gaming super membutuhkan komponen-kompnen dengan kualitas tinggi, coba kunjungi grosir komputer termurah untuk mencari kompenen tersebut. Misalnya Anda perlu membeli:

- Processor atau CPU: sebagai otak dalam PC, beberapa game membutuhkan processor yang cukup kuat untuk menjalankan game dengan lancar.
- RAM: dibutuhkan untuk menjadikan sistem operasi dan aplikasi yang berjalan lebih stabil dan cepat. Untuk game PC, RAM juga sangat dibutuhkan agar game yang dimainkan bisa berjalan dengan lancar.
- motherboard: sebagai pondasi dari sebuah PC, motherboard menyediakan slot untuk CPU, RAM, dan perangkat lainnya. Beberapa motherboard juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti integrated sound dan video card, USB port, dan lain-lain.
- Hard Drive atau HDD: penyimpanan data penting bagi sebuah PC. Data yang disimpan di hard drive biasanya berupa file sistem operasi, aplikasi, dokumen, gambar, video, dan musik. Untuk game PC sendiri, file game yang besar pun seringkali disimpan di hard drive.
- Power Supply Unit atau PSU: sebagai sumber tenaga bagi seluruh komponen dalam PC. Kualitas, daya, dan tegangan PSU yang dipasang juga harus disesuaikan dengan komponen lainnya agar sistem lebih stabil.
- Graphics Card atau VGA: mengolah data grafis dan memberikan tampilan visual yang nyata pada layar monitor. Untuk game PC, graphics card yang digunakan biasanya memiliki resolusi tinggi dan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas gambar dari game tersebut.
- Monitor: merupakan perangkat output utama bagi sebuah PC. Jenis monitor yang dipilih juga akan berpengaruh pada hasil gambar yang ditampilkan ke layar. Beberapa monitor gaming saat ini sudah dilengkapi dengan fitur refresh rate tinggi dan anti-tearing technology untuk meningkatkan pengalaman gaming.
- Keyboard dan Mouse: merupakan perangkat input utama bagi sebuah PC. Keyboard dan mouse yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan game yang dimainkan. Beberapa keyboard gaming saat ini sudah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti macro keys, backlighting, dan lain-lain.

Selain komponen-komponen di atas, ada juga beberapa komponen tambahan yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman gaming, seperti sound card, headset, controller wireless dan lain-lain.

Kelebihan dan kekurangan dari PC Gaming

Kelebihan utama dari PC gaming adalah kontrol yang lebih baik. Meskipun Xbox One dan PlayStation 4 telah meningkatkan kualitas kontrol mereka, tetap saja tidak sebanding dengan yang bisa Anda dapatkan di PC. Selain itu, opsi konfigurasi yang tersedia di PC jauh lebih banyak, sehingga Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang PC gaming adalah biaya perawatannya yang mahal. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman bermain game terbaik, Anda harus siap untuk membelanjakan uang untuk periferal dan upgrade sistem secara teratur.

Kekurangannya adalah bahwa PC gaming tidak seportabel konsol. Jika Anda ingin membawa laptop Anda dan bermain game di tempat lain, Anda harus siap untuk menanggung biaya yang lebih tinggi dan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan berbagai konsol portabel. Selain itu, kompatibilitas dengan game juga dapat menjadi masalah, terutama dalam hal game eksklusif.

Cara memilih komponen untuk PC Gaming

Cara memilih komponen untuk PC Gaming - Pada dasarnya, ada tiga komponen utama yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih komponen untuk PC gaming: processor (CPU), pemrosesan grafis (GPU), dan memori (RAM). Kinerja ketiganya sangat berpengaruh pada pengalaman gaming Anda. Jadi, sebelum memutuskan apa yang akan Anda beli, pastikan untuk melakukan riset dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih komponen untuk PC gaming:

- Pertimbangkan seberapa cepat dan sering Anda ingin bermain game. Jika Anda hanya ingin bermain game secara casual, maka Anda tidak perlu menginvestasikan uang dalam komponen yang super canggih.namun, jika Anda ingin menjadi gamer profesional, maka investasilah dalam komponen yang lebih mahal agar performanya lebih bagus.

- Bandingkan harga dengan spesifikasi. Jangan membeli komponen hanya berdasarkan harganya. Pastikan untuk membandingkan spesifikasi komponen dengan harga yang ditawarkan.

- Jangan lupa untuk membeli periferals (keyboard, mouse, headset, dll) yang akan Anda gunakan bersama dengan PC gaming Anda. Periferals ini juga penting dalam meningkatkan pengalaman gaming Anda.

- Jangan tergiur oleh iklan atau diskon yang tersedia saat ini. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli dan pastikan bahwa komponen yang ingin Anda beli cocok dengan kebutuhan Anda.

Cara merakit PC Gaming sendiri

Jika Anda tertarik untuk merakit PC gaming sendiri, maka Anda wajib mempelajari hal-hal berikut ini. Pertama, Anda harus menentukan komponen yang akan digunakan. Kedua, Anda perlu menyiapkan alat-alat seperti obeng dan palu. Ketiga, siapkan juga area kerja yang bersih dan rapi. Keempat, mulailah dengan merakit bagian motherboard. Kelima, lanjutkan dengan prosesor, RAM, dan pemasangan hard drive atau SSD. Keenam, terakhir pasanglah VGA card dan kabelnya sesuai dengan petunjuk. Selamat mencoba!

Alternatif untuk PC Gaming

Bermain game di PC memang menyenangkan. Ada banyak game yang tersedia untuk dimainkan dan sebagian besar dari mereka menawarkan grafis yang sangat bagus. Namun, merakit PC gaming sendiri bisa menjadi tugas yang sulit dan mahal. Untuk memudahkan prosesnya, ada beberapa alternatif untuk PC gaming:

1. Laptop Gaming – Banyak laptop saat ini sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk gaming. Beberapa diantaranya mungkin membutuhkan upgrade RAM atau hard drive yang lebih besar, tetapi pada umumnya laptop dapat digunakan secara langsung untuk gaming. Keuntungan utama dari laptop gaming adalah portabilitasnya – Anda dapat membawa perangkat kemanapun Anda pergi.

2. Konsol Game – Konsol game seperti Xbox dan PlayStation juga menawarkan pengalaman gaming yang luar biasa. Grafisnya tidak sebagus PC, tetapi masih cukup baik dan Anda akan menemukan berbagai game menarik untuk dimainkan. Selain itu, konsol juga relatif lebih murah daripada PC gaming dan tidak membutuhkan upgrade.

3. Steam Box – Steam Box adalah perangkat yang dirancang untuk membantu Anda bermain game di televisi. Ini biasanya berbentuk seperti kotak kecil dengan spesifikasi yang cukup tinggi untuk gaming dan itu dapat terhubung ke layar televisi di rumah Anda.

4. Cloud Gaming – Cloud gaming adalah cara baru untuk bermain game tanpa harus membeli perangkat keras atau konsol game. Dengan cloud gaming, Anda dapat mengakses ribuan judul game hanya dengan menggunakan internet dan browser web Anda. Anda juga akan mendapatkan akses ke fitur-fitur lanjutan seperti layar split, chat, dan lainnya.