Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Di Cafe

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Di Cafe

Cara membuat surat lamaran kerja di cafe dengan langkah-langkah yang jelas dan praktis. Dapatkan tips dan triknya di sini!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Di Cafe

1. Mengenali Cafe Inc. sebagai Tempat Impian Anda untuk Bekerja
2. Mengumpulkan Informasi Terkait Posisi yang Anda Lamar
– Meneliti tanggung jawab, kualifikasi, dan persyaratan posisi yang Anda inginkan dengan seksama
– Mengetahui visi, misi, dan budaya kerja Cafe Inc. agar dapat menyesuaikan surat lamaran Anda dengan nilai-nilai perusahaan
– Mencari tahu tentang menu, produk, dan keunikan Cafe Inc. sebagai tambahan informasi yang dapat Anda sebutkan di surat lamaran
3. Membuat Pengantar yang Menarik dan Personal
– Mulailah surat dengan kalimat pengantar yang menarik perhatian pihak penerima surat, menggambarkan antusiasme dan minat Anda terhadap Cafe Inc.
– Jelaskan mengapa Anda tertarik bekerja di cafe, misalnya karena minat pribadi dalam industri makanan dan minuman, atau mempromosikan nilai-nilai kreativitas dan inovasi dalam dunia perhotelan
– Berikan informasi singkat mengenai pengalaman atau keahlian Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar
4. Menyoroti Keterampilan dan Keahlian yang Dimiliki
– Buat daftar keterampilan dan keahlian yang Anda miliki, termasuk kemampuan interpersonal, keahlian komunikasi, kemampuan multitasking, atau pengalaman dalam pelayanan pelanggan
– Perhatikan keterampilan khusus seperti latte art atau pengalaman dalam mengambil pesanan pelanggan dengan cepat dan akurat
– Jelaskan bagaimana keterampilan yang Anda miliki dapat memberikan manfaat bagi operasional Cafe Inc.
5. Membuat Hubungan antara Pengalaman Kerja dengan Posisi yang Dilamar
– Jelaskan pengalaman kerja atau riwayat pendidikan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar
– Berikan contoh konkret untuk mendemonstrasikan bagaimana kontribusi Anda di tempat kerja sebelumnya dapat diterapkan dalam konteks Cafe Inc.
– Tinjau ulang prestasi terkait pekerjaan sebelumnya, seperti memimpin tim, mencapai target penjualan, atau menciptakan program di tempat kerja
6. Menjelaskan Motivasi dalam Bergabung dengan Cafe Inc.
– Ceritakan bagaimana Anda tertarik pada nilai-nilai Cafe Inc. dan bagaimana Anda ingin menjadi bagian dari tim yang berkomitmen untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa
– Bagikan alasan spesifik mengapa Anda ingin bekerja di cafe, misalnya karena kecintaan terhadap dunia kopi, keinginan untuk mendukung komunitas lokal, atau minat dalam merancang menu kreatif
– Jelaskan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang unik dan berharga untuk perkembangan Cafe Inc.
7. Menyampaikan Dukungan terhadap Visi dan Misi Perusahaan
– Jelaskan mengapa Anda sejalan dengan visi dan misi perusahaan dalam melampaui ekspektasi pelanggan, memberikan kualitas terbaik, atau memastikan pengalaman pelanggan yang mengesankan
– Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda telah mencerminkan nilai-nilai serupa di tempat kerja sebelumnya atau dalam kehidupan pribadi Anda
– Tinjau ulang nilai-nilai yang tercantum dalam laman resmi Cafe Inc. dan sampaikan komitmen Anda dalam menerapkannya
8. Menyampaikan Antusiasme untuk Mempelajari Lebih Banyak
– Nyatakan ketertarikan Anda untuk terus berkembang dan belajar di Cafe Inc.
– Sampaikan keinginan Anda untuk menjalani pelatihan atau menghadiri workshop terkait dengan industri makanan dan minuman
– Jelaskan bagaimana Anda dapat mengaplikasikan pengetahuan baru tersebut dalam peningkatan kualitas pelayanan di Cafe Inc.
9. Menjelaskan Ketersediaan dan Fleksibilitas Waktu
– Nyatakan ketersediaan waktu kerja yang Anda miliki, termasuk apakah Anda siap untuk bekerja secara shift atau pada akhir pekan
– Sampaikan juga keinginan Anda untuk memberikan fleksibilitas dalam jadwal kerja jika diperlukan
– Pastikan untuk menegaskan kesiapan Anda untuk menghadiri wawancara atau tes seleksi yang mungkin dapat dijadwalkan oleh Cafe Inc.
10. Menutup Surat dengan Pernyataan Terimakasih dan Harapan
– Akhiri surat dengan ungkapan terimakasih atas waktu dan perhatian yang diberikan oleh penerima surat untuk membaca surat lamaran Anda
– Sampaikan keinginan Anda untuk memiliki kesempatan untuk berbicara lebih lanjut dalam wawancara dan memberikan kontribusi yang berharga bagi Cafe Inc.
– Jelaskan harapan Anda untuk mendengar kabar baik segera dari pihak Cafe Inc. dan sampaikan ketersediaan Anda untuk menerima panggilan atau email dari mereka.

