Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bumn

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bumn

Cara membuat surat lamaran kerja BUMN yang baik dan menarik agar mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan milik negara.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bumn

1. Mengenal Profil Perusahaan
Anda harus memulai surat lamaran kerja BUMN dengan mengenal profil perusahaan. Lakukan riset mendalam tentang BUMN yang ingin Anda lamar, termasuk sejarah, visi misi, dan lini bisnis utama perusahaan tersebut.

2. Menyusun Informasi Pribadi
Pada bagian ini, jelaskan secara singkat tentang diri Anda, termasuk nama, alamat, kontak telepon, dan email. Sertakan juga data-data penting lainnya seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, serta keahlian yang relevan dengan posisi yang dibutuhkan.

3. Menyampaikan Alasan Melamar
Berikan penjelasan yang jelas dan kreatif mengapa Anda tertarik bekerja di BUMN tersebut. Sampaikan juga alasan mengapa Anda merasa cocok untuk posisi yang sedang dibuka.

4. Menyebutkan Keunggulan Pribadi
Buktikan kepada pihak BUMN bahwa Anda memiliki kualifikasi khusus yang membedakan Anda dari pelamar lainnya. Ajukan argumen kuat tentang apa yang membuat Anda unik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

5. Menyampaikan Pengalaman Kerja
Jelaskan secara singkat pengalaman kerja terkait yang Anda miliki dan kemampuan yang berhasil Anda kembangkan selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Sertakan prestasi atau proyek khusus yang memperkuat kredibilitas Anda.

6. Menyusun Portofolio
Jika bidang pekerjaan yang Anda lamar memerlukan portofolio karya, sertakan contoh-contoh terbaik yang relevan dengan posisi tersebut. Jelaskan secara singkat setiap karya tersebut dan bagaimana karya tersebut memperlihatkan keterampilan Anda yang berguna bagi perusahaan.

7. Menyertakan Rekomendasi
Jika Anda memiliki rekomendasi dari atasan atau kolega sebelumnya, sertakan dalam surat lamaran. Rekomendasi ini akan dapat memperkuat aplikasi Anda dan memberikan gambaran positif tentang kemampuan dan integritas Anda.

8. Menyampaikan Kesiapan
Jelaskan dengan jelas kesiapan Anda untuk bergabung dengan perusahaan. Sertakan keinginan Anda untuk berkembang dan kontribusi yang dapat Anda berikan.

9. Menyebutkan Keahlian Tambahan
Jika Anda memiliki keahlian tambahan yang relevan dengan posisi yang dilamar, sebutkan dalam surat lamaran. Misalnya, keahlian dalam penggunaan program komputer tertentu atau pemahaman yang mendalam tentang dunia perbankan.

10. Mengakhiri dengan Ungkapan Terima Kasih
Akhirilah surat lamaran Anda dengan sopan dan profesional dengan ungkapan terima kasih atas kesempatan untuk melamar dan kemungkinan diundang untuk wawancara. Jangan lupa untuk mencantumkan salam penutup dan tanda tangan di bawahnya.

Semoga tips ini membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja BUMN yang menarik perhatian dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut. Sukses!

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)? Jika iya, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat! Surat lamaran kerja BUMN adalah langkah pertama yang penting dalam meraih kesempatan berkarir di lembaga ini. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian pihak BUMN bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat surat lamaran kerja BUMN yang kreatif dan efektif. Dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik serta penambahan kata-kata transisi yang tepat, Anda akan dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di BUMN yang Anda impikan.

Surat

Pendahuluan

Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan ketika akan melamar pekerjaan, termasuk melamar di perusahaan BUMN. Surat ini berfungsi sebagai pengantar untuk memperkenalkan diri dan mengungkapkan minat serta kualifikasi kita terhadap posisi yang dilamar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara membuat surat lamaran kerja BUMN yang baik dan benar.

