Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Cireng Lilin Kuning

Cireng Lilin Kuning adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung tapioka dan bumbu rempah. Simak cara membuatnya di sini!

Cara Membuat Cireng Lilin Kuning

1. Menggulung Lilin Kuning yang Gurih
Mari kita mulai petualangan kuliner kita dengan mencoba membuat Cireng Lilin Kuning yang menggugah selera ini!

2. Bahan-bahan Berkualitas untuk Hasil yang Lebih Baik
Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas saat membuat Cireng Lilin Kuning. Meski terlihat sederhana, namun bahan yang baik akan memberikan hasil yang lebih lezat.

3. Langkah Pertama: Membuat Adonan Dasar
Langkah pertama adalah membuat adonan dasar untuk Cireng Lilin Kuning. Pastikan Anda mencampurkan tepung terigu, air, garam, dan bumbu lainnya dengan baik hingga membentuk adonan yang lembut.

4. Tambahkan Bahan Utama yang Diperlukan
Setelah membuat adonan dasar, saatnya menambahkan bahan utama yang diperlukan untuk cireng. Anda dapat menggunakan ikan tenggiri yang dihaluskan atau bahan lain yang Anda sukai.

5. Buat Bentuk Lilin Kecil yang Menggemaskan
Ambil sejumput adonan, gulingkan di atas meja atau tangan Anda hingga membentuk silinder kecil yang menyerupai lilin. Anda juga dapat mencetaknya dalam bentuk lain yang lebih menggemaskan.

6. Masukkan Lilin Kuning ke Dalam Air Mendidih
Setelah membentuk adonan menjadi lilin kecil yang menggemaskan, didihkan air dalam panci yang sudah disiapkan. Masukkan lilin-lilin tersebut ke dalam air mendidih dan biarkan mendidih hingga matang.

7. Angkat Lilin Kuning yang Sudah Matang
Ketika lilin-lilin tersebut sudah matang, angkatlah dengan hati-hati menggunakan sutil atau alat lain yang dapat mempermudah Anda. Pastikan mereka matang secara merata dan warnanya telah berubah menjadi kekuningan yang menarik.

8. Sajikan Cireng Lilin Kuning dengan Sambal Khas
Cireng Lilin Kuning akan lebih nikmat jika disajikan dengan sambal khas Indonesia. Anda dapat membuat sambal dari cabai, bawang putih, dan bumbu-bumbu lain yang Anda sukai.

9. Nikmati Cireng Lilin Kuning yang Gurih
Sekarang saatnya untuk menikmati kelezatan Cireng Lilin Kuning yang Anda buat sendiri. Nikmati mereka dalam keadaan hangat dan rasakan kegurihan adonan yang lezat pada setiap gigitan.

10. Variasikan Cireng Lilin Kuning sesuai Selera
Anda dapat melakukan variasi pada Cireng Lilin Kuning sesuai dengan selera Anda. Tambahkan keju parut di dalam adonan, atau campurkan bahan-bahan favorit Anda untuk menciptakan rasa yang berbeda. Jangan takut untuk berekspresi dalam memasak!

Cireng lilin kuning adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia. Dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, cireng lilin kuning menjadi camilan yang sangat menggugah selera. Tidak hanya itu, proses pembuatannya juga tergolong mudah dan dapat dilakukan di rumah. Jika Anda penasaran tentang cara membuat cireng lilin kuning yang lezat ini, ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama!

Cireng

Pendahuluan

Cireng lilin kuning adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung tapioka. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lezat dengan rasa gurih yang khas. Cireng lilin kuning biasa disajikan sebagai jajanan pasar atau camilan di berbagai acara. Jika Anda ingin mencoba membuat cireng lilin kuning sendiri di rumah, berikut adalah cara mudahnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat cireng lilin kuning, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

  • 250 gram tepung tapioka
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Air secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat cireng lilin kuning:

1. Campurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, dan merica bubuk ke dalam wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau tangan.

Mencampurkan

2. Tambahkan Bawang Putih

Selanjutnya, tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam adonan tepung. Aduk kembali hingga merata.

Menambahkan

3. Tuangkan Minyak Goreng

Tuangkan minyak goreng ke dalam adonan dan uleni hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Tuangkan

4. Tambahkan Air Secukupnya

Selanjutnya, tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni hingga adonan menjadi elastis dan tidak lengket di tangan.

Menambahkan

5. Bentuk Adonan Menjadi Cireng

Ambil sejumput adonan dan giling-gilingkan di tangan hingga membentuk bola kecil. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang tersisa.

Bentuk

6. Rebus Cireng

Rebus air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan cireng satu per satu ke dalam air mendidih. Masak hingga cireng mengapung dan matang sempurna.

Rebus

7. Tiriskan Cireng

Saat cireng sudah matang, angkat menggunakan saringan atau sendok berlubang untuk meniriskan air rebusannya.

Tiriskan

8. Goreng Cireng

Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng cireng hingga kuning keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan dari minyak.

