Memiliki Banyak Manfaat, Akan Tetapi Air Kelapa Bukan Solusi Untuk Penyalahguna Narkoba!

Memiliki Banyak Manfaat, Akan Tetapi Air Kelapa Bukan Solusi Untuk Penyalahguna Narkoba!

 Banyak mitos beredar manfaat air kelapa bagi korban penyalahguna narkoba, walaupun memiliki banyak khasiat. Namun, air kelapa bukanlah solusi untuk masalah kecanduan Anda!

Penggunaan narkoba yang memiliki efek buruk pada tubuh sangat nyata adanya, efek tersebut dapat merusak organ tubuh jadi tidak berfungsi dengan baik seperti gangguan otak, jantung, hati, ginjal, penglihatan, pencernaan dan lainnya.



Selain itu efek samping jangka pendek seperti pusing, mual, tremor, hilang nafsu makan , kehilangan koordinasi gerak tubuh juga dapat dirasakan oleh korban penyalahguna narkoba. Untuk mengurangi efek samping penggunaan narkoba, apa benar air kelapa bisa menghilangkan efek samping narkoba? Mari kita cek apa saja manfaatnya, baca artikel ini hingga selesai.

Cara mengkonsumsi air kelapa yang tepat 

Untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa dengan maksimal, konsumsi air kelapa murni yang langsung dari buahnya. Tidak boleh ditambahkan gula, susu atau pemanis buatan lainnya saat dikonsumsi.

Jika anda mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan, cek kembali nutrisi yang terkandung karena banyak sekali air kelapa kemasan yang memiliki gula tambahan. Anda dapat menyimpan air kelapa kemasan di kulkas agar tetap terjaga kesegarannya.

Manfaat Air Kelapa bagi Korban Penyalahguna Narkoba  

Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, selain dapat mengatasi dehidrasi dan menambah stamina tubuh agar lebih segar. Air kelapa juga dapat memiliki manfaat bagi pengguna narkoba. 

Di dalam 1 cangkir atau 240 ml kelapa murni, terandung 46 kalori dan nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, Antioksidan, dan Mineral seperti magnesium, kalium dan kalsium. 

Kandungan antioksidan dapat membuat imun tubuh tetap kuat, tidak mudah terkena penyakit masuk ke dalam tubuh, dan dapat mengurangi beberapa efek samping narkoba menjadi lebih ringan karena tubuh terlindung dari antioksidan air kelapa.

Bagi korban penyalahguna narkoba yang tubuhnya sudah terpapar zat berbahaya narkoba dan merusak sistem tubuh, manfaat dari air kelapa ini bisa membantu untuk mengurangi dan menghilangkan beberapa efek samping yang dirasakan. Manfaat air kelapa yang dapat dirasakan diantaranya :

  1. Membantu menghilangkan beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh zat narkoba yang masuk dalam tubuh seperti pusing, lemas, mual dan tubuh bergetar.

  1. Membersihkan dinding organ dalam seperti paru-paru, jantung. Saluran darah ke organ yang terdapat plak yang berasal dari narkoba, rokok, minuman alkohol, lemak, makanan, dan asap yang kotor yang berasal dari polusi udara.

  1. Dapat membuang racun yang berasal dari makanan, minuman, alkohol, rokok sehingga tubuh lebih terasa sehat. Konsumsi 3 liter air kelapa perhari, karena jika konsumsi air kelapa tidak maksimal maka racun yang terbuang hanya sedikit. Proses ini biasanya hanya ada di lambung, sedangkan narkoba cara kerjanya kepada susunan saraf.

  1. Menguatkan otot otot yang lemah akibat zat kimia yang berasal dari narkoba, karena efek buruk narkoba juga dapat mengenai bagian otot menjadi lemah.

  1. Memberikan asupan ion alami ke dalam tubuh sehingga tubuh yang lemas, akibat efek samping narkoba bisa kembali berenergi. Untuk hasil maksimal konsumsi air kelapa dengan daging kelapanya, karena sangat banyak mengandung vitamin untuk tubuh.

  1. Membuat kerja jantung kembali baik, karena efek dari narkoba dapat membuat kerja jantung berdetak lebih kencang dan kadang menjadi sesak.

