Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Baru Lulus Sekolah

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Baru Lulus Sekolah

Cara membuat surat lamaran kerja baru setelah lulus sekolah. Langkah-langkahnya mudah dan penting untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Baru Lulus Sekolah

1. Menulis Pengantar yang Menarik
Surat lamaran kerja adalah langkah pertama dalam mencari pekerjaan setelah lulus sekolah. Oleh karena itu, penting untuk menulis pengantar yang menarik agar menarik perhatian pihak perusahaan yang Anda lamar. Buatlah pengantar yang singkat namun informatif, sehingga memancing ketertarikan pembaca untuk membaca selanjutnya.

2. Menyusun Riwayat Hidup yang Tepat
Riwayat hidup merupakan salah satu bagian penting dalam surat lamaran kerja. Pastikan Anda menyusunnya dengan rapi dan jelas. Tuliskan pengalaman pendidikan, keterampilan, serta prestasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Hindari penggunaan bahasa teknis yang sulit dipahami oleh pihak perusahaan.

3. Menonjolkan Keunikan Diri Anda
Ketika menulis surat lamaran kerja, jangan takut untuk menonjolkan keunikan diri Anda. Ceritakan pengalaman, hobi, atau minat pribadi yang dapat membedakan Anda dari pelamar lainnya. Hal ini akan membuat surat lamaran Anda menjadi lebih personal dan istimewa dalam pandangan pihak perusahaan.

4. Menjelaskan Alasan Memilih Posisi yang Dilamar
Jelaskan dengan jelas alas an Anda memilih posisi yang dilamar. Apakah karena ketertarikan terhadap bidang tersebut, keinginan untuk mengembangkan kemampuan, atau karena melihat peluang karir yang menjanjikan di perusahaan tersebut. Berikan argumentasi yang kuat dan meyakinkan mengapa Anda adalah pilihan yang tepat untuk posisi tersebut.

5. Menyebutkan Pengalaman Magang atau Pekerjaan Sebelumnya
Jika Anda memiliki pengalaman magang atau pekerjaan sebelumnya yang relevan dengan posisi yang dilamar, jangan ragu untuk menyebutkannya dalam surat lamaran. Jelaskan tugas-tugas yang pernah Anda lakukan, pencapaian yang telah Anda raih, serta pelajaran yang telah Anda dapatkan. Hal ini akan menambah nilai tambah pada surat lamaran Anda.

6. Menyertakan Referensi dari Dosen atau Pengajar
Jika Anda memiliki referensi dari dosen atau pengajar, sertakan dalam surat lamaran kerja. Referensi ini dapat memberikan gambaran positif mengenai karakter dan kualitas pribadi Anda. Pastikan Anda mendapatkan ijin terlebih dahulu sebelum menyertakan referensi tersebut.

7. Menunjukkan Antusiasme terhadap Perusahaan
Tunjukkan antusiasme Anda terhadap perusahaan yang Anda lamar. Ceritakan mengapa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut, bagaimana visi dan misi perusahaan cocok dengan nilai-nilai dan tujuan hidup Anda. Pihak perusahaan akan melihat antusiasme Anda sebagai motivasi yang kuat untuk berkontribusi dalam perusahaan.

8. Menjaga Teks Surat Lamaran dalam Batas Waktu yang Ditetapkan
Pastikan Anda menulis surat lamaran dalam batas waktu yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan. Jangan mengulur waktu hingga batas akhir, karena ini akan memberikan kesan bahwa Anda kurang serius dalam mencari pekerjaan. Tunjukkan ketepatan waktu Anda dengan mengirimkan surat lamaran sesegera mungkin.

9. Konsisten dalam Penggunaan Kata dan Gaya Bahasa
Selalu periksa kembali surat lamaran kerja Anda untuk memastikan Anda konsisten dalam penggunaan kata dan gaya bahasa. Hindari pengulangan kata atau frasa yang sama terlalu sering, dan pastikan bahasa yang Anda gunakan profesional dan sopan. Periksa juga ejaan dan tata bahasa guna memberikan kesan yang baik.