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan di bidang perhotelan? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melamar kerja di sebuah cafe yang sedang populer. Cafe adalah tempat yang menyenangkan untuk bekerja, dengan atmosfer yang santai dan suasana yang hangat. Namun, sebelum Anda dapat bergabung dengan tim cafe impian Anda, ada satu hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu – menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai cara membuat surat lamaran kerja di cafe dengan gaya kreatif dan penuh semangat.

Cara

Pendahuluan

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang penting dalam mencari pekerjaan di sebuah cafe. Surat ini berfungsi sebagai media untuk memperkenalkan diri dan mengajukan permohonan kepada pihak cafe untuk diberikan kesempatan bekerja. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat surat lamaran kerja di cafe dengan langkah-langkah yang jelas dan mudah diikuti.

Informasi Kontak

Langkah pertama dalam membuat surat lamaran kerja di cafe adalah mencantumkan informasi kontak Anda. Informasi kontak meliputi nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan informasi ini tercantum dengan jelas dan benar agar pihak cafe dapat dengan mudah menghubungi Anda jika ada keperluan lebih lanjut.

Tanggal Penulisan

Setelah menyebutkan informasi kontak, langkah selanjutnya adalah menuliskan tanggal penulisan surat lamaran. Tanggal penulisan ini penting untuk menunjukkan kapan surat lamaran tersebut dibuat dan dikirimkan.

Alamat Penerima

Selanjutnya, cantumkan alamat lengkap cafe yang menjadi tujuan surat lamaran kerja Anda. Pastikan alamat tersebut ditulis dengan benar dan lengkap agar surat Anda dapat sampai dengan tepat.

Salutasi

Pada bagian ini, gunakan salutasi yang sesuai seperti Kepada Yang Terhormat diikuti dengan nama penerima surat. Jika Anda tidak mengetahui nama penerima surat, gunakan salutasi umum seperti Kepada Pihak Manajemen Cafe.

Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka merupakan bagian di mana Anda memperkenalkan diri dan menyatakan tujuan Anda dalam mengirimkan surat lamaran kerja di cafe tersebut. Jelaskan dengan singkat mengapa Anda tertarik bekerja di cafe tersebut dan apa yang membuat Anda cocok untuk posisi yang sedang dibuka.

Riwayat Pendidikan dan Pengalaman

Pada bagian ini, jelaskan riwayat pendidikan Anda secara singkat. Sebutkan jenjang pendidikan terakhir yang Anda tempuh beserta institusi pendidikan yang Anda ikuti. Selain itu, cantumkan juga pengalaman kerja atau magang yang relevan dengan posisi yang Anda lamar di cafe tersebut.

Kemampuan dan Keahlian

Di sini, jelaskan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki yang relevan dengan pekerjaan di cafe. Misalnya, kemampuan dalam mengoperasikan mesin kopi, menguasai bahasa asing, atau memiliki keahlian dalam membuat makanan atau minuman khas.

Motivasi dan Komitmen

Tuliskan alasan mengapa Anda tertarik bekerja di cafe tersebut. Jelaskan motivasi Anda dalam bidang kuliner atau pelayanan pelanggan, serta komitmen Anda untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan di cafe.

