Cara Screenshot Di Laptop Tidak Full

Cara Screenshot Di Laptop Tidak Full

Cara screenshot di laptop tanpa memotong tampilan layar penuh. Pelajari langkah-langkahnya untuk mengambil gambar layar yang diinginkan dengan mudah.

Cara Screenshot Di Laptop Tidak Full

1. Gimana sih caranya nycreenshot di laptop tapi gak full screen?
2. Cari tahu cara screenshot yang tidak memuat seluruh layar di laptopmu!
3. Berikut beberapa cara untuk melakukan screenshot sebagian layar di laptopmu.
4. Bingung caranya screenshot di laptop tapi hanya ingin mengambil sebagian layar? Ayo simak tips berikut!
5. Jika kamu ingin nycreenshot tanpa memuat keseluruhan tampilan di laptop, ini dia caranya!
6. Menangkap gambar pada laptop dengan cara tertentu, tanpa harus menampilkan seluruh layar. Simak selengkapnya di sini!
7. Bagaimana cara mengambil screenshot hanya sebagian layar di laptop? Mari temukan jawabannya di sini!
8. Tidak perlu khawatir jika ingin mengambil tangkapan layar laptop yang tidak memuat seluruh tampilan. Yuk, ikuti langkah-langkahnya!
9. Simak cara-cara menarik untuk melakukan screenshot di laptop namun hanya mengambil sebagian dari layar yang diinginkan.
10. Pelajari teknik-teknik sederhana untuk menjepret layar di laptop tanpa harus menggunakan fitur screenshot full screen.

Akhir-akhir ini, kita semua sering menggunakan laptop untuk berbagai keperluan, baik itu bekerja, belajar, atau bahkan berselancar di internet. Namun, ada momen-momen ketika kita ingin mengambil tangkapan layar (screenshot) dari tampilan di laptop kita, tetapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Jangan khawatir! Di artikel kali ini, saya akan membagikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di laptop tanpa harus memotong atau tidak full. Tunggu apa lagi? Yuk, simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

Cara

Mengapa Anda Membutuhkan Cara Screenshot Di Laptop Tidak Full?

Apakah Anda sering mengalami masalah ketika ingin mengambil tangkapan layar di laptop Anda? Bagi sebagian orang, layar tangkapan penuh mungkin tidak selalu diperlukan. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin mengambil tangkapan layar yang hanya sebagian dari tampilan layar Anda. Mungkin Anda ingin menunjukkan bagian tertentu dari halaman web, aplikasi, atau dokumen kepada orang lain. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dan mengambil tangkapan layar di laptop Anda tanpa harus memotong sebagian besar layar.

Cara Menggunakan Tombol Print Screen

Salah satu cara termudah untuk mengambil tangkapan layar di laptop Anda adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Tombol ini biasanya terletak di pojok kanan atas keyboard Anda, dan dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar penuh atau tangkapan layar sebagian. Namun, ketika Anda menggunakan tombol Print Screen, tangkapan layar yang dihasilkan akan memiliki ukuran yang sama dengan resolusi layar Anda. Jadi, jika Anda menggunakan laptop dengan resolusi tinggi, tangkapan layar penuh bisa menjadi terlalu besar dan sulit untuk dibagikan.

Tombol

Cara Mengambil Screenshot Bagian Tertentu Menggunakan Snipping Tool

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar hanya pada bagian tertentu dari tampilan layar Anda, Snipping Tool adalah alat yang sempurna untuk digunakan. Alat ini telah disediakan oleh Microsoft dan dapat ditemukan di perangkat Windows. Dengan Snipping Tool, Anda dapat mengambil tangkapan layar penuh, tangkapan layar jendela aktif, atau bahkan membuat seleksi khusus pada bagian tertentu dari tampilan layar Anda.

