Kebakaran Pabrik Sandal di Penjaringan Jakut: Kronologi, Dampak, dan Penanganan

Kebakaran Pabrik Sandal di Penjaringan Jakut: Kronologi, Dampak, dan Penanganan

Pada hari Jumat, 15 September 2023, terjadi kebakaran di sebuah pabrik sandal di Penjaringan, Jakarta Utara. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB.
Kebakaran Pabrik Sandal di Penjaringan Jakut: Kronologi, Dampak, dan Penanganan
Kebakaran Pabrik Sandal di Penjaringan Jakut: Kronologi, Dampak, dan Penanganan

Kronologi

Kebakaran diduga berawal dari korsleting listrik di ruang produksi. Api dengan cepat membesar karena bahan-bahan yang mudah terbakar di dalam pabrik, seperti sandal dan bahan baku pembuatan sandal.

Petugas pemadam kebakaran dari berbagai wilayah di Jakarta dikerahkan untuk memadamkan api. Namun, petugas sempat kesulitan memadamkan api karena embusan angin yang kencang dan banyaknya material yang mudah terbakar.

Dampak

Kebakaran tersebut mengakibatkan pabrik sandal ludes terbakar. Selain itu, beberapa rumah warga yang berada di sekitar pabrik juga ikut terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun beberapa warga mengalami luka-luka ringan.

Penanganan

Pasca kebakaran, petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan di lokasi kejadian. Petugas juga membantu warga yang rumahnya ikut terbakar untuk membersihkan puing-puing.

Pemerintah DKI Jakarta juga memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak kebakaran. Bantuan tersebut berupa uang tunai, sembako, dan pakaian layak pakai.

Perbandingan Kebakaran Pabrik Sandal di Penjaringan Jakut dengan Kebakaran Pabrik Lainnya

Berikut adalah tabel perbandingan kebakaran pabrik sandal di Penjaringan Jakut dengan kebakaran pabrik lainnya:

Kebakaran PabrikLokasiTanggalJumlah Korban JiwaDampak
Pabrik Sandal di Penjaringan JakutPenjaringan, Jakarta Utara15 September 20230Pabrik sandal ludes terbakar, beberapa rumah warga ikut terbakar
Pabrik Kembang Api di Kosambi TangerangKosambi, Tangerang29 Oktober 202149Pabrik kembang api ludes terbakar, puluhan pekerja tewas
Pabrik Ban di Cengkareng Jakarta BaratCengkareng, Jakarta Barat21 Oktober 20222Pabrik ban ludes terbakar, dua pekerja tewas
Pabrik Plastik di TangerangTangerang, Banten10 Agustus 20231Pabrik plastik ludes terbakar, seorang pekerja tewas

Kebakaran pabrik sandal di Penjaringan Jakut merupakan salah satu kebakaran pabrik yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Kebakaran ini mengakibatkan kerugian yang besar, baik dari segi materi maupun jiwa.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran pabrik, penting untuk melakukan inspeksi keselamatan secara berkala dan memastikan bahwa semua peralatan keamanan berfungsi dengan baik. Selain itu, perlu juga dilakukan edukasi kepada para pekerja tentang cara mencegah kebakaran dan cara menangani kebakaran jika terjadi.