Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kepok

Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kepok

Cara membuat kue nagasari pisang kepok yang lezat dan lembut. Ikuti langkah-langkahnya untuk menciptakan hidangan manis yang menggugah selera!

Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kepok

1. Mulailah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan.
2. Siapkan pisang kepok yang matang dan manis.
3. Kupas kulit pisang dengan penuh kehati-hatian, agar tidak merusak tekstur pisang.
4. Potong-potong pisang dalam bentuk memanjang, seperti ukuran jari tangan Anda yang sedang berbaring malas.
5. Sambil menunggu kukusan panas, siapkan adonan tepung ketan.
6. Taburi tepung ketan di atas meja, dan ratakan seperti menaburi kebahagiaan dalam hidup ini.
7. Tuangkan air hangat ke dalam tepung ketan, aduk hingga tercampur dengan lembut seperti tarian anggun bidadari.
8. Ambil secuil gula kelapa, taburkan di atas potongan pisang yang menanti bergelut.
9. Diamkan berbagai bahan yang telah disiapkan selama beberapa menit.
10. Mulailah proses pengukusan, dan nikmati aroma kue nagasari yang tercipta dengan cinta dan telaten.

Apakah Anda mencari resep kue yang unik dan lezat untuk mencoba di rumah? Jika ya, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat! Mari kita berbicara tentang cara membuat kue nagasari pisang kepok yang pasti akan memanjakan lidah Anda. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa menjadi seorang ahli dalam membuat kue tradisional Indonesia ini. Jadi, siapkan panci dan spatula, dan ikuti petunjuk berikut ini untuk menciptakan hidangan manis yang tak terlupakan!

Nagasari

Pengenalan Kue Nagasari Pisang Kepok

Kue nagasari pisang kepok adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula, serta pisang kepok yang telah matang. Rasanya yang manis dan lembut membuat kue ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu, kue nagasari pisang kepok juga memiliki tampilan yang menarik dengan warna kuning keemasan dan aroma pisang yang khas.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kue nagasari pisang kepok, Anda akan membutuhkan beberapa bahan sebagai berikut:

  • 200 gram tepung beras
  • 350 ml santan
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 buah pisang kepok matang
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kue nagasari pisang kepok:

1. Mencampurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung beras, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

Mencampurkan

2. Menambahkan Santan

Setelah bahan kering tercampur dengan baik, tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang licin dan tidak bergerindil.

Menambahkan

3. Membungkus Adonan

Selanjutnya, bungkus adonan dengan daun pisang yang telah dibersihkan. Pastikan adonan tertutup rapat dan tidak ada kebocoran.

Membungkus

4. Mengukus Adonan

Tempatkan adonan yang telah dibungkus di dalam panci pengukus yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kukus adonan selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang.

Mengukus

5. Memotong Pisang Kepok

Sementara adonan dikukus, Anda dapat memotong pisang kepok menjadi beberapa bagian sesuai keinginan.

Memotong

6. Menyusun Nagasari dan Pisang

Setelah adonan matang, keluarkan dari panci pengukus dan biarkan hingga suhu ruangan. Kemudian, potong adonan nagasari menjadi beberapa bagian dan sisipkan potongan pisang di tengahnya.

Menyusun

7. Mengukus Kembali

Kukus kue nagasari pisang kepok yang telah disusun selama kurang lebih 10-15 menit agar pisang matang sempurna dan kue menjadi lebih lezat.

Mengukus

8. Kue Siap Disajikan

Setelah matang, keluarkan kue dari panci pengukus dan biarkan hingga suhu ruangan. Kue nagasari pisang kepok siap disajikan dan dinikmati.

Kue

Penutup

Demikianlah cara membuat kue nagasari pisang kepok yang lezat dan mudah. Kue ini cocok disantap sebagai camilan atau hidangan penutup. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kepok

Mulailah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan sebelum memulai proses pembuatan kue nagasari pisang kepok ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain pisang kepok yang matang dan manis, tepung ketan, air hangat, dan gula kelapa.

Langkah 1: Menyiapkan Pisang Kepok

Siapkan pisang kepok yang matang dan manis. Pilih pisang yang sudah matang dengan warna kulit yang kuning kecokelatan. Pisang kepok yang matang akan memberikan rasa manis dan lezat pada kue nagasari ini. Kupas kulit pisang dengan penuh kehati-hatian, agar tidak merusak tekstur pisang. Jangan lupa untuk mencuci pisang sebelum dikupas.