10. Mengakhiri Surat dengan Tegas
Tutup surat lamaran Anda dengan kalimat yang tegas dan memastikan bahwa Anda menyatakan kesiapan untuk dihubungi dan menjalani proses seleksi lebih lanjut. Sertakan nomor telepon dan alamat email yang mudah dihubungi, serta ucapan terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Selesai menyelesaikan pendidikan di sekolah, saatnya untuk memasuki dunia kerja yang baru. Namun, sebelum memulai petualangan baru ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian. Tidak hanya harus menjelaskan latar belakang dan kualifikasi kita, tetapi juga harus dapat meyakinkan pihak perusahaan bahwa kita adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang kita lamar.

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baru lulus sekolah agar bisa mencuri perhatian pembaca? Pertama-tama, penting untuk memperhatikan tata letak surat yang rapi dan terstruktur dengan baik. Dalam surat lamaran kita, kita perlu menyajikan informasi dengan jelas dan mudah dibaca. Selain itu, menggunakan kata-kata kunci yang relevan dengan perusahaan juga dapat meningkatkan kesan profesionalitas dan ketertarikan dari pihak perusahaan.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menonjolkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang kita lamar. Gunakan kalimat yang persuasif dan menggambarkan kemampuan kita secara kreatif. Misalnya, bukan hanya mengatakan bahwa kita memiliki keterampilan komunikasi yang baik, tetapi jelaskan bagaimana kita berhasil memimpin tim dalam proyek sekolah atau bagaimana kita berpartisipasi aktif dalam organisasi di sekolah.

Terakhir, jangan lupa untuk menunjukkan minat dan semangat kita terhadap perusahaan yang kita lamar. Berikan alasan mengapa kita tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut dan bagaimana kita dapat memberikan kontribusi yang berarti. Menulis surat lamaran kerja yang penuh gairah akan menunjukkan dedikasi kita dan dapat membedakan kita dari kandidat lainnya.

Dalam dunia kerja yang kompetitif, surat lamaran kerja yang menarik perhatian sangat penting untuk meningkatkan peluang kita dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan bahasa yang kreatif dan persuasif, kita dapat membuat surat lamaran kerja yang baru lulus sekolah yang tidak hanya menarik, tetapi juga mampu menggambarkan potensi dan kualitas kita sebagai calon karyawan yang sangat berharga.

Lamaran

Pengenalan

Masa lulus sekolah adalah momen yang penting dalam hidup seorang pelajar. Setelah menyelesaikan studi, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah dokumen yang digunakan untuk mempresentasikan diri kepada calon pemberi kerja dan menjelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar.

Persiapan Sebelum Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

  1. Mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang Anda lamar. Mengetahui profil perusahaan akan membantu Anda menyusun surat lamaran yang relevan dan menunjukkan minat Anda terhadap perusahaan tersebut.
  2. Menentukan posisi yang ingin Anda lamar. Pilihlah posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan minat Anda.
  3. Mengumpulkan semua dokumen yang dibutuhkan, seperti CV, ijazah, sertifikat, dan foto terbaru.

Surat

Struktur Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja umumnya terdiri dari tiga bagian utama:

  1. Pembukaan: Berisi informasi kontak Anda dan alamat perusahaan yang Anda lamar.
  2. Isi surat: Merupakan inti dari surat lamaran yang berisi pengenalan diri, motivasi Anda untuk melamar pekerjaan, serta penjelasan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.
  3. Penutup: Berisi kalimat penutup, ucapan terima kasih, dan harapan untuk mendapatkan kesempatan wawancara.

Tata Bahasa dan Ejaan yang Benar

Pada saat menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar. Perhatikan penggunaan huruf kapital pada awal kata, tanda baca yang sesuai, serta penempatan tanda baca dan spasi dengan tepat. Jika perlu, mintalah bantuan orang lain untuk memeriksa kesalahan-kesalahan tersebut.

Tata

Gunakan Bahasa yang Formal dan Sopan

Penting untuk menggunakan bahasa yang formal dan sopan dalam surat lamaran kerja. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai atau informal. Pilih kata-kata yang tepat dan hindari penggunaan kata-kata yang kasar atau menyinggung.