Penutup

Pada bagian penutup, sampaikan harapan Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara atau menghadiri seleksi lebih lanjut. Sertakan juga informasi bahwa Anda siap menghadiri wawancara pada waktu yang ditentukan dan dapat memberikan referensi tambahan jika diperlukan.

Pengakhiran

Akhir surat lamaran kerja di cafe Anda dengan salam penutup seperti Hormat Saya diikuti dengan nama lengkap Anda. Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran tersebut sebelum mengirimkannya.

Demikianlah cara membuat surat lamaran kerja di cafe. Pastikan surat lamaran Anda rapi, jelas, dan berisi informasi yang relevan agar dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di cafe impian Anda. Selamat mencoba!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Di Cafe Inc.

Apakah Anda bermimpi untuk bekerja di Cafe Inc.? Jika iya, berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat surat lamaran kerja yang menarik dan efektif untuk posisi yang Anda inginkan.

Mengenali Cafe Inc. sebagai Tempat Impian Anda untuk Bekerja

Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran, penting untuk mengumpulkan informasi terkait Cafe Inc. sebagai tempat impian Anda untuk bekerja. Anda perlu meneliti tanggung jawab, kualifikasi, dan persyaratan posisi yang Anda inginkan dengan seksama. Selain itu, cari tahu juga tentang visi, misi, dan budaya kerja Cafe Inc. agar Anda dapat menyesuaikan surat lamaran Anda dengan nilai-nilai perusahaan. Jangan lupa untuk mencari tahu juga tentang menu, produk, dan keunikan Cafe Inc. sebagai tambahan informasi yang dapat Anda sebutkan di surat lamaran.

Membuat Pengantar yang Menarik dan Personal

Bagian pertama dari surat lamaran adalah pengantar yang menarik dan personal. Mulailah surat dengan kalimat pengantar yang menarik perhatian pihak penerima surat. Gambarkan antusiasme dan minat Anda terhadap Cafe Inc. Jelaskan mengapa Anda tertarik bekerja di cafe ini, misalnya karena minat pribadi dalam industri makanan dan minuman, atau mempromosikan nilai-nilai kreativitas dan inovasi dalam dunia perhotelan. Berikan informasi singkat mengenai pengalaman atau keahlian Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Menyoroti Keterampilan dan Keahlian yang Dimiliki

Bagian selanjutnya adalah menyoroti keterampilan dan keahlian yang Anda miliki. Membuat daftar keterampilan dan keahlian yang Anda miliki, termasuk kemampuan interpersonal, keahlian komunikasi, kemampuan multitasking, atau pengalaman dalam pelayanan pelanggan. Jika Anda memiliki keterampilan khusus seperti latte art atau pengalaman dalam mengambil pesanan pelanggan dengan cepat dan akurat, perhatikan hal tersebut. Jelaskan bagaimana keterampilan yang Anda miliki dapat memberikan manfaat bagi operasional Cafe Inc.

Membuat Hubungan antara Pengalaman Kerja dengan Posisi yang Dilamar

Setelah itu, jelaskan pengalaman kerja atau riwayat pendidikan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Berikan contoh konkret untuk mendemonstrasikan bagaimana kontribusi Anda di tempat kerja sebelumnya dapat diterapkan dalam konteks Cafe Inc. Tinjau ulang prestasi terkait pekerjaan sebelumnya, seperti memimpin tim, mencapai target penjualan, atau menciptakan program di tempat kerja.

Menjelaskan Motivasi dalam Bergabung dengan Cafe Inc.

Jelaskan motivasi Anda untuk bergabung dengan Cafe Inc. Ceritakan bagaimana Anda tertarik pada nilai-nilai Cafe Inc. dan bagaimana Anda ingin menjadi bagian dari tim yang berkomitmen untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Bagikan alasan spesifik mengapa Anda ingin bekerja di cafe ini, misalnya karena kecintaan terhadap dunia kopi, keinginan untuk mendukung komunitas lokal, atau minat dalam merancang menu kreatif. Jelaskan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang unik dan berharga untuk perkembangan Cafe Inc.

