Cara Membuat Cireng Isi Oncom

Cara Membuat Cireng Isi Oncom

Cara membuat cireng isi oncom, camilan gurih khas Sunda yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan diisi dengan oncom yang lezat.

Cara Membuat Cireng Isi Oncom

1. Gurihnya kenikmatan Cireng Isi Oncom yang meledak di mulut!
2. Jajanan lezat yang sayang untuk dilewatkan: Cireng Isi Oncom!
3. Menggoyang lidahmu dengan Cireng Isi Oncom yang lezat nan renyah!
4. Kreasikan cirengmu dengan rasa Oncom yang unik dan gurih!
5. Cireng Isi Oncom: kelezatan tradisional dengan sentuhan modern!
6. Cireng Isi Oncom: siap menemani waktu santaimu dengan kenikmatannya yang tak tertahankan!
7. Cireng Isi Oncom: camilan sederhana yang menggugah selera!
8. Buat sendiri Cireng Isi Oncom di rumah dan biarkan lidahmu terkagum-kagum!
9. Ingin camilan yang beda? Coba saja Cireng Isi Oncom!
10. Tolak bosan dengan Cireng Isi Oncom yang sensasional dan menggugah selera!

Cireng isi oncom adalah salah satu makanan khas Indonesia yang menggugah selera. Jika Anda pecinta kuliner Indonesia, pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencoba kelezatan camilan ini. Bagaimana tidak, cireng isi oncom memiliki cita rasa yang unik dan menggoda. Dengan tekstur yang renyah di luar dan isian oncom yang gurih di dalamnya, makanan ini menjadi favorit banyak orang.

Pengenalan Cireng Isi Oncom

Cireng isi oncom adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat. Makanan ini terdiri dari adonan tepung tapioka yang digoreng kering dan diisi dengan oncom yang sudah diolah menjadi bahan isian. Cireng isi oncom memiliki rasa gurih dan tekstur yang kenyal, membuatnya menjadi camilan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat cireng isi oncom, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

  • 250 gram tepung tapioka
  • 100 gram oncom, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Langkah-langkah Pembuatan Cireng Isi Oncom

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat cireng isi oncom:

1. Membuat Adonan Cireng

Pertama, campurkan tepung tapioka, bawang putih, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata.

2. Menambahkan Air

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga adonan bisa dipulung tanpa lengket di tangan.

3. Menggiling Oncom

Giling oncom menggunakan blender atau cobek hingga halus. Pastikan konsistensinya lembut agar mudah diisi ke dalam cireng.

4. Membentuk Adonan Cireng

Ambil satu sendok makan adonan cireng dan pipihkan di telapak tangan. Tambahkan satu sendok teh oncom halus di tengah adonan cireng.

5. Melipat Adonan

Lipat adonan cireng hingga oncom berada di tengahnya dan bentuk menjadi bulatan kecil. Pastikan oncom tertutup rapat oleh adonan cireng.

6. Menggoreng Cireng

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng cireng hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna.

7. Menghidangkan Cireng Isi Oncom

Angkat cireng isi oncom dari wajan dan tiriskan. Sajikan cireng isi oncom dalam piring saji dengan saus sambal atau saus kacang sebagai pelengkap.

Penutup

Cireng isi oncom adalah camilan yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Anda bisa menikmatinya sebagai camilan untuk keluarga atau sebagai hidangan pendamping saat berkumpul bersama teman-teman. Selamat mencoba!

Cireng Isi Oncom: Kelezatan Tradisional dengan Sentuhan Modern!

Gurihnya kenikmatan Cireng Isi Oncom yang meledak di mulut! Jajanan lezat yang sayang untuk dilewatkan: Cireng Isi Oncom! Menggoyang lidahmu dengan Cireng Isi Oncom yang lezat nan renyah! Kreasikan cirengmu dengan rasa Oncom yang unik dan gurih! Cireng Isi Oncom: kelezatan tradisional dengan sentuhan modern! Cireng Isi Oncom: siap menemani waktu santaimu dengan kenikmatannya yang tak tertahankan! Cireng Isi Oncom: camilan sederhana yang menggugah selera! Buat sendiri Cireng Isi Oncom di rumah dan biarkan lidahmu terkagum-kagum! Ingin camilan yang beda? Coba saja Cireng Isi Oncom! Tolak bosan dengan Cireng Isi Oncom yang sensasional dan menggugah selera!

Cara Membuat Cireng Isi Oncom

Jika kamu ingin mencoba camilan yang unik dan menggugah selera, Cireng Isi Oncom adalah pilihan yang tepat. Cireng Isi Oncom merupakan varian dari camilan tradisional Indonesia, cireng, yang diberi isian oncom yang gurih. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 250 gram tepung tapioka

– 100 gram oncom, dihaluskan

– 1 batang daun bawang, diiris halus

– 2 siung bawang putih, dihaluskan

– 1 sendok teh garam

– 1/2 sendok teh merica bubuk

– 200 ml air panas

– Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

1. Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan tepung tapioka, oncom halus, daun bawang, bawang putih, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.

2. Tuangkan air panas sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan dapat dipulung. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras.

3. Setelah adonan tercampur dengan baik, ambil sejumput adonan dan pipihkan dengan tangan. Beri isian oncom di tengahnya dan rapatkan kembali adonan hingga isian terbungkus rapi.

4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Jika minyak sudah cukup panas, goreng cireng hingga berwarna keemasan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan.