  1. Memulihkan penglihatan mata yang menurun akibat efek dari zat kimia narkoba. Penglihatan yang menjadi buram dan kualitasnya menjadi menurun, akan lebih baik saat menkonsumsi air kelapa.

  1. Membersihkan organ ginjal dari berbagai kotoran dan zat kimia yang berasal dari narkoba, alkohol, rokok, dan sisa makanan. Jika zat berbahaya banyak mengendap di gnjal maka berisiko terkena penyakit batu ginjal. Batu ginjal dapat menurunkan fungsi ginjal dari semestinya, untuk itu konsumsi air kelapa dan buah nya agar ginjal bersih dan terhindar dari masalah kesehatan dan penyakit.

  1. Menghancurkan zat kimia narkoba, lemak, yang menghambat saluran darah, oksigen, dan nutrisi di dalam tubuh. Jika saluran tersebut terhambat maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Konsumsi 3 air kelapa dan buahnya dalam sehari dapat membantu melancarkan sirkulasi oksigen, vitamin, nutrisi untuk disuplai ke dalam keseluruh tubuh agar tubuh kembali sehat dan segar.

  1. Dapat membersihkan plak yang menempel pada dinding organ pencernaan seperti lambung dan usus.

Air Kelapa Bukan Solusi Untuk Narkoba

Walaupun memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, akan tetapi air kelapa hanya bisa mengurangi beberapa efek samping dari penyalahgunaan narkoba.

Menurut Sulistiyandriatmoko “Narkotika cara kerjanya kepada susunan saraf bukan lambung jadi tidak masuk akal kalo air kelapa bisa menetralkan narkoba”ujarnya.

Selain itu, belum ada penelitian yang membuktikan susu atau air kelapa bisa menghilangkan efek narkoba. Saran kami segera memeriksakan diri ke dokter atau psikiater, karena efek narkoba tidak bisa di anggap remeh.

Khawatirnya korban penyalahguna narkoba akan mengalami gejala putus obat, jika tidak ditangani dengan baik dan tepat bisa menimbulkan kompilasi yang lebih berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Seberapa Efektif Air Kelapa Untuk Penyalahguna Narkoba?

Hingga saat ini banyak herba yang diteliti bisa membantu mengurangi gejala kecanduan termasuk air kelapa, jintan hitam, madu dan lainnya.

Namun, efektifitas herba ini belum cukup dibuktikan dalam uji klinis yang akurat. Beragam kondisi yang akan dialami penyalahguna narkoba tidak bisa hanya dengan herba semata, perlu adanya penanganan dokter yang komprehensif.

Konsultasikan masalah penyalahgunaan narkoba atau NAPZA Anda ke pusat rehabilitasi narkoba untuk mendapatkan program pemulihan. Karena, penyalahgunaan narkoba merupakan kondisi yang memperlukan perhatian dan penanganan yang tepat.

Kesimpulan 

Banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan mengonsumsi air kelapa. karena kandungan air yang terdapat banyak nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C, mineral, protein, serat dan antioksidan.

Air kelapa dapat mengurangi hingga menghilangkan efek samping narkoba seperti pusing,mual, lemas dan tubuh bergetar. Selain itu dapat mengeluarkan racun yang berasal dari narkoba, rokok, minuman alkohol dan makanan pada lambung.

Mengonsumsi air kelapa juga dapat memperbaiki sistem tubuh yang rusak akibat paparan zat kimia dari narkoba seperti, memulihkan stamina pada tubuh, sistem jantung kembali bekerja dengan baik, mengembalikan fungsi penglihatan yang menurun. Namun, perlu diketahui bahwa narkoba merusak susunan sistem syaraf pada otak, sehingga butuh penanganan lebih lanjut untuk memaksimalkan proses pemulihan korban penyalahguna narkoba.

Air kelapa bukanlah solusi untuk korban penyalahguna narkoba, kami menyarankan untuk segera berkonsultasi ke pusat rehabilitasi narkoba untuk mendapatkan program pemulihan. Efek samping dari gejala putus obat tidak bisa di anggap enteng, jika tidak ditangani dengan tepat bisa menyebabkan masalah yang lebih berbahaya.