Aturan Umum Membuat Surat Lamaran Kerja BUMN

Sebelum memulai menulis surat lamaran kerja BUMN, ada beberapa aturan umum yang perlu diperhatikan:

  • Surat lamaran kerja harus ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Gunakan format surat resmi dengan menyebutkan alamat, tanggal, serta ditujukan kepada pihak yang berwenang.
  • Jelaskan tujuan dan alasan mengapa kita tertarik untuk bekerja di BUMN tersebut.
  • Sertakan informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, serta kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  • Sebaiknya gunakan font dan ukuran huruf yang konsisten dan mudah dibaca.
  • Periksa kembali tata bahasa, ejaan, dan kesalahan penulisan sebelum mengirimkan surat lamaran.

Subyek Surat Lamaran Kerja BUMN

Subyek

Subyek surat lamaran kerja BUMN merupakan bagian yang penting dalam surat tersebut. Subyek ini berfungsi sebagai judul atau ringkasan dari isi surat lamaran kita. Beberapa tips dalam menulis subyek surat lamaran kerja BUMN:

  • Pastikan subyek surat mencantumkan nama lengkap dan posisi yang dilamar.
  • Gunakan kata-kata yang jelas dan singkat untuk memudahkan penerima surat dalam mengidentifikasi maksud dan tujuan surat.
  • Hindari menggunakan subyek yang terlalu umum atau tidak relevan dengan posisi yang dilamar.

Paragraf Pembuka

Paragraf

Paragraf pembuka dalam surat lamaran kerja BUMN berfungsi untuk memperkenalkan diri dan menyebutkan posisi yang ingin dilamar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam paragraf pembuka:

  • Sebutkan nama lengkap, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi.
  • Jelaskan alasan mengapa kita tertarik untuk bekerja di BUMN tersebut.
  • Tunjukkan pengetahuan kita tentang perusahaan BUMN, termasuk visi, misi, dan nilai-nilai yang dimiliki.
  • Sebutkan posisi yang dilamar dan sertakan informasi tentang sumber informasi lowongan pekerjaan.

Paragraf Pengalaman dan Pendidikan

Paragraf

Paragraf ini berfungsi untuk menjelaskan pengalaman kerja dan pendidikan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Beberapa tips dalam menulis paragraf pengalaman dan pendidikan:

  • Susun secara kronologis pengalaman kerja dan pendidikan kita.
  • Sertakan informasi tentang perusahaan atau institusi tempat kita bekerja atau belajar.
  • Highlight pencapaian atau proyek penting yang pernah kita lakukan.
  • Hubungkan pengalaman dan pendidikan kita dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan BUMN.

Paragraf Kualifikasi dan Kemampuan

Paragraf

Paragraf ini digunakan untuk menyoroti kualifikasi dan kemampuan kita yang relevan dengan posisi yang dilamar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam paragraf ini:

  • Jelaskan kualifikasi pendidikan atau sertifikasi yang dimiliki.
  • Tunjukkan kemampuan teknis atau keahlian yang dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan BUMN.
  • Sertakan juga soft skills atau kemampuan interpersonal yang kita miliki.
  • Jelaskan bagaimana kualifikasi dan kemampuan kita dapat mendukung tujuan perusahaan BUMN.

Paragraf Penutup

Paragraf

Paragraf penutup dalam surat lamaran kerja BUMN digunakan untuk menyimpulkan surat dan mengungkapkan harapan kita. Beberapa tips dalam menulis paragraf penutup:

  • Singkatkan poin-poin penting yang telah disampaikan sebelumnya.
  • Ungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melamar.
  • Sebutkan bahwa kita siap untuk menghadiri wawancara atau seleksi berikutnya jika diberikan kesempatan.
  • Tunjukkan kepercayaan diri dan semangat untuk berkontribusi di perusahaan BUMN tersebut.