Penekanan pada Kualifikasi dan Pengalaman

Dalam surat lamaran kerja, berikan penekanan pada kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan secara singkat mengenai pendidikan Anda, keahlian yang dimiliki, serta pengalaman kerja atau magang yang pernah Anda jalani yang dapat mendukung kemampuan Anda untuk menjalankan tugas di posisi tersebut.

Kualifikasi

Penulisan yang Jelas dan Singkat

Surat lamaran kerja sebaiknya ditulis dengan jelas dan singkat. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan rumit. Gunakan paragraf yang terpisah untuk setiap poin penting yang ingin Anda sampaikan. Pastikan bahwa isi surat mudah dipahami oleh pembaca.

Edit dan Koreksi Surat Lamaran Kerja

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, luangkan waktu untuk melakukan edit dan koreksi. Periksa tata bahasa, ejaan, serta kesalahan pengetikan. Pastikan bahwa surat lamaran kerja terlihat profesional dan bebas dari kesalahan.

Edit

Contoh Surat Lamaran Kerja Baru Lulus Sekolah

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja baru lulus sekolah yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

Contoh

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja baru lulus sekolah adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan. Dengan melakukan persiapan yang matang, menggunakan bahasa yang formal dan sopan, serta menekankan kualifikasi dan pengalaman yang relevan, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Baru Lulus Sekolah

Surat lamaran kerja adalah langkah pertama dalam mencari pekerjaan setelah lulus sekolah. Oleh karena itu, penting untuk menulis pengantar yang menarik agar menarik perhatian pihak perusahaan yang Anda lamar. Buatlah pengantar yang singkat namun informatif, sehingga memancing ketertarikan pembaca untuk membaca selanjutnya.

1. Menulis Pengantar yang Menarik

Salah satu cara untuk membuat pengantar yang menarik adalah dengan menggunakan kalimat pembuka yang unik dan mencolok. Anda bisa memulainya dengan sebuah pertanyaan atau pernyataan yang menarik perhatian pembaca. Misalnya, Apakah Anda sedang mencari karyawan muda dan berbakat? Saya adalah orang yang tepat untuk Anda! Dengan pengantar yang menarik, pembaca akan tertarik untuk membaca surat lamaran Anda secara keseluruhan.

2. Menyusun Riwayat Hidup yang Tepat

Riwayat hidup merupakan bagian penting dalam surat lamaran kerja. Pastikan Anda menyusunnya dengan rapi dan jelas. Tuliskan pengalaman pendidikan, keterampilan, serta prestasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Hindari penggunaan bahasa teknis yang sulit dipahami oleh pihak perusahaan. Gunakan kalimat yang singkat dan padat untuk menjelaskan pengalaman dan prestasi Anda.

3. Menonjolkan Keunikan Diri Anda

Jangan takut untuk menunjukkan keunikan diri Anda dalam surat lamaran kerja. Ceritakan pengalaman, hobi, atau minat pribadi yang dapat membedakan Anda dari pelamar lainnya. Misalnya, jika Anda memiliki hobi menulis, ceritakan tentang pengalaman menulis dan karya-karya yang pernah Anda hasilkan. Hal ini akan membuat surat lamaran Anda lebih personal dan istimewa dalam pandangan pihak perusahaan.

4. Menjelaskan Alasan Memilih Posisi yang Dilamar

Sertakan penjelasan yang jelas mengapa Anda memilih posisi yang dilamar. Apakah karena ketertarikan terhadap bidang tersebut, keinginan untuk mengembangkan kemampuan, atau melihat peluang karir yang menjanjikan di perusahaan tersebut. Berikan argumentasi yang kuat dan meyakinkan mengapa Anda adalah pilihan yang tepat untuk posisi tersebut.

5. Menyebutkan Pengalaman Magang atau Pekerjaan Sebelumnya

Jika Anda memiliki pengalaman magang atau pekerjaan sebelumnya yang relevan dengan posisi yang dilamar, jangan ragu untuk menyebutkannya dalam surat lamaran. Jelaskan tugas-tugas yang pernah Anda lakukan, pencapaian yang telah Anda raih, serta pelajaran yang telah Anda dapatkan. Hal ini akan menambah nilai tambah pada surat lamaran Anda.