Goreng

9. Sajikan Cireng Lilin Kuning

Cireng lilin kuning siap disajikan sebagai camilan lezat. Nikmati cireng dengan sambal kacang atau saus kesukaan Anda.

Sajikan

Kesimpulan

Membuat cireng lilin kuning sendiri di rumah tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa menikmati camilan lezat ini kapan pun Anda inginkan. Selamat mencoba!

Cara Membuat Cireng Lilin Kuning yang Gurih

Mari kita mulai petualangan kuliner kita dengan mencoba membuat Cireng Lilin Kuning yang menggugah selera ini! Cireng Lilin Kuning adalah camilan tradisional Indonesia yang terkenal dengan kegurihannya. Dalam resep ini, saya akan membagikan langkah-langkah untuk membuat cireng lilin kuning yang sempurna.

Bahan-bahan Berkualitas untuk Hasil yang Lebih Baik

Pertama-tama, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas saat membuat Cireng Lilin Kuning. Meski terlihat sederhana, menggunakan bahan yang baik akan memberikan hasil yang lebih lezat. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 ml air matang
  • 1 sendok teh garam
  • Bahan tambahan seperti ikan tenggiri yang dihaluskan atau bahan lain yang Anda sukai

Langkah Pertama: Membuat Adonan Dasar

Langkah pertama adalah membuat adonan dasar untuk Cireng Lilin Kuning. Campurkan tepung terigu, air, garam, dan bumbu lainnya dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga membentuk adonan yang lembut dan tidak lengket di tangan.

Tambahkan Bahan Utama yang Diperlukan

Setelah membuat adonan dasar, saatnya menambahkan bahan utama yang diperlukan untuk cireng. Anda dapat menggunakan ikan tenggiri yang dihaluskan atau bahan lain yang Anda sukai. Tambahkan bahan utama ini ke dalam adonan dasar dan aduk hingga tercampur merata.

Buat Bentuk Lilin Kecil yang Menggemaskan

Selanjutnya, ambil sejumput adonan dan gulingkan di atas meja atau tangan Anda hingga membentuk silinder kecil yang menyerupai lilin. Anda juga dapat mencetaknya dalam bentuk lain yang lebih menggemaskan, seperti bulat atau segitiga. Pastikan ukuran dan bentuk cireng seragam agar matang dengan sempurna.

Masukkan Lilin Kuning ke Dalam Air Mendidih

Setelah membentuk adonan menjadi lilin kecil yang menggemaskan, siapkan panci berisi air mendidih. Masukkan lilin-lilin tersebut ke dalam air mendidih dan biarkan mendidih hingga matang. Ini akan memastikan bahwa cireng matang secara merata dan memiliki tekstur yang sempurna.

Angkat Lilin Kuning yang Sudah Matang

Ketika lilin-lilin tersebut sudah matang, angkatlah dengan hati-hati menggunakan sutil atau alat lain yang dapat mempermudah Anda. Pastikan mereka matang secara merata dan warnanya telah berubah menjadi kekuningan yang menarik. Letakkan cireng lilin kuning yang sudah matang di atas saringan agar airnya dapat mengalir dan cireng tidak terlalu lembap.

Sajikan Cireng Lilin Kuning dengan Sambal Khas

Cireng Lilin Kuning akan lebih nikmat jika disajikan dengan sambal khas Indonesia. Anda dapat membuat sambal dari cabai, bawang putih, dan bumbu-bumbu lain yang Anda sukai. Sambal ini akan memberikan rasa pedas yang pas dan menambah cita rasa dari cireng lilin kuning.

Nikmati Cireng Lilin Kuning yang Gurih

Sekarang saatnya untuk menikmati kelezatan Cireng Lilin Kuning yang Anda buat sendiri. Nikmati mereka dalam keadaan hangat dan rasakan kegurihan adonan yang lezat pada setiap gigitan. Anda juga dapat menambahkan keju parut di dalam adonan atau mencampurkan bahan-bahan favorit Anda untuk menciptakan rasa yang berbeda. Jangan takut untuk berekspresi dalam memasak!

Variasikan Cireng Lilin Kuning sesuai Selera

Anda dapat melakukan variasi pada Cireng Lilin Kuning sesuai dengan selera Anda. Tambahkan keju parut di dalam adonan, atau campurkan bahan-bahan favorit Anda untuk menciptakan rasa yang berbeda. Jangan takut untuk berekspresi dalam memasak! Setelah itu, Anda dapat menikmati cireng lilin kuning yang gurih dan menggugah selera ini bersama keluarga dan teman-teman.

Cireng Lilin Kuning adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Rasanya yang gurih dan kenyal membuatnya menjadi camilan favorit banyak orang. Inilah cara membuat Cireng Lilin Kuning yang lezat dan mudah di rumah.