Penutup

Demikianlah cara membuat surat lamaran kerja BUMN yang baik dan benar. Pastikan untuk selalu menyesuaikan surat lamaran dengan posisi yang dilamar dan perusahaan yang dituju. Jangan lupa untuk mencermati tata bahasa, ejaan, dan format penulisan agar surat lamaran kita terlihat profesional dan menarik bagi pihak penerima. Semoga berhasil dalam melamar pekerjaan di BUMN!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja BUMN yang Menarik dan Efektif

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)? Membuat surat lamaran yang baik dan menarik perhatian adalah langkah pertama yang penting untuk meningkatkan peluang Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut. Berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat surat lamaran kerja BUMN yang efektif:

1. Mengenal Profil Perusahaan

Anda harus memulai surat lamaran kerja BUMN dengan mengenal profil perusahaan. Lakukan riset mendalam tentang BUMN yang ingin Anda lamar, termasuk sejarah, visi misi, dan lini bisnis utama perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu Anda dalam menyusun surat lamaran yang sesuai dengan nilai dan kebutuhan perusahaan.

2. Menyusun Informasi Pribadi

Pada bagian ini, jelaskan secara singkat tentang diri Anda, termasuk nama, alamat, kontak telepon, dan email. Sertakan juga data-data penting lainnya seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, serta keahlian yang relevan dengan posisi yang dibutuhkan. Pastikan informasi pribadi yang Anda sampaikan akurat dan terbaru.

3. Menyampaikan Alasan Melamar

Berikan penjelasan yang jelas dan kreatif mengapa Anda tertarik bekerja di BUMN tersebut. Jelaskan alasan mengapa perusahaan tersebut menarik bagi Anda dan bagaimana Anda dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan. Sampaikan juga alasan mengapa Anda merasa cocok untuk posisi yang sedang dibuka.

4. Menyebutkan Keunggulan Pribadi

Buktikan kepada pihak BUMN bahwa Anda memiliki kualifikasi khusus yang membedakan Anda dari pelamar lainnya. Ajukan argumen kuat tentang apa yang membuat Anda unik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ceritakan pengalaman atau prestasi yang menunjukkan keunggulan pribadi Anda dalam bidang yang relevan.

5. Menyampaikan Pengalaman Kerja

Jelaskan secara singkat pengalaman kerja terkait yang Anda miliki dan kemampuan yang berhasil Anda kembangkan selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Sertakan prestasi atau proyek khusus yang memperkuat kredibilitas Anda. Jelaskan bagaimana pengalaman kerja Anda dapat diterapkan dalam konteks pekerjaan di BUMN tersebut.

6. Menyusun Portofolio

Jika bidang pekerjaan yang Anda lamar memerlukan portofolio karya, sertakan contoh-contoh terbaik yang relevan dengan posisi tersebut. Jelaskan secara singkat setiap karya tersebut dan bagaimana karya tersebut memperlihatkan keterampilan Anda yang berguna bagi perusahaan. Pastikan portofolio Anda disusun dengan rapi dan mudah dimengerti.

7. Menyertakan Rekomendasi

Jika Anda memiliki rekomendasi dari atasan atau kolega sebelumnya, sertakan dalam surat lamaran. Rekomendasi ini akan dapat memperkuat aplikasi Anda dan memberikan gambaran positif tentang kemampuan dan integritas Anda. Pastikan rekomendasi yang Anda sertakan relevan dengan posisi yang dilamar.

8. Menyampaikan Kesiapan

Jelaskan dengan jelas kesiapan Anda untuk bergabung dengan perusahaan. Sertakan keinginan Anda untuk berkembang dan kontribusi yang dapat Anda berikan. Tunjukkan bahwa Anda siap untuk menghadapi tantangan di BUMN tersebut dan bersedia belajar serta bekerja keras untuk mencapai tujuan perusahaan.

9. Menyebutkan Keahlian Tambahan

Jika Anda memiliki keahlian tambahan yang relevan dengan posisi yang dilamar, sebutkan dalam surat lamaran. Misalnya, keahlian dalam penggunaan program komputer tertentu atau pemahaman yang mendalam tentang dunia perbankan. Berikan contoh konkret tentang bagaimana keahlian tambahan Anda dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

10. Mengakhiri dengan Ungkapan Terima Kasih

Akhirilah surat lamaran Anda dengan sopan dan profesional dengan ungkapan terima kasih atas kesempatan untuk melamar dan kemungkinan diundang untuk wawancara. Jangan lupa untuk mencantumkan salam penutup dan tanda tangan di bawahnya. Pastikan surat lamaran Anda terlihat rapi dan mudah dibaca.