Snipping

Cara Menggunakan Snipping Tool:

1. Buka Snipping Tool dengan mencarinya di menu Start atau menggunakan kotak pencarian.

2. Setelah Snipping Tool terbuka, klik pada opsi New untuk memulai proses pengambilan tangkapan layar.

3. Pilih jenis tangkapan layar yang ingin Anda ambil: Penuh, Jendela Aktif, Area, atau Layar Pukul.

4. Jika Anda memilih Area, gunakan kursor mouse Anda untuk menyeleksi bagian yang ingin Anda tangkap.

5. Setelah selesai, tangkapan layar akan ditampilkan dalam jendela Snipping Tool. Anda dapat menyimpannya atau mengeditnya sebelum menyimpannya.

Cara Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak fitur dan fleksibilitas dalam mengambil tangkapan layar di laptop Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenshot, Lightshot, atau Snagit. Aplikasi ini memberikan berbagai opsi tambahan, seperti menambahkan anotasi, memotong gambar, dan mengunggah langsung ke platform berbagi file atau media sosial.

Aplikasi

Langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga:

1. Unduh dan instal aplikasi screenshot pilihan Anda dari situs resmi atau toko aplikasi.

2. Buka aplikasi setelah berhasil diinstal.

3. Biasanya, aplikasi akan memiliki ikon yang terlihat di taskbar atau tray sistem Anda. Klik ikon tersebut untuk mengakses menu aplikasi.

4. Pilih opsi tangkapan layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti tangkapan layar penuh, tangkapan layar jendela aktif, atau tangkapan layar selektif.

5. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, aplikasi biasanya akan menampilkan tampilan pratinjau dengan opsi penyesuaian dan penyimpanan.

6. Sesuaikan tangkapan layar Anda jika diperlukan dan simpan ke lokasi yang diinginkan.

Cara Menggunakan Perekam Layar

Terakhir, jika Anda ingin mengambil tangkapan layar yang bergerak atau video dari tampilan layar Anda, Anda dapat menggunakan perekam layar. Ada banyak aplikasi perekam layar gratis yang tersedia, seperti OBS Studio, ShareX, atau Bandicam. Dengan aplikasi ini, Anda dapat merekam aktivitas layar Anda dan menyimpannya sebagai file video yang dapat Anda bagikan atau edit sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi

Langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi perekam layar:

1. Unduh dan instal aplikasi perekam layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Buka aplikasi setelah berhasil diinstal.

3. Biasanya, aplikasi akan memiliki tampilan antarmuka yang intuitif dengan opsi perekaman yang jelas.

4. Atur pengaturan perekaman Anda, seperti area layar yang ingin direkam dan suara yang ingin Anda tangkap.

5. Mulai perekaman dan lakukan aktivitas layar yang ingin Anda rekam.

6. Setelah selesai, berhentikan perekaman dan simpan file video hasil rekaman Anda.

Dengan menyadari berbagai metode ini, Anda bisa mengambil tangkapan layar di laptop Anda dengan presisi yang Anda butuhkan. Mulai dari menggunakan tombol Print Screen hingga aplikasi pihak ketiga dan perekam layar, Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, tidak ada lagi masalah saat ingin berbagi tampilan layar Anda kepada orang lain.

Gimana sih caranya nycreenshot di laptop tapi gak full screen?

Bagi sebagian dari kita yang sering menggunakan laptop, mungkin ada saat-saat dimana kita hanya ingin mengambil tangkapan layar sebagian dari tampilan yang sedang kita lihat. Misalnya, kita ingin mengabadikan gambar tertentu tanpa harus menyertakan seluruh layar yang terlihat. Nah, jika kamu juga pernah merasa bingung dengan cara screenshot seperti ini, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk melakukan screenshot sebagian layar di laptopmu.

Cari tahu cara screenshot yang tidak memuat seluruh layar di laptopmu!

Untuk mengatasi kebingunganmu dalam mengambil screenshot sebagian layar di laptop, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Teknik pertama yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan tombol Print Screen pada keyboard laptopmu. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol Print Screen di keyboard untuk mengambil tangkapan layar keseluruhan, kemudian buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop. Setelah itu, tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layar yang telah kamu ambil dan potong bagian yang ingin kamu simpan.

