Cara Screenshot Di Laptop Tanpa Snipping Tool

Cara Screenshot Di Laptop Tanpa Snipping Tool

Cara screenshot di laptop tanpa snipping tool. Pelajari langkah-langkah mudah untuk mengambil tangkapan layar di laptop Anda.

Cara Screenshot Di Laptop Tanpa Snipping Tool

1. Cek Tombol Print Screen
Jika Anda ingin mengambil screenshot di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool, Anda dapat mencoba menggunakan kombinasi tombol Print Screen. Biasanya, tombol ini terletak di bagian atas keyboard laptop Anda. Tekan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot seluruh layar.

2. Tombol Alt + Print Screen
Menggunakan tombol Alt + Print Screen akan memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot hanya dari jendela yang aktif. Caranya adalah dengan menekan tombol Alt dan kemudian tombol Print Screen secara bersamaan. Hasil screenshot akan disimpan di clipboard Anda.

3. Gunakan Tombol Windows + Print Screen
Jika Anda ingin langsung menyimpan screenshot ke folder khusus di laptop Anda, gunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Dengan menekan kedua tombol tersebut bersamaan, screenshot akan secara otomatis disimpan dalam folder “Gambar” di direktori “Pictures” laptop Anda.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Selain Snipping Tool, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Beberapa aplikasi populer termasuk Lightshot, Greenshot, atau PicPick. Cari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal di laptop Anda.

5. Gunakan Fitur Screenshot Bawaan
Beberapa laptop dilengkapi dengan fitur screenshot bawaan. Misalnya, beberapa laptop ASUS memiliki aplikasi bernama “Screen Capture” yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah. Cek apakah laptop Anda memiliki fitur serupa dan temukan cara menggunakannya.

6. Gunakan Aplikasi Edit Foto
Jika Anda tidak ingin menggunakan Snipping Tool atau aplikasi screenshot lainnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi edit foto yang umum digunakan seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau Paint.NET. Buka aplikasi tersebut, lalu buka jendela yang ingin Anda screenshot, dan gunakan fitur “Capture” atau “Take Screenshot” yang ada di menu.

7. Coba Tekan Tombol Fn + Print Screen
Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, coba tekan kombinasi tombol Fn + Print Screen untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Beberapa laptop memiliki pengaturan khusus di mana tombol Print Screen hanya berfungsi saat dikombinasikan dengan tombol Fn.

8. Gunakan Extension Browser
Jika Anda sering melakukan screenshot pada halaman web, Anda dapat menggunakan extension browser seperti Awesome Screenshot atau Fireshot. Setelah menginstal ekstensi tersebut, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot layar penuh atau bagian tertentu dari halaman web yang sedang Anda lihat.

9. Gunakan Fitur Built-in Windows
Windows 10 memiliki fitur “Game Bar” yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot atau merekam video game. Anda dapat mengakses fitur ini dengan menekan tombol Windows + G pada keyboard Anda. Jika Anda ingin mengambil screenshot di luar game, pilih opsi “I’m not playing a game” saat muncul pemberitahuan.

10. Gunakan Aplikasi Pengambil Screenshot Online
Terakhir, jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi screenshot tambahan di laptop Anda, Anda dapat mencoba beberapa aplikasi pengambil screenshot online seperti Lightshot, Screenshot.net, atau Screenshot Guru. Cukup kunjungi situs web mereka, ikuti petunjuk yang diberikan, dan Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop tanpa Snipping Tool.

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam mengambil tangkapan layar di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara kreatif yang bisa Anda coba! Mulai dari trik sederhana hingga penggunaan tombol pintas yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya, artikel ini akan membahas semua hal menarik yang perlu Anda ketahui untuk mengambil screenshot dengan mudah dan cepat di laptop Anda. Bersiaplah untuk menjelajahi dunia screenshot yang baru dan menarik!

Cara

Memperoleh Tangkapan Layar Tanpa Snipping Tool di Laptop? Tidak Masalah!

Apakah Anda pernah ingin mengambil tangkapan layar di laptop Anda tanpa menggunakan Snipping Tool? Mungkin Anda sedang menggunakan laptop yang tidak memiliki perangkat lunak ini atau hanya ingin mencoba cara yang berbeda. Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan beberapa metode alternatif yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di laptop Anda tanpa menggunakan Snipping Tool. Simak terus!

Metode 1: Menggunakan Tombol Print Screen

Salah satu cara termudah untuk mengambil tangkapan layar di laptop adalah dengan menggunakan tombol Print Screen di keyboard. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan atas keyboard dan mungkin memiliki label PrtScn, PrntScrn, atau varian lainnya.