6. Menyertakan Referensi dari Dosen atau Pengajar

Jika Anda memiliki referensi dari dosen atau pengajar, sertakan dalam surat lamaran kerja. Referensi ini dapat memberikan gambaran positif mengenai karakter dan kualitas pribadi Anda. Pastikan Anda mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum menyertakan referensi tersebut.

7. Menunjukkan Antusiasme terhadap Perusahaan

Tunjukkan antusiasme Anda terhadap perusahaan yang Anda lamar. Ceritakan mengapa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut, bagaimana visi dan misi perusahaan cocok dengan nilai-nilai dan tujuan hidup Anda. Pihak perusahaan akan melihat antusiasme Anda sebagai motivasi yang kuat untuk berkontribusi dalam perusahaan.

8. Menjaga Teks Surat Lamaran dalam Batas Waktu yang Ditetapkan

Pastikan Anda menulis surat lamaran dalam batas waktu yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan. Jangan mengulur waktu hingga batas akhir, karena ini akan memberikan kesan bahwa Anda kurang serius dalam mencari pekerjaan. Tunjukkan ketepatan waktu Anda dengan mengirimkan surat lamaran sesegera mungkin.

9. Konsisten dalam Penggunaan Kata dan Gaya Bahasa

Periksa kembali surat lamaran kerja Anda untuk memastikan Anda konsisten dalam penggunaan kata dan gaya bahasa. Hindari pengulangan kata atau frasa yang sama terlalu sering, dan pastikan bahasa yang Anda gunakan profesional dan sopan. Periksa juga ejaan dan tata bahasa guna memberikan kesan yang baik.

10. Mengakhiri Surat dengan Tegas

Tutup surat lamaran Anda dengan kalimat yang tegas dan memastikan bahwa Anda menyatakan kesiapan untuk dihubungi dan menjalani proses seleksi lebih lanjut. Sertakan nomor telepon dan alamat email yang mudah dihubungi, serta ucapan terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Assalamualaikum, semuanya! Saya ingin bercerita tentang cara membuat surat lamaran kerja setelah baru lulus sekolah. Surat lamaran kerja adalah langkah awal yang penting untuk memulai karier profesional kita. Mari kita pelajari bersama!

Poin 1: Tentukan Format Surat Lamaran Kerja

1. Buatlah surat lamaran kerja dengan format yang jelas dan terstruktur.

2. Tulis tanggal, nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email di bagian atas surat.

3. Selanjutnya, tuliskan alamat perusahaan yang dituju beserta nama penerima surat.

Poin 2: Isi Surat Lamaran Kerja dengan Informasi Penting

1. Mulailah dengan menyebutkan posisi pekerjaan yang Anda lamar dan di mana Anda mengetahui tentang lowongan tersebut.

2. Jelaskan pendidikan terakhir Anda, termasuk nama sekolah dan jurusan yang Anda ambil.

3. Sertakan pengalaman kerja atau magang yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

4. Jelaskan keterampilan yang Anda miliki dan bagaimana keterampilan tersebut dapat berkontribusi pada perusahaan.

Poin 3: Tampilkan Motivasi dan Keahlian Anda

1. Ungkapkan motivasi Anda untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

2. Jelaskan keahlian khusus yang Anda miliki dan bagaimana keahlian tersebut dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya.

3. Jangan lupa untuk menambahkan informasi tentang minat dan hobi Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Poin 4: Tutup Surat dengan Penuh Hormat

1. Akhiri surat dengan kalimat penutup yang sopan, misalnya Hormat saya, atau Terima kasih atas perhatian Anda.

2. Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran kerja Anda di bawah kalimat penutup tersebut.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat surat lamaran kerja setelah baru lulus sekolah. Ingatlah untuk selalu menjaga kesopanan dan kerapihan dalam penulisan surat. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam mencari pekerjaan!

Selamat datang kembali, para pembaca setia blog ini! Kami sangat senang bisa berbagi informasi dengan Anda semua. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat surat lamaran kerja setelah baru lulus sekolah. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan pertama setelah menyelesaikan pendidikan, artikel ini sangat cocok untuk Anda baca.