2. Menggunakan Snipping Tool

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, kamu bisa memanfaatkan Snipping Tool yang sudah ada di dalamnya. Cukup cari Snipping Tool di menu Start atau dengan menggunakan fitur pencarian Windows. Setelah menemukannya, buka Snipping Tool dan pilih opsi New untuk memulai proses pengambilan tangkapan layar. Kamu bisa memilih apakah ingin mengambil tangkapan layar sebagian atau keseluruhan layar. Setelah selesai, gambar tangkapan layar akan muncul di jendela Snipping Tool, dan kamu dapat menyimpannya atau melakukan pengeditan lebih lanjut.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan alat bawaan seperti Print Screen dan Snipping Tool, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengambil tangkapan layar sebagian. Beberapa aplikasi populer yang bisa kamu coba adalah Lightshot, Greenshot, atau Snagit. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah menentukan area yang ingin kamu screenshot dan menyimpannya dalam berbagai format file yang kamu inginkan.

Bingung caranya screenshot di laptop tapi hanya ingin mengambil sebagian layar? Ayo simak tips berikut!

Memang, terkadang kita hanya ingin mengambil tangkapan layar sebagian dari tampilan di laptop tanpa harus memuat seluruh layar. Hal ini bisa terjadi ketika kita ingin menyorot hanya bagian tertentu yang penting atau menampilkan gambar dengan ukuran yang lebih kecil. Nah, jika kamu sedang bingung dengan cara screenshot seperti ini, yuk simak tips berikut!

1. Menggunakan Pintasan Keyboard

Pertama, kamu bisa menggunakan pintasan keyboard yang ada di laptopmu. Pada kebanyakan laptop, kamu bisa menekan tombol Alt + Print Screen untuk mengambil tangkapan layar aktif atau jendela yang sedang terbuka. Setelah itu, kamu bisa membuka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layar yang telah kamu ambil dan potong bagian yang ingin kamu simpan.

2. Menggunakan Aplikasi Screenshot

Jika kamu ingin menggunakan cara yang lebih praktis, kamu bisa mencari dan mengunduh aplikasi screenshot khusus yang tersedia di internet. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan adalah Lightshot, Greenshot, atau Snagit. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, kamu dapat menggunakannya dengan mudah. Biasanya, aplikasi ini memiliki fitur khusus yang memungkinkan kamu untuk menentukan area yang ingin diambil dan menyimpannya dalam berbagai format.

3. Menggunakan Fitur Window Snip pada Snipping Tool

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, Snipping Tool juga memiliki fitur khusus bernama Window Snip. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil tangkapan layar hanya dari jendela atau program tertentu yang sedang aktif. Caranya sangat mudah, cukup buka Snipping Tool, pilih opsi New dan pilih Window Snip. Kemudian, klik pada jendela atau program yang ingin kamu screenshot. Gambar tangkapan layar akan muncul di jendela Snipping Tool dan kamu dapat menyimpannya sesuai keinginanmu.

Jika kamu ingin nycreenshot tanpa memuat keseluruhan tampilan di laptop, ini dia caranya!

Terkadang, kita hanya ingin mengambil tangkapan layar sebagian dari tampilan di laptop tanpa harus memuat keseluruhan layar. Hal ini bisa berguna saat kita ingin menyorot hanya bagian tertentu dari sebuah halaman web atau menampilkan gambar dengan ukuran yang lebih kecil. Nah, jika kamu sedang mencari cara untuk melakukan screenshot seperti ini, simak caranya di bawah ini!

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan tombol Print Screen pada keyboard laptopmu. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol Print Screen di keyboard untuk mengambil tangkapan layar keseluruhan, kemudian buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop. Setelah itu, tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layar yang telah kamu ambil dan potong bagian yang ingin kamu simpan.

2. Menggunakan Aplikasi Screenshot

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan aplikasi screenshot yang tersedia di internet. Ada banyak aplikasi screenshot yang bisa kamu temukan dan unduh secara gratis. Beberapa aplikasi populer antara lain Lightshot, Greenshot, atau Snagit. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, kamu dapat dengan mudah menentukan area yang ingin kamu screenshot dan menyimpannya dalam berbagai format file yang kamu inginkan.