Tombol

Untuk menggunakan tombol ini, cukup tekan tombol Print Screen pada keyboard. Setelah itu, buka program pengeditan gambar seperti Paint atau Word, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layar ke dalam program tersebut. Anda dapat menyunting dan menyimpan gambar dengan mudah menggunakan program ini.

Metode 2: Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar jendela aktif, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen. Metode ini akan secara otomatis mengambil tangkapan layar jendela aktif dan menyalinnya ke clipboard.

Setelah itu, buka program pengeditan gambar seperti Paint atau Word, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layar ke dalam program tersebut. Anda dapat menyunting dan menyimpan gambar sesuai keinginan Anda.

Metode 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin menggunakan Snipping Tool bawaan Windows, Anda juga dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar di laptop Anda. Ada banyak aplikasi screenshot gratis yang tersedia di internet, seperti Lightshot, Greenshot, atau ShareX.

Aplikasi

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi yang Anda pilih, ikuti instruksi yang diberikan untuk mengambil tangkapan layar. Biasanya, aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Metode 4: Menggunakan Fitur Screenshot di Browser

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar dari halaman web, beberapa browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge memiliki fitur screenshot bawaan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengambil tangkapan layar langsung dari browser tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Fitur

Untuk menggunakan fitur ini, cukup buka halaman web yang ingin Anda tangkap, lalu klik kanan di area halaman tersebut dan pilih opsi Capture screenshot atau varian lainnya yang disediakan oleh browser. Gambar tangkapan layar akan otomatis disimpan di folder yang ditentukan oleh browser.

Metode 5: Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dalam bentuk video atau merekam aktivitas layar Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar seperti OBS Studio, Bandicam, atau Camtasia. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam layar laptop Anda dengan mudah dan menyimpannya dalam format video.

Aplikasi

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi perekam layar yang Anda pilih, ikuti instruksi yang diberikan untuk memulai merekam layar. Anda dapat mengatur pengaturan seperti resolusi, format video, dan lain-lain sesuai kebutuhan Anda.

Selesaikan Tugas Screenshot Tanpa Snipping Tool

Sekarang Anda memiliki beberapa metode alternatif yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di laptop Anda tanpa menggunakan Snipping Tool. Baik itu dengan menggunakan tombol keyboard, aplikasi pihak ketiga, fitur bawaan browser, atau aplikasi perekam layar, pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Cara Screenshot Di Laptop Tanpa Snipping ToolJika Anda ingin mengambil screenshot di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool, ada beberapa cara yang dapat Anda coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Print Screen. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard laptop Anda. Cukup tekan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot seluruh layar.Namun, jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela yang aktif, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen. Caranya adalah dengan menekan tombol Alt dan kemudian tombol Print Screen secara bersamaan. Hasil screenshot akan disimpan di clipboard Anda.Jika Anda ingin langsung menyimpan screenshot ke folder khusus di laptop Anda, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Dengan menekan kedua tombol tersebut bersamaan, screenshot akan secara otomatis disimpan dalam folder Gambar di direktori Pictures laptop Anda.Selain menggunakan Snipping Tool, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Beberapa aplikasi populer termasuk Lightshot, Greenshot, atau PicPick. Cari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal di laptop Anda.Beberapa laptop juga dilengkapi dengan fitur screenshot bawaan. Misalnya, beberapa laptop ASUS memiliki aplikasi bernama Screen Capture yang memudahkan Anda untuk mengambil screenshot. Cek apakah laptop Anda memiliki fitur serupa dan temukan cara menggunakannya.Jika Anda tidak ingin menggunakan Snipping Tool atau aplikasi screenshot lainnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau Paint.NET. Buka aplikasi tersebut, lalu buka jendela yang ingin Anda screenshot, dan gunakan fitur Capture atau Take Screenshot yang ada di menu.Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, coba tekan kombinasi tombol Fn + Print Screen untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Beberapa laptop memiliki pengaturan khusus di mana tombol Print Screen hanya berfungsi saat dikombinasikan dengan tombol Fn.Jika Anda sering melakukan screenshot pada halaman web, Anda dapat menggunakan extension browser seperti Awesome Screenshot atau Fireshot. Setelah menginstal ekstensi tersebut, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot layar penuh atau bagian tertentu dari halaman web yang sedang Anda lihat.Windows 10 juga memiliki fitur Game Bar yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot atau merekam video game. Anda dapat mengakses fitur ini dengan menekan tombol Windows + G pada keyboard Anda. Jika Anda ingin mengambil screenshot di luar game, pilih opsi I’m not playing a game saat muncul pemberitahuan.Terakhir, jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi screenshot tambahan di laptop Anda, Anda dapat mencoba beberapa aplikasi pengambil screenshot online seperti Lightshot, Screenshot.net, atau Screenshot Guru. Cukup kunjungi situs web mereka, ikuti petunjuk yang diberikan, dan Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop tanpa Snipping Tool.Dengan banyaknya cara yang tersedia, Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jadi, mulailah mengambil screenshot di laptop Anda dengan cepat dan mudah menggunakan cara-cara di atas.

