Cara Screenshot Di Laptop Ketika Zoom

Cara Screenshot Di Laptop Ketika Zoom

1. Membuka Zoom
Zoom merupakan platform meeting online yang terkenal di dunia. Pertama-tama, pastikan kamu sudah membuka aplikasi Zoom di laptopmu.

2. Memulai meeting
Setelah membuka aplikasi Zoom, kamu bisa memulai meeting dengan mengklik tombol “Start a Meeting”. Kemudian, pilih opsi “Share Screen”.

3. Pilih area untuk screenshot
Setelah memilih opsi “Share Screen”, kamu akan diminta untuk memilih area layar laptop yang ingin kamu bagikan. Pilihlah area yang ingin kamu screenshot.

4. Tekan tombol “Print Screen”
Saay kamu sudah memilih area layar untuk screenshot, tekan tombol “Print Screen” yang terletak di keyboard laptopmu.

5. Buat screenshot dengan Paint
Setelah menekan tombol “Print Screen”, kamu bisa membuat screenshot dengan membuka aplikasi Paint. Klik kanan di layar Paint lalu pilih “Paste”. Screenshot yang tadi kamu buat akan muncul di layar Paint.

6. Edit screenshot
Kamu bisa melakukan editing pada screenshot yang sudah kamu buat. Misalnya, mencoba memperbesar atau memperkecil gambar, memotong, atau menambahkan efek dan filter.

7. Save screenshot
Setelah mengedit screenshot dan merasa puas, kamu bisa menyimpan hasil screenshot tersebut. Pilih opsi “Save as” dan pilih format file yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa memilih .png, .jpg, atau format lainnya.

8. Ulangi jika diperlukan
Jika kamu masih membutuhkan screenshot lebih banyak, ulangi langkah-langkah yang diperlukan. Kamu bisa membuat screenshot sebanyak yang kamu butuhkan.

9. Gunakan shortcut keyboard
Jika kamu ingin lebih cepat dalam membuat screenshot, gunakanlah shortcut keyboard. Pada kebanyakan laptop, tombol shortcut tersebut adalah “Fn + Print Screen”.

10. Simpan screenshot di cloud
Untuk menghindari kehilangan screenshot, pastikan kamu menyimpannya di cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja dengan mudah.

Cara Screenshot Di Laptop Ketika Zoom

Cara screenshot di laptop saat Zoom: Tekan tombol Windows + Print Screen, atau gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snipping Tool atau Lightshot.

Bagaimana cara screenshot di laptop ketika Zoom? Apakah Anda sering mengalami kesulitan dalam menangkap layar Zoom yang sedang berlangsung? Jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan tips dan trik untuk mengambil screenshot dengan mudah dan cepat. Pertama-tama, pastikan Anda telah memasang aplikasi Zoom pada laptop Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengambil screenshot saat sedang melakukan konferensi video.

Memudahkan Screenshot saat Zoom di Laptop

Saat ini, aplikasi Zoom sangat populer digunakan untuk melakukan video conference atau pertemuan online. Dalam pertemuan tersebut, terkadang kita membutuhkan screenshot untuk beberapa keperluan. Nah, bagaimana cara melakukan screenshot saat sedang melakukan pertemuan Zoom di laptop? Berikut adalah tutorialnya.

1. Gunakan Tombol Print Screen

Print

Cara termudah dan paling umum adalah dengan menggunakan tombol print screen pada keyboard laptop. Tombol print screen biasanya berada di sebelah kanan atas keyboard dengan tulisan PrtSc, PrtScn, atau Print Screen. Ketika ingin mengambil screenshot, cukup tekan tombol tersebut dan gambar layar akan disimpan di clipboard.

2. Gunakan Tombol Windows + Print Screen

Windows

Jika ingin menyimpan screenshot langsung ke dalam folder, bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows dan tombol Print Screen secara bersamaan. Gambar layar akan langsung tersimpan di folder Pictures dengan nama file Screenshot (1), Screenshot (2), dan seterusnya.

3. Gunakan Aplikasi Screenshot

Screenshot

Jika ingin menggunakan aplikasi khusus untuk mengambil screenshot, bisa mencari dan mengunduh aplikasi screenshot yang tersedia di internet. Beberapa aplikasi populer seperti Snipping Tool, Lightshot, dan Greenshot. Setelah diunduh, tinggal membuka aplikasi tersebut dan mengikuti petunjuk penggunaannya.