3. Menggunakan Fitur Window Snip pada Snipping Tool

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, Snipping Tool juga memiliki fitur bernama Window Snip. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil tangkapan layar hanya dari jendela atau program tertentu yang sedang aktif. Caranya sangat mudah, cukup buka Snipping Tool, pilih opsi New dan pilih Window Snip. Kemudian, klik pada jendela atau program yang ingin kamu screenshot. Gambar tangkapan layar akan muncul di jendela Snipping Tool dan kamu dapat menyimpannya sesuai keinginanmu.

Menangkap gambar pada laptop dengan cara tertentu, tanpa harus menampilkan seluruh layar. Simak selengkapnya di sini!

Ketika kita ingin mengambil tangkapan layar pada laptop, tidak selalu kita perlu menampilkan seluruh layar. Terkadang, kita hanya ingin mengambil sebagian dari tampilan yang sedang kita lihat. Jika kamu tertarik untuk mengetahui cara melakukan screenshot sebagian layar di laptopmu, simak penjelasan berikut ini!

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Salah satu cara paling umum untuk mengambil tangkapan layar di laptop adalah dengan menggunakan tombol Print Screen di keyboard. Caranya sangat sederhana, cukup tekan tombol Print Screen pada keyboard untuk mengambil tangkapan layar seluruh tampilan. Setelah itu, buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layar yang telah kamu ambil. Selanjutnya, kamu dapat memotong bagian yang ingin kamu simpan dan menyimpannya sesuai keinginanmu.

2. Menggunakan Aplikasi Screenshot

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi screenshot khusus. Ada banyak aplikasi screenshot yang bisa kamu temukan secara online, seperti Lightshot, Greenshot, atau Snagit. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, kamu dapat memilih area yang ingin kamu screenshot dan menyimpannya dalam berbagai format file yang kamu inginkan.

3. Menggunakan Fitur Window Snip pada Snipping Tool

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, Snipping Tool memiliki fitur bernama Window Snip yang memungkinkan kamu untuk mengambil tangkapan layar hanya dari jendela atau program tertentu yang sedang aktif. Caranya sangat mudah, cukup buka Snipping Tool, pilih opsi New dan pilih Window Snip. Kemudian, klik pada jendela atau program yang ingin kamu screenshot. Gambar tangkapan layar akan muncul di jendela Snipping Tool dan kamu dapat menyimpannya sesuai keinginanmu.

Bagaimana cara mengambil screenshot hanya sebagian layar di laptop? Mari temukan jawabannya di sini!

Jika kamu ingin mengambil screenshot hanya sebagian dari tampilan layar di laptopmu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Berikut adalah jawabannya!

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Teknik pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan tombol Print Screen di keyboard laptopmu. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol Print Screen pada keyboard untuk mengambil tangkapan layar keseluruhan layar. Setelah itu, buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layar yang telah kamu ambil. Selanjutnya, kamu dapat memotong bagian yang ingin kamu simpan dan menyimpannya sesuai keinginanmu.

2. Menggunakan Aplikasi Screenshot

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi screenshot khusus

Seorang mahasiswa yang sedang belajar online menghadapi masalah ketika mencoba untuk mengambil tangkapan layar di laptopnya. Ia ingin berbagi hasil tugasnya dengan teman-teman sekelasnya, tetapi ia tidak tahu bagaimana cara mengambil tangkapan layar tanpa menampilkan seluruh layar laptopnya.

