Touchpad Laptop Lenovo Tidak Berfungsi Windows 10

Touchpad Laptop Lenovo Tidak Berfungsi Windows 10

Touchpad adalah salah satu komponen penting pada laptop. Dengan touchpad, Anda dapat mengontrol kursor mouse tanpa perlu menggunakan mouse fisik. Namun, ada kalanya touchpad laptop Lenovo tidak berfungsi. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi touchpad laptop Lenovo yang tidak berfungsi di Windows 10:

Touchpad Laptop Lenovo Tidak Berfungsi Windows 10
Touchpad Laptop Lenovo Tidak Berfungsi Windows 10

1. Periksa driver touchpad.

Driver touchpad adalah perangkat lunak yang memungkinkan Windows berkomunikasi dengan touchpad. Jika driver touchpad tidak berfungsi dengan benar, touchpad mungkin tidak berfungsi. Untuk memeriksa driver touchpad, Anda dapat membuka Device Manager. Di Device Manager, cari "Human Interface Device". Jika Anda melihat "Touchpad" di bawah "Human Interface Device", klik kanan dan pilih "Update Driver Software". Windows akan mencoba mencari driver terbaru untuk touchpad Anda.

2. Aktifkan touchpad.

Pada beberapa laptop, touchpad mungkin dinonaktifkan secara default. Untuk mengaktifkan touchpad, Anda dapat membuka Settings. Di Settings, cari "Devices". Di bawah "Devices", klik "Mouse & touchpad". Pastikan "Touchpad" diaktifkan.

3. Reset touchpad.

Anda juga dapat mencoba mereset touchpad untuk mengatasi masalah yang terjadi. Untuk mereset touchpad, Anda dapat menekan dan tahan tombol FN dan tombol touchpad selama beberapa detik.

4. Matikan fitur Synaptics.

Jika Anda menggunakan laptop Lenovo dengan touchpad Synaptics, Anda dapat mencoba mematikan fitur Synaptics untuk mengatasi masalah yang terjadi. Untuk mematikan fitur Synaptics, Anda dapat membuka aplikasi Synaptics. Di aplikasi Synaptics, klik "Advanced". Di tab "Advanced", klik "Disable touchpad".

5. Perbaiki touchpad dengan menggunakan metode pemecahan masalah.

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan touchpad masih tidak berfungsi, Anda dapat mencoba memperbaiki touchpad dengan menggunakan metode pemecahan masalah. Untuk memperbaiki touchpad dengan menggunakan metode pemecahan masalah, Anda dapat mengunjungi situs web Lenovo dan mengunduh panduan pemecahan masalah untuk laptop Lenovo Anda.

Berikut adalah video YouTube tentang cara mengatasi touchpad laptop Lenovo yang tidak berfungsi di Windows 10:

Kesimpulan

Touchpad laptop Lenovo yang tidak berfungsi dapat membuat Anda frustasi. Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan metode yang telah disebutkan di atas. Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan touchpad masih tidak berfungsi, Anda dapat menghubungi dukungan Lenovo untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.