Menyampaikan Dukungan terhadap Visi dan Misi Perusahaan

Sampaikan dukungan Anda terhadap visi dan misi perusahaan Cafe Inc. Jelaskan mengapa Anda sejalan dengan visi dan misi perusahaan dalam melampaui ekspektasi pelanggan, memberikan kualitas terbaik, atau memastikan pengalaman pelanggan yang mengesankan. Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda telah mencerminkan nilai-nilai serupa di tempat kerja sebelumnya atau dalam kehidupan pribadi Anda. Tinjau ulang nilai-nilai yang tercantum dalam laman resmi Cafe Inc. dan sampaikan komitmen Anda dalam menerapkannya.

Menyampaikan Antusiasme untuk Mempelajari Lebih Banyak

Sampaikan antusiasme Anda untuk terus berkembang dan belajar di Cafe Inc. Nyatakan ketertarikan Anda untuk menjalani pelatihan atau menghadiri workshop terkait dengan industri makanan dan minuman. Jelaskan bagaimana Anda dapat mengaplikasikan pengetahuan baru tersebut dalam peningkatan kualitas pelayanan di Cafe Inc.

Menjelaskan Ketersediaan dan Fleksibilitas Waktu

Jelaskan ketersediaan waktu kerja yang Anda miliki, termasuk apakah Anda siap untuk bekerja secara shift atau pada akhir pekan. Sampaikan juga keinginan Anda untuk memberikan fleksibilitas dalam jadwal kerja jika diperlukan. Pastikan untuk menegaskan kesiapan Anda untuk menghadiri wawancara atau tes seleksi yang mungkin dapat dijadwalkan oleh Cafe Inc.

Menutup Surat dengan Pernyataan Terimakasih dan Harapan

Akhiri surat dengan ungkapan terimakasih atas waktu dan perhatian yang diberikan oleh penerima surat untuk membaca surat lamaran Anda. Sampaikan keinginan Anda untuk memiliki kesempatan untuk berbicara lebih lanjut dalam wawancara dan memberikan kontribusi yang berharga bagi Cafe Inc. Jelaskan harapan Anda untuk mendengar kabar baik segera dari pihak Cafe Inc. dan sampaikan ketersediaan Anda untuk menerima panggilan atau email dari mereka.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Di Cafe

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kertas putih
  • Pena atau pulpen
  • Tinta printer (opsional)

2. Ketik atau tulis bagian atas surat:

  • Letakkan alamat Anda di pojok kanan atas surat.
  • Di bawahnya, tuliskan tanggal saat ini.
  • Pindahkan ke sebelah kiri dan tuliskan alamat tujuan, yaitu Cafe tempat Anda mengajukan lamaran kerja.

3. Tuliskan salam pembuka:

  • Gunakan salam pembuka yang sopan, seperti Kepada Yth.
  • Tambahkan nama pemilik atau pihak yang bertanggung jawab atas penerimaan surat lamaran kerja.

4. Mulai paragraf pembuka:

  • Sampaikan maksud Anda dalam mengirim surat lamaran kerja, misalnya Saya ingin mengajukan lamaran kerja di Cafe (nama Cafe) sebagai (posisi yang Anda inginkan).
  • Jelaskan alasan mengapa Anda tertarik bekerja di Cafe tersebut, seperti minat Anda dalam industri kafein atau pengalaman sebelumnya.

5. Jelaskan latar belakang pendidikan dan pengalaman Anda:

  • Sebutkan pendidikan terakhir yang Anda miliki, seperti gelar sarjana atau diploma.
  • Tuliskan pengalaman kerja terkait yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

6. Paparkan keahlian dan kualifikasi Anda:

  • Jelaskan keahlian yang Anda miliki dan bagaimana hal tersebut dapat berguna bagi Cafe.
  • Sebutkan sertifikasi atau pelatihan tambahan yang dimiliki jika ada.

7. Ungkapkan motivasi Anda:

  • Tuliskan alasan mengapa Anda tertarik bekerja di Cafe tersebut dan apa yang membuat Anda termotivasi untuk berkembang di bidang ini.
  • Jelaskan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada perkembangan Cafe tersebut.

8. Tutup surat dengan kalimat penutup yang sopan:

  • Sampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan.
  • Mohon kesempatan untuk menghadiri wawancara atau proses seleksi lanjutan.
  • Tandatangani surat lamaran dengan nama lengkap Anda.

9. Cek kembali surat lamaran:

  • Periksa tata bahasa, ejaan, dan format surat agar terlihat profesional.
  • Pastikan alamat dan kontak yang tercantum benar.