Potong-potong pisang dalam bentuk memanjang, seperti ukuran jari tangan Anda yang sedang berbaring malas. Potongan pisang yang memanjang akan memberikan tampilan yang indah pada kue nagasari ini. Pastikan potongan pisang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.

Langkah 2: Menyiapkan Adonan Tepung Ketan

Sambil menunggu kukusan panas, siapkan adonan tepung ketan. Taburi tepung ketan di atas meja, dan ratakan seperti menaburi kebahagiaan dalam hidup ini. Buatlah rataan tepung ketan yang lebar dan datar, agar memudahkan proses membungkus pisang nantinya.

Tuangkan air hangat ke dalam tepung ketan, aduk hingga tercampur dengan lembut seperti tarian anggun bidadari. Pastikan adonan tepung ketan memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu cair. Jika terlalu cair, tambahkan sedikit tepung ketan. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air hangat.

Langkah 3: Menyusun Kue Nagasari

Ambil secuil gula kelapa, taburkan di atas potongan pisang yang menanti bergelut. Gula kelapa akan memberikan rasa manis yang khas pada kue nagasari ini. Jangan terlalu banyak menaburkan gula kelapa agar kue tidak terlalu manis.

Diamkan berbagai bahan yang telah disiapkan selama beberapa menit. Diamkan potongan pisang yang telah ditaburi gula kelapa dan adonan tepung ketan selama kurang lebih 5-10 menit. Hal ini akan membantu bahan-bahan meresap dan menghasilkan kue nagasari yang lezat.

Langkah 4: Proses Pengukusan

Mulailah proses pengukusan, dan nikmati aroma kue nagasari yang tercipta dengan cinta dan telaten. Panaskan kukusan terlebih dahulu. Setelah kukusan panas, letakkan potongan pisang yang telah ditaburi gula kelapa di atas daun pisang yang telah dipotong sesuai ukuran.

Tuangkan adonan tepung ketan secara perlahan di atas potongan pisang yang telah disusun. Pastikan semua potongan pisang terbalut dengan adonan tepung ketan. Tutup kukusan dengan rapat dan kukus selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga kue matang sempurna.

Setelah matang, angkat kue nagasari dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan. Kue nagasari pisang kepok siap disantap dengan selera. Nikmati kelembutan pisang kepok yang berpadu dengan manisnya gula kelapa dan tekstur lembut dari tepung ketan.

Sekarang, Anda telah berhasil membuat kue nagasari pisang kepok dengan cara yang sederhana namun menghasilkan cita rasa yang istimewa. Selamat mencoba!

Ada sebuah cerita tentang seorang nenek yang pandai membuat kue tradisional bernama Nagasari Pisang Kepok. Setiap kali nenek membuat kue ini, aroma harum langsung menyebar ke seluruh desa. Orang-orang pun berbondong-bondong datang untuk mencicipi kelezatan kue buatannya.

1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

  • 500 gram tepung ketan
  • 5 buah pisang kepok
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram gula merah, serut halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus

2. Kemudian, ambil pisang kepok dan kupas kulitnya. Potong-potong pisang menjadi beberapa bagian.

3. Selanjutnya, siapkan wadah dan campurkan tepung ketan, gula merah serut, dan garam. Aduk rata hingga tercampur merata.

4. Tambahkan santan sedikit-sedikit ke dalam adonan tepung ketan. Aduk perlahan sambil terus mencampurnya hingga adonan menjadi lembut dan mudah dibentuk.

5. Setelah itu, ambil selembar daun pisang dan letakkan sejumput adonan tepung ketan di tengahnya. Ratakan adonan dan beri potongan pisang di atasnya.

6. Lipat daun pisang menjadi segitiga dan ikat dengan menggunakan tali atau lidi supaya adonan tidak bocor saat dikukus.

7. Panaskan kukusan dan letakkan nagasari pisang kepok di atasnya. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.

8. Setelah matang, angkat nagasari pisang kepok dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

9. Kue Nagasari Pisang Kepok siap dinikmati! Rasakan kelezatan kue ini yang lembut, manis, dan memiliki aroma yang menggoda.

Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kepok ini memang sederhana, tetapi hasilnya sangat memuaskan. Nenek ini sudah menguasai teknik membuat kue tradisional ini sehingga rasanya begitu istimewa. Setiap gigitan nagasari pisang kepok ini seperti membawa kita pada kenangan manis masa kecil di kampung halaman. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik untuk mencoba membuatnya?