Semoga tips ini membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja BUMN yang menarik perhatian dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut. Sukses!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja BUMN

Saat ini, banyak orang yang bermimpi untuk bekerja di perusahaan BUMN. Bagaimana tidak, perusahaan BUMN merupakan perusahaan yang besar, stabil, dan memiliki banyak keuntungan. Untuk melamar pekerjaan di BUMN, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian. Berikut adalah cara membuat surat lamaran kerja BUMN:

  1. Tulis alamat lengkap Anda di pojok kanan atas surat lamaran. Tuliskan nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, dan alamat email yang aktif.
  2. Setelah itu, tuliskan alamat perusahaan BUMN yang dituju di sebelah kiri bawah surat lamaran. Tuliskan nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon.
  3. Selanjutnya, tuliskan tanggal pembuatan surat lamaran di sebelah kanan atas surat lamaran.
  4. Kemudian, tuliskan salam pembuka dengan menyebutkan nama penerima lamaran kerja. Jika tidak mengetahui nama penerima lamaran, gunakan kalimat umum seperti Kepada Yth. Tim Rekrutmen BUMN.
  5. Setelah salam pembuka, mulailah paragraf pertama dengan menuliskan tujuan Anda melamar pekerjaan di BUMN tersebut. Jelaskan alasan mengapa Anda tertarik bekerja di BUMN dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang berharga.
  6. Pada paragraf kedua, jelaskan pengalaman kerja atau pendidikan Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar. Sebutkan prestasi atau proyek yang pernah Anda kerjakan dan bagaimana hal tersebut dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan BUMN.
  7. Setelah itu, pada paragraf ketiga, sampaikan motivasi Anda untuk bergabung dengan perusahaan BUMN. Jelaskan mengapa Anda percaya bahwa perusahaan BUMN merupakan tempat yang tepat bagi Anda untuk mengembangkan karir dan mencapai tujuan pribadi.
  8. Terakhir, buatlah penutup yang singkat namun memikat. Sampaikan harapan Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan.

Demikianlah cara membuat surat lamaran kerja BUMN yang baik. Selain mengikuti langkah-langkah di atas, pastikan juga surat lamaran Anda ditulis dengan tata bahasa yang baik dan rapi. Gunakan kalimat yang jelas dan ringkas agar penerima lamaran dapat dengan mudah memahami isi surat. Jangan lupa untuk menyertakan CV atau curriculum vitae lengkap dengan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Anda.

Dengan surat lamaran kerja BUMN yang menarik dan terstruktur dengan baik, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan BUMN akan semakin besar. Semoga sukses dalam menjalani proses seleksi dan mendapatkan pekerjaan impian di BUMN!

Selamat datang, para pengunjung blog yang terhormat! Kami sangat senang dapat berbagi informasi dengan Anda tentang cara membuat surat lamaran kerja untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda membuat surat lamaran yang menarik perhatian perekrut. Jadi, jika Anda sedang mencari pekerjaan di BUMN, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai!

Pertama-tama, penting untuk menyusun surat lamaran yang rapi dan terstruktur dengan baik. Mulailah dengan mencantumkan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon, dan surel di bagian atas surat. Kemudian, sampaikan salam pembuka yang sopan seperti Hormat Saya atau Salam Sejahtera. Setelah itu, jelaskan tujuan Anda dalam surat ini, yaitu melamar pekerjaan di BUMN tertentu. Pastikan untuk menyebutkan nama perusahaan dan posisi yang Anda inginkan.