4. Gunakan Fitur Zoom

Zoom

Ternyata, aplikasi Zoom sudah menyediakan fitur untuk mengambil screenshot secara langsung. Caranya adalah dengan menekan tombol Alt dan Shift bersamaan, kemudian klik mouse pada area yang ingin diambil screenshot. Gambar layar akan langsung tersimpan di folder Zoom dengan nama file Zoom_0, Zoom_1, dan seterusnya.

5. Gunakan Extension Browser

Browser

Untuk pengguna browser seperti Chrome atau Firefox, bisa mencari dan mengunduh extension yang tersedia di toko aplikasi browser. Beberapa extension populer seperti Awesome Screenshot, Nimbus Screenshot, dan Full Page Screen Capture. Setelah diunduh dan diinstal, tinggal membuka halaman yang ingin diambil screenshot dan mengikuti petunjuk penggunaannya.

6. Buat Shortcut pada Keyboard

Keyboard

Jika sering melakukan screenshot, bisa membuat shortcut pada keyboard untuk memudahkan proses tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AutoHotkey atau FastKeys. Setelah diunduh dan diinstal, tinggal membuat script untuk shortcut yang diinginkan.

7. Gunakan Fitur Snipping Tool pada Windows

Snipping

Jika menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows, bisa memanfaatkan fitur Snipping Tool yang sudah disediakan oleh Windows. Caranya adalah dengan membuka Snipping Tool, memilih jenis screenshot yang diinginkan, dan menentukan area yang ingin diambil screenshot. Gambar layar akan langsung tersimpan di clipboard.

8. Gunakan Fitur Screenshot pada Mac

Mac

Jika menggunakan laptop dengan sistem operasi Mac, bisa memanfaatkan fitur screenshot yang sudah disediakan oleh Mac. Caranya adalah dengan menekan tombol Cmd + Shift + 4, kemudian menentukan area yang ingin diambil screenshot. Gambar layar akan langsung tersimpan di desktop dengan nama file Screenshot (tanggal) pada pukul (jam).png.

9. Simpan Screenshot ke Cloud Storage

Cloud

Jika ingin menyimpan screenshot di tempat yang aman dan mudah diakses dari mana saja, bisa menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi cloud storage tersebut, membuat folder khusus untuk menyimpan screenshot, dan mengunggah screenshot yang sudah diambil.

10. Edit Screenshot sebelum Disimpan

Edit

Setelah mengambil screenshot, mungkin ada beberapa bagian yang perlu diedit atau ditambahkan sebelum disimpan. Untuk melakukan editing, bisa menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Paint (untuk Windows) atau Preview (untuk Mac). Setelah selesai diedit, baru disimpan ke folder atau cloud storage yang diinginkan.

Demikianlah tutorial cara screenshot di laptop saat sedang Zoom. Semoga bermanfaat!

Cara screenshot di laptop ketika Zoom sangat mudah dilakukan. Pertama-tama, pastikan kamu sudah membuka Zoom di laptopmu. Setelah itu, kamu bisa memulai meeting dengan menekan tombol “Start a Meeting”. Kemudian, pilih opsi “Share Screen” dan pilih area yang ingin kamu screenshot. Setelah memilih area layar untuk screenshot, tekan tombol “Print Screen” di keyboard laptopmu. Selanjutnya, kamu bisa membuat screenshot dengan membuka aplikasi Paint dan klik kanan di layar Paint lalu pilih “Paste”. Kamu bisa melakukan editing pada screenshot yang tadi kamu buat, seperti memperbesar atau memperkecil gambar, memotong, atau menambahkan efek dan filter. Setelah puas dengan hasilnya, kamu bisa menyimpan screenshot tersebut dengan memilih opsi “Save as” dan pilih format file yang ingin kamu gunakan. Jika kamu masih membutuhkan screenshot lebih banyak, ulangi langkah-langkah yang diperlukan atau gunakan shortcut keyboard. Terakhir, untuk menghindari kehilangan screenshot, pastikan kamu menyimpannya di cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan cara ini, kamu bisa mengakses screenshot kapan saja dan di mana saja dengan mudah.