Halo para pembaca setia blog kami! Kami sangat senang bisa berbagi artikel mengenai cara membuat kue nagasari pisang kepok dengan kalian. Semoga kalian menikmati proses pembuatannya dan mendapatkan hasil yang lezat untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Sebelum kami mengakhiri artikel ini, ada beberapa tips tambahan yang ingin kami bagikan kepada kalian. Pertama, pastikan pisang kepok yang kalian gunakan sudah matang sempurna. Pisang yang terlalu muda akan sulit diolah dan memiliki rasa yang kurang manis, sedangkan pisang yang terlalu matang akan menghasilkan nagasari yang terlalu lembek dan kurang enak. Pilihlah pisang kepok yang berwarna kuning kecokelatan dengan tekstur yang lembut saat diraba.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan daun pisang sebagai wadah dalam proses memasak nagasari. Daun pisang memberikan aroma khas dan meningkatkan cita rasa kue. Pastikan daun pisang yang digunakan dalam kondisi bersih dan tidak terlalu tua. Kalian bisa memotong daun pisang menjadi ukuran yang sesuai sebelum menggunakan sebagai wadah.

Terakhir, jangan ragu untuk bereksperimen dengan variasi rasa tambahan dalam nagasari pisang kepok kalian. Misalnya, kalian bisa menambahkan potongan kelapa parut sebagai topping atau mencampurkan pasta pandan ke dalam adonan. Secara umum, nagasari pisang kepok adalah kue yang sangat fleksibel untuk dimodifikasi sesuai dengan selera dan kreativitas kalian.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami dan membaca artikel ini. Kami berharap kalian berhasil dalam membuat kue nagasari pisang kepok dan menikmatinya bersama orang-orang terkasih. Jangan lupa untuk selalu mencoba resep-resep baru lainnya di blog kami. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya!

Pertanyaan: Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kepok?

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan:

    • Pisang kepok matang – 4 buah
    • Tepung beras – 200 gram
    • Kelapa parut kasar – 100 gram
    • Garam – 1/2 sendok teh
    • Gula pasir – 50 gram
    • Daun pisang untuk membungkus – secukupnya
  2. Langkah-langkah pembuatan:

    1. Kupas pisang kepok dan potong-potong menjadi beberapa bagian.
    2. Masukkan tepung beras dalam wadah, tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.
    3. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam wadah dengan tepung beras, aduk hingga membentuk adonan yang kental.
    4. Gulingkan potongan pisang kepok ke dalam adonan tepung beras hingga seluruh permukaan terbalut adonan.
    5. Panaskan kukusan dengan api sedang, lalu bungkus adonan pisang dengan daun pisang yang sudah dipotong sesuai ukuran.
    6. Kukus adonan selama 20-25 menit atau hingga matang.
    7. Saat menunggu kue nagasari pisang kepok matang, panaskan kelapa parut kasar di atas wajan dengan api kecil hingga harum dan berubah warna.
    8. Setelah matang, angkat kue nagasari pisang kepok dari kukusan.
    9. Hidangkan kue nagasari pisang kepok dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Jawaban:

Pertanyaan: Bagaimana cara membuat kue Nagasari Pisang Kepok?

Jawab: Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue Nagasari Pisang Kepok:

  1. Siapkan bahan-bahan seperti pisang kepok matang, tepung beras, kelapa parut kasar, garam, gula pasir, dan daun pisang sebagai pembungkus.
  2. Kupas pisang kepok dan potong-potong menjadi beberapa bagian.
  3. Masukkan tepung beras dalam wadah, tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam wadah dengan tepung beras, aduk hingga membentuk adonan yang kental.
  5. Gulingkan potongan pisang kepok ke dalam adonan tepung beras hingga seluruh permukaan terbalut adonan.
  6. Panaskan kukusan dengan api sedang, lalu bungkus adonan pisang dengan daun pisang yang sudah dipotong sesuai ukuran.
  7. Kukus adonan selama 20-25 menit atau hingga matang.
  8. Saat menunggu kue nagasari pisang kepok matang, panaskan kelapa parut kasar di atas wajan dengan api kecil hingga harum dan berubah warna.
  9. Setelah matang, angkat kue nagasari pisang kepok dari kukusan.
  10. Hidangkan kue nagasari pisang kepok dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat kue Nagasari Pisang Kepok yang lezat dan nikmat.

Video Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kepok

Visit Video