Apakah Anda pernah mengalami kebingungan saat ingin mengambil screenshot di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool? Tenang, ada beberapa cara kreatif yang dapat Anda coba!

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan screenshot di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool:

  1. Gunakan tombol Print Screen (PrtScn) pada keyboard Anda. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas, dekat dengan tombol F12. Ketika Anda menekan tombol ini, gambar layar akan disimpan di clipboard.
  2. Setelah Anda mengambil screenshot menggunakan tombol Print Screen, buka aplikasi pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop. Anda dapat membuka aplikasi ini dengan menekan tombol Windows + R dan mengetik mspaint atau photoshop.
  3. Pada aplikasi pengedit gambar, tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan gambar yang telah Anda ambil menggunakan tombol Print Screen. Gambar layar akan muncul di area kerja aplikasi tersebut.
  4. Selanjutnya, Anda dapat mengedit gambar sesuai keinginan. Anda dapat memotong gambar, menambahkan teks, atau menerapkan efek lainnya.
  5. Setelah selesai mengedit gambar, Anda dapat menyimpannya dengan cara klik pada menu File di pojok kiri atas aplikasi pengedit gambar, lalu pilih Simpan atau Save.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengambil screenshot di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool dengan mudah dan kreatif. Jangan ragu untuk mengeksplorasi fitur-fitur pada aplikasi pengedit gambar yang Anda gunakan untuk memberikan sentuhan unik pada screenshot Anda!

Selamat datang kembali, para pengunjung setia blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara melakukan screenshot di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool. Bagi Anda yang sering bekerja dengan laptop, tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur screenshot ini. Namun, tidak semua pengguna tahu bahwa ada cara lain yang lebih mudah dan cepat untuk melakukan screenshot tanpa harus menggunakan Snipping Tool. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pertama-tama, kita perlu mengenal fitur bernama Print Screen yang terdapat pada keyboard laptop. Tombol ini biasanya ditempatkan di sebelah kanan atas, tepat di sebelah tombol F12 atau tombol Scroll Lock. Jika Anda ingin mengambil screenshot seluruh layar, cukup tekan tombol Print Screen ini. Namun, jika Anda hanya ingin mengambil screenshot pada jendela aplikasi tertentu, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen.

Setelah Anda menekan tombol Print Screen atau kombinasi tombol Alt + Print Screen, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Paint atau Word. Kemudian, tekan tombol Ctrl + V untuk melakukan paste hasil screenshot yang telah Anda ambil tadi. Selanjutnya, Anda bisa melakukan berbagai pengeditan seperti memotong gambar, menggambar, atau menambahkan teks. Setelah selesai, Anda bisa menyimpannya dengan cara klik menu File lalu pilih Save As dan tentukan lokasi serta nama file yang diinginkan.

Nah, itulah cara mudah melakukan screenshot di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan cepat mengambil screenshot sesuai kebutuhan Anda. Jadi, tidak perlu lagi repot-repot mencari dan mengunduh aplikasi tambahan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam pekerjaan sehari-hari. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami, sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan orang mengenai cara screenshot di laptop tanpa Snipping Tool adalah:

  1. Apakah ada cara lain untuk mengambil screenshot di laptop tanpa menggunakan Snipping Tool?

  2. Bagaimana caranya mengambil screenshot di laptop jika tidak ada Snipping Tool?

  3. Apa alternatif yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot di laptop?

Berikut jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menggunakan gaya dan nada suara yang kreatif:

  1. Tentu saja! Selain Snipping Tool, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol pada keyboard untuk mengambil screenshot di laptop. Cobalah menekan tombol Print Screen atau PrtScn di keyboard Anda, lalu buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop untuk menempelkan dan menyunting screenshot yang telah diambil.

  2. Jika Snipping Tool tidak tersedia di laptop Anda, jangan khawatir! Anda masih bisa menggunakan cara klasik dengan menekan tombol Print Screen atau PrtScn di keyboard. Setelah itu, buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop, lalu tempelkan dan sesuaikan screenshot yang sudah diambil.

  3. Tentu saja! Jika Anda mencari alternatif lain untuk mengambil screenshot di laptop, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, atau ShareX. Aplikasi-aplikasi ini memberikan fitur-fitur tambahan yang mungkin tidak ada pada Snipping Tool, seperti kemampuan untuk menandai, mengedit, atau berbagi screenshot secara langsung.

Video Cara Screenshot Di Laptop Tanpa Snipping Tool

Visit Video