Pada siang hari yang cerah, Mia sedang mengikuti kelas daring melalui aplikasi Zoom di laptopnya. Tiba-tiba, dia ingin mengambil tangkapan layar (screenshot) dari presentasi yang sedang dipresentasikan oleh pengajar. Namun, Mia belum tahu bagaimana cara screenshot di laptop ketika Zoom sedang berjalan.

Meskipun awalnya terlihat sulit, sebenarnya cara untuk mengambil screenshot di laptop ketika Zoom sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Lihat pada keyboard laptop, terdapat tombol bernama Print Screen atau PrtSc. Tekan tombol tersebut untuk mengambil tangkapan layar.
  2. Pindah ke aplikasi Paint atau program pengolah gambar lainnya. Klik Paste atau tekan tombol CTRL + V untuk meletakkan gambar screenshot tadi pada software.
  3. Jika ingin memotong atau mengedit gambar yang telah diambil, gunakan fitur Crop atau Crop to Selection pada program pengolah gambar.
  4. Terakhir, simpan file gambar dengan format yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Mia berhasil mengambil screenshot presentasi yang dia inginkan. Dia merasa senang dan puas karena sekarang dia bisa dengan mudah mengambil screenshot di laptop ketika menggunakan aplikasi Zoom. Selain itu, Mia juga merasa lebih bersemangat untuk mengikuti kelas-kelas daring berikutnya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami dan membaca artikel mengenai cara screenshot di laptop saat sedang melakukan Zoom. Kami harap informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam mengambil screenshot saat sedang melakukan video conference atau meeting online.

Dalam mengikuti perkembangan teknologi, kita harus selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan kita. Salah satunya adalah bagaimana menggunakan fitur-fitur pada aplikasi video conference seperti Zoom agar dapat digunakan secara optimal. Salah satu fitur yang penting adalah fitur screenshot, karena dapat membantu kita untuk merekam momen penting atau informasi yang disampaikan dalam meeting online.

Jangan lupa untuk selalu menjaga etika dan tata krama dalam penggunaan aplikasi video conference. Pastikan bahwa screenshot yang Anda ambil tidak merusak privasi atau hak cipta orang lain. Terakhir, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan jangan ragu untuk meninggalkan komentar atau saran pada kolom yang tersedia.

Beberapa orang mungkin masih bingung mengenai cara untuk melakukan screenshot di laptop ketika menggunakan Zoom. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang beserta jawabannya:

  1. Bagaimana cara mengambil screenshot saat sedang melakukan panggilan Zoom di laptop?
  2. Jawaban: Untuk mengambil screenshot saat sedang melakukan panggilan Zoom di laptop, Anda dapat menekan tombol PrtScn pada keyboard, kemudian Anda bisa paste screenshot tersebut ke program seperti Paint atau Word dan menyimpannya.

  3. Apakah ada cara lain untuk mengambil screenshot selain dengan menekan tombol PrtScn?
  4. Jawaban: Ya, ada cara lain untuk mengambil screenshot saat sedang menggunakan Zoom di laptop. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Snipping Tool untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah dan cepat.

  5. Bisakah saya mengambil screenshot hanya pada bagian tertentu dari layar Zoom?
  6. Jawaban: Tentu saja. Jika Anda menggunakan aplikasi seperti Lightshot atau Snipping Tool, Anda dapat memilih area layar yang ingin diambil screenshot-nya dengan lebih spesifik dan detail.

  7. Apa saja keuntungan dari menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot saat menggunakan Zoom?
  8. Jawaban: Keuntungan dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah bahwa Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah tanpa harus melakukan banyak langkah seperti yang diperlukan jika hanya menggunakan tombol PrtScn. Selain itu, aplikasi seperti Lightshot atau Snipping Tool juga memiliki fitur tambahan yang memudahkan proses pengambilan screenshot.

Dengan mengetahui cara untuk mengambil screenshot di laptop ketika menggunakan Zoom, kita dapat dengan mudah mendokumentasikan percakapan kita dengan orang lain dan menyimpannya sebagai arsip. Semoga informasi ini bermanfaat!

Video Cara Screenshot Di Laptop Ketika Zoom

Visit Video