Sindrom Zollinger-Ellison

Sindrom Zollinger-Ellison

Sindrom Zollinger-Ellison adalah kelainan langka yang menyebabkan terbentuknya satu atau lebih tumor pada pankreas atau usus dua belas jari (duodenum). Tumor ini disebut gastrinoma, yang dapat menghasilkan hormon gastrin dalam jumlah besar.

Sindrom Zollinger-Ellison
Sindrom Zollinger-Ellison

Gastrin adalah hormon yang berfungsi untuk meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu, kelebihan gastrin pada sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan, yang dapat menyebabkan tukak lambung dan duodenum, serta gangguan pencernaan lainnya.

Gejala Sindrom Zollinger-Ellison

Gejala sindrom Zollinger-Ellison dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Berikut adalah beberapa gejala yang umum terjadi pada sindrom Zollinger-Ellison:

  • Nyeri perut
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Heartburn
  • Hilang nafsu makan
  • Penurunan berat badan
  • Perdarahan gastrointestinal (BAB berdarah atau muntah darah)

Penyebab Sindrom Zollinger-Ellison

Penyebab pasti sindrom Zollinger-Ellison tidak diketahui, namun diduga berhubungan dengan kelainan genetik. Sindrom Zollinger-Ellison juga dapat disebabkan oleh tumor karsinoid, yaitu sejenis tumor langka yang dapat terbentuk di mana saja di tubuh, tetapi paling sering ditemukan pada paru-paru dan usus.

Diagnosis Sindrom Zollinger-Ellison

Untuk mendiagnosis sindrom Zollinger-Ellison, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan pasien dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan melakukan tes darah untuk mengukur kadar gastrin dalam darah.

Jika kadar gastrin dalam darah tinggi, dokter akan melakukan tes pencitraan, seperti CT scan atau MRI, untuk mencari keberadaan gastrinoma.

Pengobatan Sindrom Zollinger-Ellison

Tujuan pengobatan sindrom Zollinger-Ellison adalah untuk mengurangi produksi asam lambung dan mencegah komplikasi. Pengobatan sindrom Zollinger-Ellison dapat berupa:

  • Obat-obatan: Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengurangi produksi asam lambung pada sindrom Zollinger-Ellison meliputi inhibitor pompa proton (PPI) dan antagonis reseptor H2.
  • Operasi: Jika obat-obatan tidak efektif atau gastrinoma berukuran besar, dokter mungkin akan menyarankan operasi untuk mengangkat gastrinoma.
  • Terapi somatostatin: Terapi somatostatin adalah terapi yang menggunakan hormon somatostatin untuk mengurangi produksi asam lambung. Terapi ini biasanya digunakan pada pasien dengan sindrom Zollinger-Ellison yang tidak dapat dioperasi atau yang obat-obatannya tidak efektif.

Komplikasi Sindrom Zollinger-Ellison

Jika tidak ditangani dengan baik, sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti:

  • Tukak lambung dan duodenum yang berulang
  • Perdarahan gastrointestinal
  • Perforasi lambung atau duodenum (lambung atau duodenum berlubang)
  • Kanker lambung atau duodenum

Grafik Perbandingan Sindrom Zollinger-Ellison

ParameterSindrom Zollinger-Ellison
DefinisiKelainan langka yang menyebabkan terbentuknya satu atau lebih tumor pada pankreas atau usus dua belas jari (duodenum)
GejalaNyeri perut, diare, mual dan muntah, heartburn, hilang nafsu makan, penurunan berat badan, perdarahan gastrointestinal (BAB berdarah atau muntah darah)
PenyebabDiduga berhubungan dengan kelainan genetik atau tumor karsinoid
DiagnosisTes darah untuk mengukur kadar gastrin dalam darah dan tes pencitraan, seperti CT scan atau MRI
PengobatanObat-obatan, operasi, atau terapi somatostatin
KomplikasiTukak lambung dan duodenum yang berulang, perdarahan gastrointestinal, perforasi lambung atau duodenum, kanker lambung atau duodenum

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah sindrom Zollinger-Ellison dapat disembuhkan?

Sindrom Zollinger-Ellison tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol dengan pengobatan. Pengobatan sindrom Zollinger-Ellison biasanya seumur hidup.

Apakah sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan kematian?

Jika tidak ditangani dengan baik, sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti perdarahan gastrointestinal dan kanker lambung atau duodenum. Komplikasi-komplikasi ini dapat berakibat fatal.

Apakah sindrom Zollinger-Ellison dapat diwariskan?

Sindrom Zollinger-Ellison dapat diwariskan, namun jarang terjadi