Selanjutnya, pada paragraf berikutnya, jelaskan pengalaman dan kualifikasi Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Gunakan kalimat yang jelas dan singkat untuk menjelaskan pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mengaitkannya dengan persyaratan pekerjaan yang tercantum dalam iklan lowongan kerja. Ini akan menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda telah melakukan riset dan memahami apa yang mereka cari.

Terakhir, untuk mengakhiri surat lamaran Anda, sampaikan apresiasi Anda kepada perekrut atas waktu dan perhatian mereka. Jelaskan bahwa Anda sangat antusias untuk berkontribusi dalam perusahaan BUMN tersebut dan siap untuk menghadapi tantangan yang ada. Berikan informasi kontak Anda sekali lagi di bagian akhir surat, sehingga perekrut dapat dengan mudah menghubungi Anda untuk langkah selanjutnya.

Dengan mengikuti panduan ini, kami harap Anda dapat membuat surat lamaran kerja BUMN yang memukau. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan surat lamaran Anda dengan posisi yang Anda lamar, dan jangan lupa untuk memeriksanya secara teliti sebelum mengirimkannya. Semoga berhasil dalam pencarian pekerjaan Anda dan terima kasih telah mengunjungi blog kami!

1. Apa langkah-langkah dalam membuat surat lamaran kerja BUMN?

Jawaban:

  1. Pastikan Anda memiliki informasi yang lengkap tentang perusahaan BUMN yang Anda lamar.
  2. Tuliskan identitas lengkap Anda, termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan surel.
  3. Tambahkan tanggal pembuatan surat di sudut kanan atas.
  4. Sertakan salam pembuka yang sopan, seperti Kepada Yth. atau Dengan Hormat,.
  5. Jelaskan tujuan Anda dalam melamar pekerjaan di BUMN tersebut.
  6. Sampaikan pengalaman kerja atau pendidikan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  7. Sebutkan alasan mengapa Anda tertarik bekerja di BUMN tersebut.
  8. Terangkan kemampuan atau kualifikasi khusus yang Anda miliki yang dapat mendukung posisi yang Anda inginkan.
  9. Akhiri surat dengan kalimat penutup yang sopan, seperti Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
  10. Tandatangani surat lamaran dengan tinta hitam di bawah kalimat penutup.

2. Apakah ada contoh surat lamaran kerja BUMN yang bisa dijadikan referensi?

Jawaban:

Tentu! Anda dapat menemukan contoh-contoh surat lamaran kerja BUMN di internet atau buku panduan melamar kerja. Pastikan Anda menyesuaikan isinya dengan informasi dan posisi yang Anda lamar.

3. Berapa jumlah kata yang ideal dalam surat lamaran kerja BUMN?

Jawaban:

Sebaiknya, surat lamaran kerja BUMN memiliki panjang sekitar 250-350 kata. Usahakan untuk menyampaikan informasi yang relevan dan penting secara singkat dan jelas.

4. Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja BUMN yang menarik perhatian perekrut?

Jawaban:

  1. Gunakan bahasa yang formal dan sopan dalam menyampaikan informasi.
  2. Tunjukkan minat dan pengetahuan Anda tentang perusahaan BUMN tersebut.
  3. Sesuaikan surat lamaran dengan posisi yang Anda lamar dan tampilkan keahlian atau pengalaman yang relevan.
  4. Buat surat lamaran yang rapi dan mudah dibaca dengan menggunakan font dan format yang sederhana namun profesional.
  5. Perhatikan tata letak surat lamaran sehingga terlihat terstruktur dan mudah dipahami.
  6. Gunakan kalimat yang persuasif untuk menjelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.
  7. Jangan lupa untuk mencantumkan data kontak yang dapat dihubungi dengan mudah.

5. Apakah surat lamaran kerja BUMN harus ditulis tangan atau dapat menggunakan komputer?

Jawaban:

Saat ini, kebanyakan surat lamaran kerja BUMN dapat dibuat dengan menggunakan komputer dan dicetak. Namun, jika ada persyaratan khusus yang mengharuskan surat lamaran ditulis tangan, pastikan tulisan Anda rapi dan mudah dibaca.

Video Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bumn

Visit Video