Langkah-langkah Cara Membuat Cireng Lilin Kuning:

  1. Bahan-bahan yang diperlukan:

    • Tepung tapioka – 250 gram
    • Tepung terigu – 50 gram
    • Bawang putih, haluskan – 2 siung
    • Garam – 1 sendok teh
    • Kaldu bubuk – 1/2 sendok teh
    • Air panas – 300 ml
    • Minyak goreng – secukupnya untuk menggoreng
  2. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan kaldu bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata.

  3. Tuang air panas secara perlahan sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dengan tangan.

  4. Diamkan adonan selama 10-15 menit agar lebih elastis.

  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.

  6. Ambil sejumput adonan, bulatkan dan pipihkan dengan tangan.

  7. Goreng cireng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.

  8. Tiriskan cireng yang telah digoreng dari minyak.

  9. Cireng Lilin Kuning siap disajikan. Nikmati cireng dengan sambal kacang atau saus pedas favoritmu!

Selamat mencoba membuat Cireng Lilin Kuning sendiri di rumah. Rasakan sensasi kenyalnya cireng yang lezat ini. Pastikan untuk menikmatinya saat masih hangat agar cita rasanya benar-benar terasa. Jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman untuk ikut menikmati camilan tradisional yang menggugah selera ini!

Halo pembaca blog yang terhormat, terima kasih telah mengunjungi blog kami hari ini! Kami berharap Anda menikmati artikel kami tentang cara membuat cireng lilin kuning. Sebelum kami mengakhiri artikel ini, kami ingin memberikan beberapa pesan penutup yang mungkin berguna bagi Anda.

Pertama-tama, kami ingin mengingatkan Anda untuk selalu memperhatikan kebersihan saat memasak. Salah satu langkah penting dalam membuat cireng lilin kuning adalah mencuci tangan dengan baik sebelum memulai. Pastikan juga semua bahan dan peralatan yang digunakan bersih dan higienis. Dengan menjaga kebersihan, Anda dapat menjamin kesehatan dan kesegaran cireng lilin kuning yang akan Anda nikmati.

Selanjutnya, jika Anda ingin bereksperimen dengan rasa cireng lilin kuning, jangan takut untuk mencoba berbagai bumbu dan rempah tambahan. Misalnya, Anda dapat menambahkan daun bawang cincang atau irisan cabai merah ke dalam adonan untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar dan pedas. Jangan ragu untuk berkreasi dan menyesuaikan resep sesuai dengan selera Anda sendiri!

Terakhir, kami ingin mengingatkan Anda untuk tidak terlalu lama menggoreng cireng lilin kuning. Pastikan minyak dalam wajan cukup panas sebelum menggoreng, tetapi jangan biarkan cireng lilin kuning terlalu lama di dalam minyak panas. Ini akan membantu menjaga tekstur cireng lilin kuning tetap renyah di luar namun lembut di dalam. Jika Anda menggoreng terlalu lama, cireng lilin kuning mungkin akan menjadi terlalu keras dan kering.

Sekali lagi, terima kasih telah mengunjungi blog kami dan membaca artikel tentang cara membuat cireng lilin kuning. Kami harap Anda menemukan informasi yang bermanfaat dan siap untuk mencoba resep ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

1. Apa itu cireng lilin kuning?
Cireng lilin kuning adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan garam. Cireng lilin kuning memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih yang lezat.2. Bagaimana cara membuat cireng lilin kuning?
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat cireng lilin kuning:
a. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, air hangat, dan minyak goreng.
b. Campurkan tepung tapioka dengan bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, dan air hangat. Uleni hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi elastis.
c. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit agar lebih kenyal saat digoreng.
d. Setelah istirahat, ambil sejumput adonan dan bulatkan. Beri sedikit minyak di telapak tangan untuk memudahkan penggulungan.
e. Panaskan minyak dalam wajan hingga cukup dalam. Goreng cireng hingga berwarna kekuningan dan matang sempurna.
f. Angkat cireng dan tiriskan minyak berlebih menggunakan tisu dapur.
g. Cireng lilin kuning siap disajikan dan dapat dinikmati sebagai camilan lezat.3. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat cireng lilin kuning?
Untuk membuat cireng lilin kuning, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:
– 250 gram tepung tapioka
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 2 siung bawang merah, haluskan
– 2 batang daun bawang, iris tipis
– 1 sendok teh garam
– Air hangat secukupnya
– Minyak goreng secukupnya4. Apa rahasia agar cireng lilin kuning tetap kenyal?
Rahasia agar cireng lilin kuning tetap kenyal adalah dengan menggunakan tepung tapioka yang cukup dalam adonan dan memberikan waktu istirahat yang cukup sebelum digoreng. Hal ini akan membuat teksturnya lebih kenyal dan tidak mudah hancur saat dimakan.5. Bagaimana cara menyajikan cireng lilin kuning?
Cireng lilin kuning biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus kacang sebagai pelengkap. Anda juga dapat menambahkan potongan daun bawang di atasnya untuk memberikan aroma segar. Cireng lilin kuning dapat dinikmati sebagai camilan atau hidangan pendamping saat minum teh atau kopi.

Video Cara Membuat Cireng Lilin Kuning

Visit Video