10. Kirim surat lamaran:

  • Jika menggunakan tinta printer, cetak surat lamaran dan tanda tangani.
  • Jika menulis tangan, gunakan pena atau pulpen dengan tinta hitam.
  • Tempelkan perangko di sudut kanan atas amplop dan tuliskan alamat Cafe sebagai tujuan pengiriman.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja di Cafe dengan mudah dan menarik perhatian pihak yang berwenang. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang jelas dan meyakinkan mengenai diri Anda serta menyampaikan keinginan yang tulus untuk bergabung dengan Cafe tersebut.

Selamat datang kembali, para pembaca setia blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat surat lamaran kerja di cafe. Jika Anda sedang mencari pekerjaan di industri kuliner, khususnya di cafe, artikel ini sangat cocok untuk Anda. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara membuat surat lamaran kerja di cafe, penting bagi Anda untuk memahami bahwa surat lamaran kerja adalah salah satu hal terpenting dalam proses mencari pekerjaan. Surat lamaran kerja merupakan wujud dari komunikasi Anda dengan calon pemberi kerja, sehingga sangat penting untuk membuat surat yang baik dan menarik perhatian.

Pertama-tama, pastikan Anda memulai surat lamaran kerja dengan menyebutkan posisi yang Anda lamar dan sumber informasi lowongan pekerjaan tersebut. Misalnya, Saya menulis surat ini untuk melamar posisi barista yang saya temukan melalui situs web resmi cafe XYZ. Dalam paragraf pertama juga sebaiknya Anda menyampaikan alasan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di cafe tersebut. Misalnya, Anda dapat menyebutkan kecintaan Anda pada kopi atau minuman kafein lainnya, dan bagaimana Anda ingin berkontribusi dalam menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi para pelanggan.

Terakhir, jangan lupa untuk menutup surat lamaran kerja dengan kalimat penutup yang sopan. Misalnya, Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan penuh harapan dan antusiasme. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim cafe XYZ dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bisnis Anda. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya sangat berharap dapat menghadiri wawancara selanjutnya. Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran kerja dengan nama lengkap Anda di bawah kalimat penutup.

Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja di cafe. Ingatlah untuk menjaga profesionalisme dan kreativitas dalam penulisan surat lamaran Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam mencari pekerjaan di cafe impian Anda!

1. Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja di cafe?

– Tulis alamat lengkap dan tanggal di pojok kanan atas surat.
– Tulis nama perusahaan atau cafe yang dituju di bawah alamat.
– Tulis salam pembuka, seperti Kepada Yth. dan sebutkan nama perusahaan/cafe yang dituju.
– Jelaskan tujuan surat lamaran, yaitu melamar posisi tertentu di cafe tersebut.
– Sertakan informasi pribadi diri seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan surel.
– Ceritakan tentang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan di cafe.
– Ungkapkan keinginan dan motivasi untuk bekerja di cafe tersebut.
– Akhiri surat dengan kalimat penutup yang sopan dan menyatakan kesiapan untuk dihubungi.
– Tandatangani surat lamaran dan cantumkan nama lengkap di bawah tanda tangan.

2. Apa yang harus disertakan dalam surat lamaran kerja di cafe?

– Nama lengkap dan alamat pelamar.
– Informasi kontak, seperti nomor telepon dan surel.
– Tujuan surat, yaitu melamar posisi tertentu di cafe.
– Riwayat pendidikan yang relevan dengan pekerjaan di cafe.
– Pengalaman kerja sebelumnya, terutama jika berkaitan dengan industri makanan dan minuman.
– Keahlian khusus yang dimiliki, seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik atau keahlian dalam membuat kopi.
– Motivasi dan alasan mengapa ingin bekerja di cafe tersebut.

3. Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian di cafe?

– Gunakan bahasa yang profesional dan sopan.
– Jelaskan dengan jelas mengapa Anda tertarik untuk bekerja di cafe tersebut.
– Sampaikan pengalaman kerja dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan di cafe.
– Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi positif bagi cafe.
– Buat surat lamaran terlihat rapi dan mudah dibaca, menggunakan font yang jelas dan ukuran teks yang sesuai.
– Hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan.
– Sertakan informasi kontak yang valid, sehingga cafe dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Video Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Di Cafe

Visit Video