Dalam keputusasaannya, mahasiswa tersebut mencari solusi melalui internet. Setelah beberapa pencarian, ia menemukan beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di laptopnya tanpa harus menampilkan seluruh layar. Berikut adalah poin-poin tentang cara tersebut:

  1. Buka aplikasi atau jendela yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  2. Tekan tombol Alt dan PrtSc (Print Screen) secara bersamaan pada keyboard laptop Anda. Tombol PrtSc biasanya terletak di sudut kanan atas keyboard.
  3. Setelah menekan tombol-tombol tersebut, buka aplikasi pengedit gambar seperti Microsoft Paint atau Adobe Photoshop.
  4. Pada aplikasi pengedit gambar, tekan tombol Ctrl dan V secara bersamaan untuk menempelkan tangkapan layar yang telah diambil.
  5. Anda dapat memotong atau mengedit tangkapan layar tersebut sesuai keinginan Anda menggunakan alat-alat pengedit gambar yang tersedia.
  6. Setelah selesai mengedit, simpan gambar tersebut dengan cara tekan tombol Ctrl dan S. Pilih lokasi penyimpanan dan nama file yang diinginkan.
  7. Gambar tangkapan layar Anda yang tidak menampilkan seluruh layar laptop sudah siap untuk dibagikan dengan teman-teman Anda!

Dengan menggunakan cara ini, mahasiswa tersebut berhasil mengambil tangkapan layar di laptopnya tanpa harus menampilkan seluruh layar. Ia senang dapat berbagi hasil tugasnya dengan teman-teman sekelasnya dan merasa lebih percaya diri dengan kemampuan baru yang ia pelajari.

Halo pembaca setia blog kami! Terima kasih sudah mengunjungi artikel kami yang berjudul Cara Screenshot Di Laptop Tidak Full. Kami berharap artikel ini telah memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Seperti yang kita ketahui, screenshot adalah salah satu fitur yang sangat berguna untuk merekam tampilan layar laptop atau komputer. Namun, terkadang masalah muncul saat tangkapan layar tidak menampilkan seluruh bagian layar yang diinginkan. Hal ini tentu dapat menjadi masalah, terutama jika Anda ingin membagikan tangkapan layar tersebut kepada orang lain.

Oleh karena itu, kami telah menyediakan panduan lengkap tentang cara mengatasi masalah ini. Pertama, pastikan Anda menggunakan metode yang tepat untuk melakukan screenshot. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan, misalnya menggunakan tombol Print Screen, tombol Windows + Print Screen, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, pastikan juga bahwa pengaturan layar laptop Anda sudah diatur dengan benar. Beberapa pengaturan yang perlu diperhatikan adalah resolusi layar, skala tampilan, dan ukuran teks. Jika pengaturan-pengaturan ini tidak sesuai, maka tangkapan layar yang dihasilkan juga tidak akan full.

Kami harap panduan ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah screenshot di laptop yang tidak full. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini. Terima kasih atas kunjungan Anda, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh orang-orang tentang cara screenshot di laptop tidak full:

  1. Bagaimana cara mengambil screenshot di laptop tanpa menampilkan seluruh layar?

    Jawab: Untuk mengambil screenshot hanya pada bagian tertentu dari layar laptop, Anda dapat menggunakan fitur crop atau pemotongan gambar. Setelah mengambil screenshot layar penuh, buka gambar tersebut dengan program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop. Kemudian, gunakan alat pemotong untuk memilih bagian yang ingin Anda ambil dan simpan hasilnya.

  2. Apakah ada aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot sebagian di laptop?

    Jawab: Ya, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengambil screenshot sebagian di laptop. Beberapa contoh aplikasi populer termasuk Lightshot, Snagit, dan Greenshot. Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi ini, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot sebagian dari layar laptop Anda.

  3. Apakah ada cara mengambil screenshot sebagian di laptop tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga?

    Jawab: Ya, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol di keyboard laptop Anda untuk mengambil screenshot sebagian. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot hanya pada jendela aktif, tekan tombol Alt + Print Screen secara bersamaan. Setelah itu, buka program pengedit gambar seperti Paint dan tekan tombol Ctrl + V untuk melekatkan gambar yang Anda ambil ke dalam program tersebut.

Dengan menggunakan suara dan nada kreatif, kami ingin memberikan jawaban yang informatif dan mudah dipahami bagi mereka yang mencari informasi mengenai cara screenshot di laptop tidak full. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dalam mengambil screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda.

Video Cara Screenshot Di Laptop Tidak Full

Visit Video