5. Cireng Isi Oncom siap disajikan! Nikmati kelezatan tradisional dengan sentuhan modern yang satu ini.

Cireng Isi Oncom sangat cocok dijadikan camilan untuk santai bersama keluarga atau teman-teman. Rasanya yang gurih dan renyah akan membuat lidahmu terkagum-kagum. Jangan ragu untuk mencoba membuatnya di rumah, karena prosesnya cukup sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama.

Tolak bosan dengan Cireng Isi Oncom yang sensasional dan menggugah selera! Camilan ini bisa menjadi alternatif yang beda dari camilan-camilan lainnya. Dengan isian oncom yang unik, Cireng Isi Oncom memberikan sensasi rasa yang berbeda dan pastinya akan menggoyang lidahmu.

Jadi, tunggu apalagi? Segera coba buat sendiri Cireng Isi Oncom di rumah dan rasakan kenikmatannya yang tak tertahankan. Jadikan camilan ini sebagai pengisi waktu santaimu yang menyenangkan. Selamat mencoba!

Cireng isi oncom adalah salah satu makanan khas Indonesia yang lezat dan menggugah selera. Dalam cerita ini, aku akan menjelaskan cara membuat cireng isi oncom dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Mari kita mulai!

1. Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram tepung tapioka
  • 100 gram oncom, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

2. Campurkan tepung tapioka, oncom halus, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan tangan atau sendok kayu.

3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket di tangan. Pastikan konsistensi adonan tidak terlalu keras atau terlalu cair.

4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.

5. Ambil sejumput adonan dan pipihkan di telapak tangan. Letakkan satu sendok teh oncom di tengah adonan, lalu rapatkan dan bulatkan adonan hingga oncom terbungkus sempurna. Ulangi langkah ini sampai adonan habis.

6. Goreng cireng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Pastikan semua sisi cireng matang dengan sempurna.

7. Angkat cireng dari minyak dan tiriskan menggunakan saringan atau tisu dapur agar kelebihan minyak terserap.

Sekarang cireng isi oncom siap dinikmati!

Cara membuat cireng isi oncom ini akan memberikan rasa yang unik dan lezat. Oncom memberikan sentuhan gurih, sementara tepung tapioka memberikan tekstur yang kenyal dan renyah pada cireng. Dengan langkah-langkah yang mudah diikuti, siapa pun dapat mencoba membuat cireng isi oncom di rumah.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan bahan tambahan seperti irisan daun bawang atau taburan wijen pada cireng. Kamu juga bisa menambahkan bumbu pelengkap seperti saus sambal atau saus kacang untuk menambah cita rasa.

Selamat mencoba membuat cireng isi oncom dan semoga sukses! Nikmati hidangan lezat ini bersama keluarga dan teman-temanmu.

Hai pembaca blog yang selalu setia mengikuti artikel kami! Kami berterima kasih atas kunjungan dan dukungan Anda selama ini. Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi resep lezat yang pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang, yaitu cara membuat cireng isi oncom yang nikmat.

Untuk memulainya, pertama-tama Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan tepung tapioka, oncom yang telah dihaluskan, bawang putih yang telah dicincang halus, garam, lada, daun bawang, dan air secukupnya untuk membuat adonan cireng. Setelah itu, siapkan bahan untuk isian oncom, seperti oncom yang telah dihaluskan, bawang merah yang telah dicincang halus, cabai rawit merah yang telah diiris tipis, garam, dan minyak untuk menggoreng. Pastikan semua bahan sudah siap sebelum memulai proses pembuatan cireng isi oncom ini.

Langkah selanjutnya adalah membuat adonan cireng. Campurkan tepung tapioka dengan oncom yang telah dihaluskan, bawang putih yang telah dicincang halus, garam, lada, daun bawang, dan air secukupnya. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Kemudian, ambil sedikit adonan dan pipihkan dengan tangan hingga berbentuk bulat pipih. Letakkan isian oncom di tengah adonan, lalu rapatkan dan bulatkan kembali hingga isian tertutupi dengan sempurna. Lakukan langkah ini hingga semua adonan dan isian habis.

Terakhir, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng cireng isi oncom hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan cireng dari minyak, lalu sajikan selagi masih hangat. Anda bisa menambahkan saus sambal atau cabai rawit sebagai pelengkap untuk memberikan rasa pedas yang khas pada cireng isi oncom ini.

Semoga resep cara membuat cireng isi oncom ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk mencoba masakan yang berbeda. Selamat mencoba dan nikmati hasilnya! Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog kami agar tidak ketinggalan resep-resep lezat lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan orang tentang cara membuat cireng isi oncom:

1. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cireng isi oncom?

  • 200 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 250 ml air matang
  • 150 gram oncom, haluskan
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

2. Bagaimana cara membuat adonan cireng yang kenyal?

Untuk membuat adonan cireng yang kenyal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Diamkan adonan selama 15-20 menit agar lebih elastis.

3. Bagaimana cara membuat isian oncom untuk cireng?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat isian oncom:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum.
  3. Tambahkan oncom yang telah dihaluskan, aduk rata dan masak hingga matang.
  4. Ambil sedikit adonan cireng yang telah didiamkan, pipihkan, lalu isi dengan isian oncom.

4. Bagaimana cara menggoreng cireng?

Untuk menggoreng cireng, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  2. Goreng cireng hingga menjadi kuning keemasan.
  3. Tiriskan cireng di atas kertas minyak agar minyak berlebih terserap.
  4. Cireng isi oncom siap disajikan.

Dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda dapat dengan mudah membuat cireng isi oncom yang lezat dan gurih. Selamat mencoba!

Video Cara Membuat Cireng Isi Oncom

Visit Video