Pertama-tama, penting bagi Anda untuk menulis surat lamaran kerja yang menarik dan profesional. Pastikan Anda menuliskan nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda dengan jelas di bagian atas surat. Setelah itu, tuliskan juga nama perusahaan yang Anda tuju serta alamatnya. Jangan lupa sertakan tanggal penulisan surat lamaran kerja ini.

Setelah memasukkan data-data pribadi, lanjutkan dengan memperkenalkan diri secara singkat. Ceritakan mengenai pendidikan yang Anda tempuh, seperti lulusan dari sekolah mana dan jurusan apa yang telah Anda ambil. Jika Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, baik itu magang atau pekerjaan paruh waktu selama di sekolah, sertakan juga informasi tersebut dalam surat lamaran kerja Anda. Hal ini dapat memberikan nilai tambah pada CV Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk menjelaskan mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Berikan alasan yang jujur dan relevan, seperti ketertarikan terhadap industri perusahaan atau kecocokan nilai-nilai perusahaan dengan diri Anda. Menunjukkan minat dan pengetahuan yang mendalam tentang perusahaan akan memberikan kesan positif kepada pihak yang membaca surat lamaran kerja Anda.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan setelah baru lulus sekolah. Jangan lupa untuk selalu menjaga semangat dan tetap berusaha. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Pertanyaan 1: Apa yang harus saya cantumkan dalam surat lamaran kerja setelah lulus sekolah?

Jawaban 1:

  1. Sertakan informasi pribadi lengkap, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  2. Tuliskan tanggal saat mengirim surat lamaran.
  3. Sertakan salam pembuka yang sopan, seperti Kepada Yth.
  4. Jelaskan tujuan Anda dalam surat lamaran, yaitu melamar pekerjaan setelah lulus sekolah.
  5. Deskripsikan pendidikan dan kualifikasi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  6. Jelaskan pengalaman kerja atau magang yang Anda miliki (jika ada).
  7. Sertakan motivasi Anda untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.
  8. Akhiri surat dengan kalimat penutup yang sopan, seperti Hormat saya diikuti dengan tanda tangan dan nama lengkap Anda.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang menarik setelah lulus sekolah?

Jawaban 2:

  • Gunakan gaya penulisan yang jelas, terstruktur, dan mudah dibaca.
  • Buatlah paragraf pendahuluan yang menarik untuk menarik perhatian perekrut.
  • Tunjukkan minat dan pengetahuan Anda tentang perusahaan yang Anda lamar.
  • Kaitkan kualifikasi dan pengalaman Anda dengan kebutuhan perusahaan.
  • Jelaskan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi positif kepada perusahaan.
  • Sertakan contoh prestasi atau proyek yang menunjukkan kemampuan Anda.
  • Gunakan bahasa yang sopan, tetapi tetap tunjukkan kepribadian dan kreativitas Anda.
  • Perhatikan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang benar.

Pertanyaan 3: Apakah saya perlu melampirkan CV dalam surat lamaran kerja setelah lulus sekolah?

Jawaban 3:

Iya, sangat disarankan untuk melampirkan CV (Curriculum Vitae) dalam surat lamaran kerja setelah lulus sekolah. CV akan memberikan informasi lebih detail tentang pendidikan Anda, pengalaman kerja (jika ada), keterampilan, serta prestasi yang telah Anda capai. CV juga membantu perekrut memahami secara lebih lengkap mengenai profil Anda. Pastikan CV Anda terstruktur dengan baik dan ringkas, sehingga mudah dibaca dan menarik minat perekrut.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang unik dan kreatif setelah lulus sekolah?

Jawaban 4:

  • Gunakan gaya penulisan yang cerdas dan penuh gairah.
  • Cari tahu tentang budaya perusahaan yang Anda lamar, dan sesuaikan gaya penulisan dengan itu.
  • Tambahkan elemen kreatif, seperti ilustrasi atau desain yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  • Gunakan kalimat-kalimat yang kuat dan menggambarkan dengan jelas keahlian dan bakat Anda.
  • Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda telah mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam situasi nyata.
  • Sertakan rasa humor yang tepat jika sesuai dengan budaya perusahaan tersebut.
  • Gunakan bahasa yang unik namun tetap profesional dan sopan.

Video Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Baru Lulus Sekolah

Visit Video